• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mengenal Lebih Dekat 'Mereka', yang Menjadi Andalan Polisi Dalam Setiap Tugasnya

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Mengenal Lebih Dekat 'Mereka', yang Menjadi Andalan Polisi Dalam Setiap Tugasnya
Bagi agan sista sudah tidak asing tentunya melihat mobil milik polisi di jalan raya, baik itu yang digunakan untuk patroli jalan raya atau yang digunakan sebagai mobil patroli pengawal. Dari sekian banyak mobil yang digunakan pihak kepolisian, pernah kah kalian memikirkan sebenarnya jenis mobil apa saja yang dipakai polisi untuk bertugas ?


Apakah polisi dibuatkan mobil dengan spek khusus ?, mengingat memang tugas penting mereka dalam menangkap dan mengejar penjahat. Untuk itu TS akan memberi sekilas penjelasan mobil apa saja yang dipakai polisi dalam setiap tugasnya, baik patroli maupun untuk mengejar penjahat. Kita mulai saja pembahasannya.




1. Mitsubishi Lancer EX




Sumber


Dimulai dari mobil yang jadi foto utama tulisan ini, namamya adalah Mitsubishi Lancer EX. Secara umum mobil untuk polisi dari segi mesin tidak ada perubahan gan sist, tetap mengikuti mesin asli pabrikan. Mobil Lancer series ini juga populer digunakan pada ajang balap mobil dunia, tapi itu untuk Lancer Evo X. Harganya mencapai 1 M, kalau untuk Lancer EX milik Pak Pol ini harganya sekitar Rp 400 juta saja.


Penambahan pada mobil polisi hanya berupa radio panggil, untuk memudahkan komunikasi dengan kantor pusat. Penambahan pada unit Mitsubishi Lancer EX ini adalah, dengan adanya GPS tracker yang terhubung dengan Polda setempat. Sementara dapur pacu, mengandalkan mesin DOHC 4 silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 157 daya kuda. Selain itu Mitsubitshi Lancer EX ini juga dilengkapi kamera yang terletak di belakang, dan bisa berputar 360 derajat dengan skala pembesaran 20 kali.




2. Mitsubishi Lancer GT 2.0




Sumber


Sama-sama memiliki nama Lancer, tapi mengusung mesin yang beda. Coba kalian perhatikan grill dibagian atas plat nomor, disitu salah satu faktor pembedanya. Selain pada lampu utamanya yang menjadi perbedaan mendasar juga.


Mitsubishi Lancer GT 2.0 menggunakan mesin 4 silinder SOHC, mobil mampu mengeluarkan tenaga sebesar 162 tenaga kuda. Mobil ini juga sama-sama dipasangai gps tracker dan kamera pada bagian belakangnya gan sist. Mobil ini juga sering terlihat bertugas sebagai Patwal maupun sebagai mobil PJR (Patroli Jalan Raya).




3. Mitsubishi Galant V6



Ilustrasi Galant V6, maaf sulit mencari Galant yang versi mobil polisi.

Sumber



Masih dari pabrikan yang sama nih gan sist, kali ini ada Mitsubishi Galant V6. Salah satu armada polisi Indonesia yang juga gak kalah tipe V6-Single Turbocharge 6 silinder segaris dengan kapasitas mesin 2.000 cc. Mesin mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebanyak 402 tenaga kuda, tak heran tenaga dari mobil ini serasa gak ada kosongnya mulai dari kecepatan rendah sampai kecepatan tinggi.


Kekurangan mobil yang kerap dijuluki 'paus' ini adalah dia agak sedikit limbung gan sist saat berada di kecepatan tinggi, bbmnya juga lumayan ngocor (boros), dan spare partnya lumayan agak mahal. Itu beberapa minus Si Galant, tapi pada masanya ia pernah jadi andalan polisi Indonesia. Nah sekarang kalau TS perhatikan, polisi lebih banyak memakai tipe sedan Lancer, Hyundai dan Mazda. Untuk Si Paus ini sudah jarang terlihat lagi versi terbarunya.



4. Mazda 6



Sumber


Mobil polisi dengan merk Mazda ini biasanya digunakan polisi Indonesia untuk melakukan Patroli Jalan Raya (PJR) dan melakukan pengejaran penjahat. Mobil ini menjadi favorit polisi kita nih gan sist, selain Lancer dan Ford Focus. Mesin Mazda versi lawas, menggunakan mesin MZR DOHC dengan kapasitas mesin 2.260 cc. Mampu menghasilkan tenaga 167 tenaga kuda.


Untuk varian terbaru, 2018 kemarin polisi pun mengupgradenya dengan versi terbaru. Versi baru ini memiliki kapasitas mesin 2.500 cc, 4 silinder turbo pinjaman dari Mazda CX-9. Dengan tenaga maksimum mencapai 250 tenaga kuda, tersedia versi 4 silinder non-turbo juga untuk mengisi slot varian termurah dari versi ini.



5. Hyundai Elantra GLS 2011



Sumber


Setelah dari Jepang, kita memyebarang ke Korea Selatan. Kenalan sama Hyundai gan sist, pabrikan asal negeri ginseng ini juga menjadi favorit dari polisi kita. Bahkan mobil ini lebih dulu mengaspal di Indonesia, sebelum produknya dipasarkan secara massal gan sist.


Mobil ini juga sering bertugas menjadi mobil patwal (patroli pengawal), Mobil ini dilengkapi mesin L4 DOHC berkapasitas 1.800 cc dan memililki tenaga maksimum sebesar 148 tenaga kuda. Mobil ini juga salah satu yang banyak ditugaskan sebagai mobil patroli sekaligus patwal. Tapi kebanyakan memang saat ini dipakai patwal gan sist, ada yang pernah lihat sebelumnya ?




6. BMW M3 E30



Pas masa jayanya.

Sumber



Dari kawasan Asia, kita terbang jauh ke Eropa. Tepatnya di Jerman, gak asing dengan nama BMW kan. Mobil yang juga menjadi legenda balap rally dunia ini sempat mendiami markas polisi juga pada masanya, namun sekarang BMW sudah dipensiunkan dan digantikan dengan pabrikan asal Jepang.


Mobil buatan Jerman ini mengadopsi mesin 4 silinder berkapasitas 2.300 cc. Dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 215 tenaga kuda. Mobil ini spesialis pengejar tukang ngebut di jalan tol gan sist, dengan transmisi 5 kecepatan. BMW M3 E30 mampu menembus kecepatan 0-100 kilometer per jam dalam waktu 6,7 detik saja, dan kecepatan maksimalnya adalah 241 kilometer per jam.


Mobil ini dibilang lawas, keluaran tahun 1990. Polisi kita mendapatkannya seacara cuma-cuma, karena mobil ini termasuk mobil selundupan. Dari sumber yang TS baca, ada beberapa tipe terkenal lain di era 90-an yang pernah dipakai kepolisian, namun tidak disebutkan mereknya. Kemungkinan karena tidak laku dilelang, maka mobil ini dihibahkan kepada kepolisian kala itu. Sayang mobil ini sudah tak terawat lagi, lihat foto dibawah berikut ini, padahal mobilnya bisa dibilang salah satu legend.




Kondisi sang legenda saat ini.

Sumber





7. Ford Focus



Sumber


Masih dari kalangan mobil sedan, sebagai penutup armada sedan. TS perkenalkan pabrikan asal Amerika yang sampai saat ini masih digunakan berdinas di kepolisian, nama pabrikannya adalah Ford. Yang suka otomotif pasti sudah gak asing sama Ford kan ?, bisa dibilang ini salah satu jajaran elite yang memperkuat mobil dinas kepolisian gan sist.


Mobil satu ini juga berdinas sebagai Patroli Pengawal, tapi untuk kelas yang eksklusif gan sist. Biasa digunakan oleh Polisi Pengaman Objek Vital (PAM OBVIT) untuk meengawal perwakilan Kedutaan Besar negara sahabat, atau juga saat ada kunjungan dari kepala negara maupun perwakilan negara sahabat. Mobil ini juga pernah mengawal Presiden RI juga seingat TS, cmiiw.


Selain digunakan sebagai Patwal, mobil ini juga biasa dipakai untuk Patroli Jalan Raya (PJR). Ada dua tipe Ford Focus yang dipakai polisi. Ford Focus yang digunakan sebagai pengaman tempat vital, menggunakan mesin 1800cc dengan tenaga puncak memcapai 125 tenaga kuda. Sedangkan untuk PJR, Ford Focus bermesin 2000cc dan memiliki tenaga puncak 170 tenaga kuda untuk dijadikan prioritas.




Sumber




8. Ford Ranger



Sumber


Masih satu pabrikan dengan Ford, ini tipenya doubel cabin. Dimana pada bagian belakang, dibuatkan bak khusus yang digunakan layakanya mobil pick up. Mobil ini menjadi andalan di banyak Polda di Indonesia saat ini, menggantikan tipe mobil pick up kepolisian yang dulu banyak memakai Toyota Kijang.


Ford Ranger sudah menggunakan penggerak 4 roda alias 4 Wheel Drive (4 WD), berkapasitas mesin 2.200 cc. Mobil dengan 6 kecepatan ini mampu menghasilkan tenaga puncak mencapai 150 tenaga kuda.




9. Mitsubishi Strada Triton



Sumber


Masih dari segmen yang sama, mobil double cabin juga. Kali ini kembali ke merek Jepang, yakni Mitsubishi gan sist. Sama-sama memiliki 6 kecepatan, dan memiliki kapasitas 2.500 cc dengan tenaga puncak mencapai 135 tenaga kuda. Mengusung mesin berkode 4N15 MIVEC VGT dibekali Intercooler, membuat konsumsinya lumayan irit.


Strada Triton menjadi salah satu armada kepolisian yang paling banyak bertugas diberbagai daerah saat ini gan sist, selain bertugas di Polres dan Polda. Kini Triton juga banyak mengisi garasi Polsek di Indonesia. Keberadaanya menggusur Toyota Kijang dan Isuzu Panther versi pick up, yang pernah jadi primadona kepolisian dulu. Ini salah satu mobil yang pqling sering wara-wiri dijalan.





10. Toyota Hilux (RAISA)



Sumber


Mobil ini nama aslinya Toyota Hilux, double cabin juga. Tapi oleh pihak kepolisian diberi nama Raisa gan sist, bukan karena Pak Kapolri ngefans dengan Mbak Raisa, sehingga membuat mobil ini dijuluki Raisa. Raisa sendiri akronim dari 'Pengurai Massa'. Mobil ini sejatinya juga bisa menyanyi seperti Mbak Raisa, tapi nyanyian Raisa versi polisi ini gak merdu sama sekali gan sist.


Mobil ini didesain khusus untuk pengurai konsentrasi massa, dalam situasi demonstransi yang memulai memanas dan berpotensi ricuh. Mobil ini akan mengeluarkan suara berisik dan bising, yang cukup mengganggu pendengaran. Tentu suaranya gak semerdu kayak Mbak Raisa yang asli ya, mobil ini juga dilengkapi tralis untuk menghindari perusakan massa.




Bagian belakang bawa genset.

Sumber



Dibelakang mobil ini dibekali genset yang lumayan besar, serta dilengkapi juga dengan sound system juga. Genset ini digunakan sebagai sumber tenaga Si Raisa untuk menyanyi, yang terbaru Raisa juga ditugaskan membubarkan warga yang masih berkerumun ditengah pandemi corona. Hilux yang dipakai ini menggunakam mesin diesel, dengan tipe 2.0 L. Tipe 2.0 L ditanami mesin DOHC 4 Silinder segaris, dengan kapasitas 2.494 cc. Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini mencapai 149,6 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal sampai 400 Nm, pada kisaran 1.600-2.000 rpm.




11. Toyota Kijang




Sumber


Lanjut ke mobil legend milik polisi gan sist, sekarang ini mulai banyak yang pensiun. Pada massanya, Kijang menjadi salah satu armada andalan kepolisian. Biasanya dibagian belakang dipasang dua buah kursi panjang, dana ada penutup dari kanvas diatasnya untuk versi pick up. Untuk versi biasanya seperti foto diatas.


Nama aslinya adalah Toyota KF 20, tapi lebih familiar disebut Kijang Doyok gan sist. Mungkin masih ada yang punya mobil ini digarasi rumah ?, kalian boleh sedikit berbangga karena mobil ini pernah dipakai kepolisian. Mengusung mesin berkode 5K OHV dengan kapasitas mesin 1500cc, mobil ini spesialis pengangkut tahanan gan sist. Sayangnya mobilnya sudah banyak yang pensiun dari jajaran kepolisiain kita, dan mulai digantikan oleh Toyota Strada Triton.



Kondisi Si Kijang saat ini.

Sumber


Spoiler for versi kijang yang lain:




12. Mitsubishi Kuda



Sumber


Nama mobil di Indonesia entah kenapa banyak memakai nama hewan, ini salah satunya gan sist. Mitsubishi Kuda yang dipasarkan mulai tahun 1999, adalah salah satu armada kepolisian juga pada masanya. Sekarang sudah banyak yang pensiun juga gan sist, dulu pas acara berita kriminal. Mobil ini identik dengan mobil milik tim Buser (Buru Sergap) polisi, untuk kendaraan penjemput sekaligus pengangkut kriminal, selain itu ia juga bertugas sebagai mobil patroli juga gan sist.


Mitsubishi Kuda generasi pertama, membawa mesin bensin yang masih karburator, dan mesin diesel. Setahu ane dulu polisi menggunakan yang versi diesel dengan kode D56 2.500 cc, SOHC 4 segaris Mesin diesel ini dibekali transmisi manual 5 kecepatan. Mohon maaf, agak sulit cari foto ilustrasinya dari mobil ini gan sist untuk versi milik polisi.



13. Isuzu Panther



Sumber

Selain menjadi kendaraan polisi, mobil ini juga melegenda dikalangan masyarakat Indonesia akan keiritannya. Jika kalian mencari mesin diesel yang irit, Isuzu solusinya. Mobil ini menerapkan mesin diesel tipe 4JA1L turbocharger, kapasitas mesinnya mencapai 2.500 cc. Dengan tenaga yang dikeluarkan yakni sebesar 86 tenaga kuda di putaran 3.500 rpm.


Mobil ini selain digunakan patroli juga diandalkan tim Buser, untuk memburu pelaku kejahatan. Bersama Mitsubishi kuda. Mereka menjadi duet maut untuk dijadikan transportasi untuk menangkap penjahat gan sist, panther juga masih banyak beroperasi hingga saat ini dijajaran kepolisian. Irit bbm adalah salah satu kunci ia masih mampu bertahan, mobil ini juga ada versi pick upnya. Dan dulu juga sempat dipakai oleh polisi gan sist.



14. Toyota Fortuner



Sumber

Sebagai penutup, TS kenalkan kalian dengan salah satu jajaran mobil elite milik polisi. Namanya Toyota Fortuner, pasti sudah pada hafal sama produk yang satu ini. Fortuner menjadi salah satu jajaran elite yang digunakan untuk PJR juga gan sist.


Mobil yang ini pun juga tidak bisa dianggap remeh. Toyota Fortuner yang juga biasa digunakan untuk mobil Patroli Pengawal (Patwal), mengadopsi mesin berkapasitas 2.500 cc dengan kode D-4D 4 silinder segaris. Mesin ini juga digunakan oleh Toyota Kijang Innova Diesel, dengan transmisi 5 kecepatan. Varian mesin ini juga memiliki teknologi variabel nozzel turbo (VNT) intercooler, yang membuatnya semakin nyaman untuk dikendarai. Fortuner menjadi salah satu armada mewah yang dimiliki polisi saat ini.



Demikian beberapa mobil yang digunakan tugas dinas oleh Polisi Indonesia, jika ada yang mau menambahkan informasi tentang mobil-mobil diatas silakan nanti berkomentar dibawah ya gan sist. Beberapa mobil yang direview ini, TS masih merasa kurang dalam mendapatkan spesifikasi mesinnya. TS Hanya tahu nama dan sedikit sejarahnya saja, sekian dulu dari ane dan sampai ketemu lagi. Enjoy kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: google image dan blog otomotif
Diubah oleh si.matamalaikat 25-06-2020 10:38
banditos69
Pinky.Sexy
feraldi2001
feraldi2001 dan 49 lainnya memberi reputasi
50
12.8K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.