• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mayoritas Presiden RI Ternyata Lahir di Bulan Juni, Mana yang Terbaik Menurut Agan?

widokoAvatar border
TS
widoko
Mayoritas Presiden RI Ternyata Lahir di Bulan Juni, Mana yang Terbaik Menurut Agan?
Kemarin, 21 Juni 2020, tagar #HBD59Jokowi sempat menjadi trending topic twitter tanah air. Tagar tersebut dimaksudkan sebagai ucapan selamat kepada Presiden Jokowi yang ulang tahun ke 59 yang jatuh pada hari Minggu. Ucapan selamat ulang tahun pun berdatangan, diantaranya dari para menteri, anggota DPR, maupun netizen.


Presiden Indonesia (Sumber: dialeksis.com)


Jika kita tengok ke belakang, Juni memang sepertinya menjadi bulan spesial bagi sejarah presiden-presiden di Indonesia. Mayoritas presiden di tanah air lahir pada bulan ke 6 pada penanggalan masehi tersebut.



Bung Karno dan Teks Proklamasi (Sumber: minews.id)


Bahkan jika lihat lebih teliti, tiga presiden yang pertama Indonesia lahir pada bulan Juni. Ditambah Presiden Jokowi yang terakhir, kini tercatat 4 dari tujuh presiden yang pernah menjadi RI 1 lahir di Bulan Juni.


Habibie Muda (Sumber: akupaham.com)


Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno atau akrab disapa Bung Karno, ternyata juga lahir di Bulan Juni. Beliau lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Semua warga Indonesia tentu sudah mengenalnya sebagai Pahlawan Proklamator bersama Moh. Hatta. Selain itu Bung Karno juga sebagai pencetus Pancasila. Prestasi lain yang ditorehkan adalah berhasil mengintegrasikan kembali Papua Barat ke Indonesia. Selain itu pada masa pemerintahannya Indonesia sangat disegani pada percaturan politik dunia. Beberapa bukti diantaranya adalah tersenggelaranya KTT Asia Afrika tahun 1955 di Bandung dan memprakarsai Gerakan Non Blok saat masa perang dingin.

Presiden kedua Indonesia, Soeharto atau biasa dipanggil Pak Harto, ternyata juga lahir pada bulan Juni. Beliau lahir di Bantul Yogyakarta, 8 Juni 1921. Pak Harto merupakan Presiden Indonesia yang berkuasa terlama dalam sejarah, yakni 32 tahun. Ia memperoleh 37 tanda bintang jasa internasional. Selain kritik bernuansa KKN, harus diakui selama kepemimpinannya Pak Harto berhasil mengentaskan perekonomian Indonesia dari keterpurukan. Meraih Swasembada pangan tahun 1984. Selain itu Sang Smiling General juga berhasil meningkatkan harapan hidup dari 41 tahu di tahun 1965 menjadi 63 tahun pada tahun 1994.

Presiden Indonesia yang ketiga, BJ Habibie, juga lahir pada bulan Juni. Beliau merupakan satu-satunya presiden sampai saat ini yang lahir di luar Jawa. Tepatnya di Pare-Pare Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936. Ia merupakan Presiden Indonesia dengan masa jabatan terpendek sampai saat ini. Tetapi dalam masa pemerintahannya yang hanya sekitar 18 bulan tersebut, banyak prestasi yang telah ditorehkan. Menjadi penyelamat bangsa dan negara pada masa-masa genting reformasi 1998. Diantaranya adalah menekan kurs dolar dari sekitar 15.000 rupiah menjadi sekitar 10.000 rupiah. Melahirkan UU otonomi daerah dan kebebasan pers. Tetapi sayang pada masa pemerintahannya Timor Timur lepas dari Indonesia. Hal itu pula yang menjadi alasan pidato pertanggung jawabannya tidak diterima. Di luar pemerintahan banyak prestasi di bidang kedirgantaraan yang pernah ia torehkan. Diantaranya adalah Faktor Habibie atau Habibie Faktor yang menghitung keretakan pesawat sampai pada tingkatan atom. Beliau juga yang membidani pesawat pertama buatan Indonesia. Ada sebagian pihak yang menjulukinya sebagai muslim terrcerdas abad ini.

Dan Presiden Indonesia yang terakhir sampai saat ini yang lahir di bulan Juni adalah Ir Joko Widodo atau karib disapa Jokowi. Beliau lahir 21 Juni 1961 di Solo, Jawa Tengah. Satu-satunya presiden yang bukan Ketua Umum Partai setelah masa pemilihan langsung. Jokowi dikenal dengan kesederhanaan dan kerja kerasnya. Blusukan merupakan kegiatan yang melekat pada dirinya. Prestasinya adalah pembangunan infrastruktur yang meraja lela. Merupakan presiden yang membangun jalan tol terpanjang selama ini. Jika perpindahan Ibu Kota pada masa pemerintahannya berhasil, maka ia akan dikenang selama Republik ini berdiri.

Itulah Presiden Indonesia yang lahir pada bulan Juni. Mana yang terbaik menurut Agan - Agan sekalian..?I]



Referensi:

1. https://tirto.id/m/sukarno-ei

2. https://www.dictio.id/t/prestasi-apa...esiden/56100/2

3. https://tirto.id/dosa-dan-jasa-soeha...indonesia-chKe

4. https://nasional.kompas.com/read/202...itter?page=all

5. https://www.akupaham.com/biografi-bj-habibie/

6. akupaham.com/biografi-jokowi/





Diubah oleh widoko 22-06-2020 00:08
bayutriadmojo
indramamoth
kyukyunana
kyukyunana dan 35 lainnya memberi reputasi
34
6.3K
179
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.