ngeeekAvatar border
TS
ngeeek
FR Solo Backpacker Keliling Eropa 16 Hari dengan budget di bawah 10 juta

Ini vlognya, silakan ditonton gaes emoticon-Kiss

Salah satu destinasi impian buat saya adalah Eropa. Tapi karena Eropa terkenal mahal, jadi saya simpan mimpi itu di dalam hati aja. Ngebayangin ngabisin uang puluhan juta cuma buat jalan-jalan beberapa hari itu kayaknya kok sayang banget ya.

Tapi karena tahun-tahun belakangan ini mulai banyak banget maskapai full-service yang bikin promo flight ke Eropa, mimpi itu jadi berasa gak mustahil. Banyak maskapai macam Emirates, Qatar Airways, bahkan Garuda Indonesia yang jual tiket promo ke Eropa seharga 6 sampe 9 jutaan aja buat PP dari Jakarta ke salah satu kota di Eropa, dari harga awal tiket PP yang semula bisa menembus belasan juta rupiah per penumpang.

Nah, kalo maskapai full-service aja ngasih promo sampe segitu, apa kabarnya dengan maskapai low-cost macam AirAsia dan teman-temannya?

Akhirnya kabar gembira datang sekitar April 2019. Karena saya langganan banyak newsletter dari berbagai maskapai, saya jadi dapet email informasi promo dari salah satu maskapai low-cost milik Singapura: Scoot Airlines. Promonya menggoda banget. Tiket sekali jalan dari Jakarta-Singapore-Berlin dijual cuma 1,6 juta rupiah! Jauh lebih murah dibanding kalo kita mau travelling ke Indonesia Timur. Untuk pulangnya, Scoot juga nawarin rute lain, yaitu Athens-Singapore-Jakarta seharga 2,1 juta rupiah. Jadilah akhirnya saya ambil kedua rute itu, dengan total 3,7 juta PP dari Jakarta.



Karena low-cost airlines, jadi harga segitu berlaku cuma buat kursi aja. Belum termasuk makan, bagasi, entertainment, dll. Tapi gak masalah, yang penting bisa ke Eropa kan ya. Waktu keberangkatannya juga masih lama banget, yaitu 8-23 Februari 2020. Jadi saya punya waktu 10 bulan buat nabung untuk keperluan selama travelling di sana.

Setelah dapet tiket murah, hal berikutnya yang bikin deg-degan adalah masalah visa. Karena saya bakal travelling dari Jerman sampai Yunani, jadi saya perlu visa yang bisa mengcover semua negara yang bakal dilewatin, yaitu visa Schengen.

Untuk rutenya, rencananya adalah Jerman-Praha-Salzburg,Hallstatt-Swiss-Italy-Yunani. Jadi, karena negara pertama yang saya datengin adalah Jerman, saya ngajuin visa lewat kedubes Jerman. Bikin visanya bisa dilakukan via agen VFS di Kuningan City Mall. Biayanya waktu itu sekitar 1,2 juta sudah termasuk biaya jasa VFSnya. FYI sekarang sudah gak bisa ngurus visa langsung ke kedubes, jadi jalan satu2nya ya lewat VFS. Untuk proses pengurusan visanya nanti saya ceritain di postingan terpisah ya.

Setelah visa di tangan, I'm ready to go!

Day #1 - 8 Februari 2020

Siang hari saya udah standby di Terminal Bus Blok M buat naek Damri menuju ke Soekarno Hatta International Airport. Maskapai Scoot berangkat dari Terminal 2. Orang-orang pada pake masker karena wabah virus corona lagi heboh-hebohnya. Bahkan semua pramugarinya juga full pake masker sepanjang perjalanan.

Sekitar jam 7 malem pesawat berangkat. Perjalanan sekitar 2 jam sampe ke Singapore buat transit selama 3 jam. Waktu transit 3 jam ternyata terhitung lumayan mepet karena jarak dari gate kedatangan menuju gate berikutnya lumayan jaoh. Jadi cuma sempet istirahat sebentar di bandara sebelum boarding lagi.

Pengeluaran Day #1
- Damri : IDR 50.000

Day #2 - 9 Februari 2020

Jam 1 pagi, pesawat Dreamliner 787 lepas landas dari Changi International Airport menuju Tegel International Airport di Berlin, Jerman.


Interior Dreamliner 878

Perjalanan dari Singapore ditempuh direct selama 13 jam. Karena ini pesawat murah, jadi di pesawat gak dapet makanan dan gak ada entertainment. Jadi sepanjang jalan saya tidur terus. Beruntung banget waktu itu 2 seat di sebelah saya kosong, jadi bisa bobo nyenyak selonjoran 3 kursi sekaligus. Saya juga nyiapin bekal Sari Roti buat mengganjal perut sepanjang jalan. Sebenernya di Scoot ini dilarang membawa makanan dan minuman dari luar, tapi pramugarinya pada cuek aja liat penumpang makan bekal yang dibawa masing-masing. Tapi makan roti gak bikin kenyang, jadi saya mesen Mie Cup (menu paling murah di Scoot) seharga SGD 5. Mahal banget tapi gak ada pilihan lain yang lebih murah. Lumayan lah dapet makanan panas.


Kayak gini 5 dolar

Sekitar jam 7 pagi waktu Jerman, pesawat mendarat dengan mulus. Suhu pagi itu sekitar 7 derajat celcius. Lumayan kaget karena belom terbiasa sama dinginnya, jadi saya pake 2 lapis jaket sekaligus emoticon-Big Grin

Lewat imigrasi lancar jaya, keluar dari bandara belok ke arah kanan dan jalan terus melewati jalan setapak buat sampai ke bus terminal yang menuju city centre Berlin. Harga tiketnya, saya beli yang 1 day pass EUR 8.6 untuk 24 jam bebas naek semua mode transportasi di Berlin.

Tips naek public transport di Eropa, setelah beli karcis di mesin atau kios, kita musti validate karcis tersebut di mesin yang ada di dalam bus/tram/stasiun metro. Caranya tinggal masukkan karcisnya ke slot di mesin tersebut, lalu mesinnya bakal ngasi stempel di karcis kita sebagai tanda kalo karcis kita udah divalidate. Hampir di semua negara sistemnya begini semua. Gak ada kondektur yang ngecek kita punya karcis atau engga, jadi kalopun gak punya karcis sebenernya juga bisa naek bus gratis. Tapi kalo pas sial kita bisa kena random checking oleh petugas tanpa seragam, yang kalo kita ketahuan gak punya tiket bisa kena denda 60-80x harga tiket sekali jalan emoticon-FrownSelama 2 minggu di Eropa, saya sama sekali gak pernah kena random checking, padahal selalu beli tiket.

Dari bandara, saya naek bus sampe ke Berlin Hauptbahnhof (Hauptbahnhof artinya Main Station, stasiun utama di kota tersebut. Kalo cuma 'Bahnhof' artinya Station). Di sana saya mampir ke McD dulu beli paket burger seharga EUR 3.39, dapet cheese burger, kentang, sama kopi. Kentangnya banyak, lumayan kenyang.


McD

Di Berlin Hauptbahnhof


Dari McD saya pengen coba naek metro di Hauptbahnhof menuju ke Reichstag Building. Tapi saking gedenya tempat ini, saya malah bingung musti naek dari peron mana. Akhirnya karena liat di Google Maps jaraknya gak terlalu jauh, jadi saya jalan kaki aja kesana. Ternyata emang deket banget, cuma sekitar 1km. Di sana, saya ketemu 3 orang mahasiswa Indonesia yang lagi jalan-jalan. Yayan, Monica, sama satu lagi sumpah lupa namanya emoticon-Frown( Akhirnya karena sama-sama lagi jalan-jalan, saya ngikut sama mereka. Salah satu dari mereka sudah 2 apa 3 tahun gitu di Jerman, jadi udah tau tempat-tempat menarik di Berlin. Jadi berasa dapet tour guide emoticon-Big Grin

Dari Reichstag Building, kami jalan lagi menuju Brandenburg Gate. Cuma mampir sih, foto2 wajib ala turis, lalu jalan lagi ke Hauptbahnhof naik kereta menuju ke Zoo (ini saya cuma ngikut aja, jadi agak lupa rutenya) diajak makan ayam goreng ala KFC tapi dari Turki. Harganya EUR 7.7 lumayan mahal sih, tapi ternyata porsinya buanyak banget, dapet 10 potong sayap dan kentang yang banyak banget, bisa buat 3x makan. Jadi setelah makan di situ (gak abis), sisanya saya bungkus dan masih cukup buat makan malam dan sarapan besok pagi.







Kelar makan, kami berpisah. Saya naik kereta menuju Berlin Wall (nyari jalannya gampang, tinggal buka Google Maps dan nanti bakal diarahin mau naik metro atau bus atau trem, lengkap dengan jadwal keberangkatannya yang akurat). Di Berlin Wall cuma foto-foto bentar lalu lanjut jalan kaki ke hostel karena lokasinya deket sama Berlin Wall.





Check in 1 malam di dormitory room seharga EUR 9, istirahat, mandi-mandi, lalu sorenya jalan lagi naik trem menuju ke Berlin Cathedral. Sayang di salah satu sudut Cathedralnya masih renovasi, jadi kalo difoto dari sisi tertentu agak kurang bagus. Menjelang malam hujan turun rintik-rintik, jadi saya bergegas balik aja ke hostel daripada kebasahan.


Berlin Cathedral

Pengeluaran Day #2 (EURO)
1 day pass EUR8.6
McD EUR3.39
Ayam buat 3x makan EUR7.7
Ballhaus Hostel EUR9

Subscribe Me: Youtube Christian Ongky
Follow Instagram : @c_ongky
Diubah oleh ngeeek 28-06-2020 08:05
Hwanin
sposolo
joe_han
joe_han dan 77 lainnya memberi reputasi
76
27.2K
211
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Mancanegara
Cerita Pejalan Mancanegara
icon
840Thread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.