kabar.kaburAvatar border
TS
kabar.kabur
Ustaz Tengku Zul: Dulu Kalau Saya Nyanyi, Istri Orang Bisa Jatuh Cinta


Suara.com - Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustaz Tengku Zulkarnain mengaku sempat merintis karier sebagai musisi. Namun, di tengah jalan, dia memilih meninggalkan dunia musik dan mendalami agama Islam.

Cerita awal mula terjun ke dunia tarik suara disampaikan Tengku Zulkarnain ketika diwawancarai pakar hukum dan tata negara Refly Harun melalui kanal milik Refly Harun yang ditayangkan pada Senin (22/6/2020).

"... dan konon Tengku (Zulkarnain) memiliki suara yang bagus, mantan penyanyi RRI (Radio Republik Indonesia--red) itu Tengku," ujar Refly Harun sambil tersenyum dan terkekeh.

Tengku Zulkarnain pun mengakui dirinya cukup memantik pamor di dunia musik pada era 1980-an. Bahkan, dia mengaku seangkatan dengan penyanyi yang juga juara bintang radio dan televisi, Sandro Tobing.

"Saya merupakan salah satu penyanyi terbaik untuk jenis hiburan di radio dan televisi, bintang radio dan televisi zamannya Sandro Tobing," ujar Tengku Zulkarnain.

Jawaban Tengku Zul membuat Refly Harun terkesima. Dia mengakui bahwa Sandro Tobing merupakan salah satu penyanyi terkenal yang melantunkan lagu 'Simfoni yang Indah'.

Tengku Zul pun menjawab, "Ya, saya orang pertama di Sumatera Utara yang menyanyikan lagu itu (Simfoni yang Indah) di final. Karena lagu itu adalah lagu wajib, dan saya waktu itu peserta satu, peserta pertama."

Kemudian, Tengku Zul pun unjuk kebolehan di depan Refly Harun untuk menyanyikan beberapa bait lagu lawas itu. "Alun sebuah simfoni, kata hati disadari," Tengku Zul menyanyikan lagu tersebut.

Sambil berkelakar, Tengku Zulkarnain pun sesumbar bisa membuat istri orang jatuh cinta jika dirinya menyanyi. "Kalau saya nyanyi, istri orang bisa jatuh cinta dulu," tutur Tengku Zul disambut tawa Refly Harun.

"Berarti seangkatan Sandro Tobing ya?" tutur Refly Harun. Tengku Zul menjawab, "Waktu itu saya SMA kelas 1 lah pada tahun 80."

Sejatinya, Tengku Zulkarnain menjuarai Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) sejak kecil. Namun, karena pita suaranya berubah menjadi serak saat remaja, dia diminta beristirahat. Ketika itulah, dia berkenalan dengan dunia musik.

"Saya tukar suara pada SMP kelas 3. Ketika saya diminta istirahat ikut MTQ, saya melihat pengumuman di televisi, mencari bintang radio dan televisi. Saya kan dari kecil main musik, main gitar klasik sambil nyanyi," tutur Tengku Zul.

Pun kepada Refly Harun, Tengku Zulkarnain mengaku sebagai seorang multi-instrumentalis. Dia memiliki kemampuan menguasai semua jenis alat musik. Pengakuan itu dipuji luar biasa oleh Refly Harun.

"Ya kalau main band itu hari Ahad di tempat orang kimpoi, saya nyanyi, main organ, main gitar, main drum, main bas, saya sambung semuanya. Berganti-ganti," ujar Tengku Zulkarnain.

Kemampuan itu disindir oleh Refly Harun. "Wah harusnya tandemnya Ahmad Dhani (musisi sekaligus frontman Dewa 19--red) ini," tutur Refly Harun.

Tengku Zulkarnain berada di persimpangan pada tahun 1980 ketika dia mengenal jemaah tablig. Di situlah, dia mesti memilih antara musik dan agama. Hingga akhirnya, dia memilih untuk menekuni agama Islam.

"Saya mengenal jemaah tablig pada tahun 88. Saya dihadapkan pada pilihan musik atau agama. Saya memilih jalur agama dan meninggalkan musik itu 100 persen," tutur Tengku Zulkarnain.



https://www.suara.com/news/2020/06/2...sa-jatuh-cinta

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.2K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.