• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [Nasionalisme & Lain2] Hari Lautan Internasional Setiap Tanggal 8 Juni

rifki.albasyuni
TS
rifki.albasyuni
[Nasionalisme & Lain2] Hari Lautan Internasional Setiap Tanggal 8 Juni
ASSALAMUALAIKUM. WR. WB.

SALAM KESELAMATAN dan SALAM KESEJAHTERAAN

untuk KITA SEMUA



PENDAHULUAN


Setiap tanggal 8 Juni adalah Hari Laut Sedunia yang sudah diperingati oleh banyak orang di dunia. Sedikit sejarah dan tujuan diperingati Hari Laut Sedunia ini. Jadi, artikel ini adalah untuk ikut memperingati Hari Laut Sedunia ini.

Kalau sebelumnya saya sudah buat artikel untuk memperingati Hari Nelayan Nasional, sedangkan kalau sekarang saya ingin share tentang Hari Laut Sedunia.

Bumi yang semua manusia diami ini merupakan terdiri dari daratan dan lautan yang tentu saja kita semua ketahui. Perbandingan dari Daratan dan Lautan adalah 1 : 3, yang tentu juga banyak yang paham. Dan ada hubungannya dengan Negara Indonesia yaitu NKRI kita semua lho...

Sedikit Sejarah Hari Laut Sedunia







Hari Laut Sedunia telah diperingati setiap tanggal 8 Juni sejak diajukan pertama kali pada tahun 1992 oleh Negara Kanada pada Event Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil. Hari peringatan ini kemudian disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008. 

Hari Laut Sedunia merupakan Event / peringatan yang diperingati bertujuan untuk menjaga juga didedikasikan terutama kepada laut-laut di dunia. Seperti makanan laut dan kehidupan laut untuk akuarium, hewan peliharaan, dll. Yang dikonsumsi oleh hampir banyak manusia di dunia ini.

Di dalam Earth Summit itu juga meluangkan waktu untuk menghargai nilai intrinsik dari laut-laut itu sendiri. Karena Laut-laut yang ada juga berfungsi menyediakan jalur-jalur pelayaran untuk perdagangan internasional antar negara. Itulah fungsi laut di bidang ekonomi.

Sedangkan polusi global dan konsumsi ikan yang berlebihan ditambah dengan cara-cara yang tidak baik atau dengan kalimat lain dapat menghancurkan ekosistem laut-laut yang ada telah menyebabkan populasi ikan berkurang dengan drastis. Hari peringatan ini juga memberikan kesempatan untuk mengadakan aksi komunitas dan personal untuk menjaga samudra dan hasil-hasil yang terdapat di dalamnya.

Tujuan dari Hari Laut Sedunia


Tahun 2019 kemarin, Hari Laut Sedunia bertema ‘Gender and Oceans’ (Gender dan Lautan). Peringatan tahun 2019 itu juga diisi dengan aksi-aksi yang beragam, seperti pembersihan pantai dan sifat yang konsisten untuk tidak membuang sampah apa pun ke laut-laut di dunia. Adapun secara garis besar, tujuan dari peringatan Hari Laut Sedunia (World Oceans Day) adalah:

1. Mengingatkan semua orang tentang peran utama lautan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka adalah "paru-paru" planet kita, memberikan sebagian besar (lebih dari 50%) oksigen yang kita hirup. Karena dari yang ada di ekosistem dalam laut lah yang menghasilkan Oksigen paling banyak di bumi kita ini sedangkan dari ekosistem yang ada di daratan merupakan penghasil oksigen terbesar kedua yang kita manusia, hirup setiap saat.

2. Untuk menginformasikan kepada dunia tentang dampak dari tindakan yang sudah manusia kerjakan kepada lautan di dunia.

3. Untuk mengembangkan gerakan dunia dari warga untuk lautan-lautan di dunia.

4. Untuk memobilisasi dan menyatukan penduduk dunia pada sebuah proyek internasional dengan manajemen berkelanjutan untuk lautan di dunia. Karena mereka (lautan-lautan) adalah sumber utama makanan dan obat-obatan di masa depan dan bagian penting dari biosfer bumi.

5. Untuk merayakan bersama-sama keindahan, kekayaan, dan masa depan laut.

NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)
dan Wilayah Lautnya.


Indonesia merupakan negara yang terdiri dari daratan dan lautan dengan rasio yg juga mirip dengan Bumi kita semua lho, yaitu kira2 1 : 3. Di mana  Indonesia memiliki luas wilayah laut 96.079,15 km2. Luas wilayah itu menjadikan Indonesia sebagai wilayah kepulauan terbesar di dunia atau dengan istilah lain adalah Archipelago (Eng-Pen).

Dengan adanya peringatan ini tentulah dapat diambil manfaatnya sebagai Negara Kelautan, yaitu negara kita semua, Indonesia. Mudah-mudahan dapat mengambil peran dalam peringatan ini karena NKRI adalah negara kelautan / Archipelago. Tentulah dapat menjadi sedikit prestise bagi Negara Indonesia, Insya Allah, aamiin yra...

Setelah mendapat prestise mudah-mudahan dapat menjadi alih teknologi antar negara atau kerjasama dengan lebih murah. Mungkin juga dapat menyewa tenaga-tenga ahli dari negara lain untuk memberikan ilmu-ilmu dan pengetahuan yang lebih modern, praktis dan lebih murah. Dengan begitu mudah-mudahan dapat menjadikan INDONESIA RAYA yang cerdas dan baik.

PENUTUP


Sekian artikel ini untuk memperingati Hari Laut Sedunia 2020. Semoga dapat bermanfaat untuk Laut, Manusia dan Indonesia khususnya.

Semoga NKRI menjadi RAYA dan bertahan 1000 Windu Lagi

...Aamiin yra...

...Sekian dan semoga bermanfaat...

...Aamiin YRA... 

Spoiler for spoiler:



Diubah oleh rifki.albasyuni 23-06-2020 21:34
0
581
16
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.