Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
260
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeb849f82d4952d3564e311/makanan-khas-brebes-yang-bikin-kangen-pulang-kampung
Tahu ngga ternyata Brebes dan Tegal itu punya Makanan Khas loh kenapa Makanan khas karena kita sulit menemukannya di daerah lain. Dan makanan itu yang selalu bikin kangen jika kita pulang kampung.
Lapor Hansip
18-06-2020 22:13

Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hai Agan Systa ketemu lagi dengan saya Nurul kali ini mau bercerita tentang makanan khas Brebes dan Tegal

Quote:Asalamualaikum semoga Agan dan Systa sehat selalu yah jangan lupa bahagia dan tetap harus patuhi protokol kesehatan.


Brebes di mana itu, Brebes salah satu kota di Jawa Tengah yang perbatasan langsung dengan Jawa Barat.
Brebes itu penghasil bawang merah dan telur asin bahasa mereka Bahasa Jawa Ngapak. Ora Ngapak Ora Kepenak.

Tahu ngga ternyata Brebes dan Tegal itu punya Makanan Khas loh kenapa Makanan khas karena kita sulit menemukannya di daerah lain. Dan makanan itu yang selalu bikin kangen jika kita pulang kampung.
Lebaran tahun ini tidak bisa pulang kampung karena masa pandemi mudah-mudahan tahun depan bisa pulang kampung jadi bisa menikmati makanan yang kita inginkan.antara lain.

1. Kupat Glabed

Quote:Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
Instag,abedkwee


Kupat glabed itu sebenarnya sama saja dengan ketupat bedanya kuahnya lebih kental. Dan biasanya di sajikan dengan kerupuk mie yang kuning di tambah dengan opor ayam kampung.
Jika kita maen kedaerah Brebes kita dapat menemukan di pinggir jalan banyak yang jualan atau di Alun-alun Brebes.

2. Sate Blengong

Quote:Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
Kompas


Sate blengong yaitu sate yang terbuat dari daging unggas bernama blengong yaitu hasil persilangan antara itik dan entog. Dagingnya mirip itik tapi lebih gurih dan lebih lembut.
Sate pada umumnya sate blengong di tusuk dan di masak bumbu kuning yang gurih dan makyus.
Biasanya juga di sajikan dengan kupat glabed lebih maknyus.

Blengong Bakar

Quote:Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
Kompas.


Sebenarnya sama dengan sate yang lain tapi bedanya sate blengong bakar lebih gurih. Dengan bumbu cabe rawit iris di tambah bawang merah dan tomat iris, lalu siram kecap manis.

3. Telur Asin

Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
Instag, toko ayla

Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
Tokopedia

Telur Asin mungkin sebagian besar sudah paham apa itu telur asin yaitu telur bebek yang di asinkan dengan cara.
Telur cuci bersih lalu, balurin dengan campuran abu gosok, bata merah yang di haluskan, garam kasar, yang dihaluskan dicampur beri sedikit air, di balurkan dan di simpan kurang lebih selama 1-2 minggu. Lalu jika ingin menikmati tinggal di rebus.
Bahkan sekarang sudah banyak variannya ada yang di panggang, atau di bakar.

4. Soto Tauco

Quote:Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
Abhinakuche


Soto ini seperti pada umumnya yaitu bihun, sayur touge, kobis, tomat, irisan daun bawang bisa pake ayam goreng atau babad sapi.
Yang beda dari soto brebes yaitu dengan bumbu tauco yang sudah di tumis makin tambah gurih dan enak apalagi di tambah toping emping melinjo.
Kalau biasanya lebaran tuh keluarga biasanya menu andalan soto, kupat glabed, sate blengong itu yang tersedia di meja.

5. Kerupuk Tulang Ikan Bandeng

Quote:Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung


Kerupuk dari bahan aci dan tulang ikan bandeng sisa dari pembuatan abon.
Di daerah Brebes banyak penduduk yang mempunyai tambak budidaya ikan bandeng jadi ikan bandeng sangat berlimpah akhirnya di buat abon, dan tulangnya di jadikan bahan campuran buat kerupuk. Kerupuk ini kaya akan kalsium

6. Rujak Belut

Quote:Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
Jnebrebes


Rujak belut yaitu ikan belut. ikan panjang mirip ular, licin tubuhnya tapi gurih dan sedap jika sudah di goreng. Banyak mengandung protein.
Ikan ini berbau amis jadi jika akan mengorengnya kita siram dengan air cuka dulu agar lendirnya hilang. Dan untuk bumbunya harus banyak bawang putih, ketumbar dan kunyit agar bau amisnya hilang.
Jika sudah di goreng di tambah sambal tomat, akan lebih nikmat.

7. Kepiting Soka

Quote:Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
Kulinerpesisir


Karena daerah Brebes itu daerah pesisir maka makanannya kebanyakan berasal dari laut.
Kepiting soka ini sangat gurih dan syedap. Orang Brebes sebenarnya biasa menyebutnya dengan nama rajungan.
Di rebus lalu di masak dengan bumbu balado akan terasa nikmat. Dan lebih nikmat kalau kita makan sambil bukain kulitnya. Terasa lebih nikmat.

8. Adep-adep Brebes

Quote:Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
Oenarsaez


Adep-adep ini sebenarnya makanan biasa yaitu nasi kuning atau nasi putih biasa di tambah urap sayur, sambal, ikan asin, dan tidak ketinggalan bakakak ayam.
Kenapa di namakan Adep-adep karena biasanya makanan ini di sajikan untuk pengantin, konon katanya jika sang pengantin berhasil menyuap makanan ini paling banyak dia akan menguasai rumah tangga yang akan mereka jalanin.

9. Ketan Pencok

Quote:Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
Namjaravindra


Ketan pencok ini yang jualan hanya di pasar tradisional, setiap pagi jika ke pasar tradisional maka tempat jualan ketan pencok ini selalu penuh dengan pembeli.
Sebenarnya ketan pencok ini ketan kukus yang di tumbuk. Dan jadi seperti gemblong dengan bumbu pencok yaitu. Kelapa parut dengan gula merah.

Mudah-mudahan thread ini bermanfaat yah dan jangan lupa jika lewat Brebes mampir gaes.. cicipin deh pasti ketagihan, jika ingin mampir di sekitar Alun-alun Brebes hampir ada semua makanan di atas.. Byee. Udah dulu yah thread dari aku ini.

Terimakasih sudah baca
Bekasi Juni 2020

Sumber
https://makananoleholeh.com/makanan-khas-brebes/

https://idntrip.com/makanan-khas-brebes/
Diubah oleh nurulnadlifa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oncom.onair dan 56 lainnya memberi reputasi
55
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 11
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
21-06-2020 19:40
Quote:Original Posted By daisukeasakura
almarhum kakek gw juragan bawang di masanya, salah satu istrinya (poligami) punya rumah makan sate kambing muda yg jadi ciri khas desa larangan di brebes, mungkin masih ada, udah lama ga mudik emoticon-Hammer2


Kayanya ada tuh di larangan yg terkenal

Quote:Original Posted By jagotorpedo
ketan pencok... klo di Cirebon namanya "ketan gurih", sama persis...

gw bukan asli Brebes, tp jd pengen ngicipin semua..:emoticon-Genitemoticon-Wowcantik


Iya cobain aja gan
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1 0
1
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
21-06-2020 19:41
telor asin da besttt
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
21-06-2020 19:48
ok son kitanya mangan neng tegal ngesuk emoticon-Ngakak
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
21-06-2020 20:06
faforit ane soto tauco sama telur asin sis...mantaapppp
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
21-06-2020 20:27
Mkanannya smua enak2 dan lzat gan.rsanya pngin nyoba sate Blenggongnya.rsanya psti mak nyusss.didearah sya g ada yg jual.paduan unggas entok sma itik.
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
21-06-2020 21:11
kalo inget brebes, pasti inget telur asinnya.. tp skrng telur asin udah gk hanya brebes aja yg produksi.. hampir tiap daerah punya versi telur asinnya sendiri²
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
21-06-2020 21:19
penasarann deh sama sate blengong dan kepiting sokanyaaa.. keliatannya unik dan enak tuhyaaa
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
21-06-2020 21:20
Quote:Original Posted By wincdma
belum pernah ngerasain semua..


wahhh kita samaa gannn, karena ane bukan asli daerah sanaa... tapi penasarann sihh pengen kesana
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
21-06-2020 21:20
Quote:Original Posted By newkris
telur asinya matap banget nih....kayaknya endul banget ya enaknya.....ada yang bakar juga nih kaayaknya......


nahhh telural asin bakar belom pernah cobaa juganii akuu, rasanyaa gimana tuh gann? bedanya sama yg telur asin biasa gimana tuuu
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
21-06-2020 21:53
salah satu yang memang bikin rindu banget pengen pulang kampung ya kulinernya begini emoticon-Mewek semoga saja covid ini bisa segera berakhir dan ane bisa pulang kampung lagi
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
21-06-2020 21:56
Ini dia,mkanan khas yg wenak enak.ptut dicoba.dri sekian bnyak,bru telur asin yg prnah sya mkan...emoticon-Ngakak
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
21-06-2020 22:14
Banyak juga ya makanan khasnya boleh juga buat oleh2 klo bisa awet hehehehe
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
21-06-2020 23:40
setiap pulang ke brebes,eh salah,setiap pulang ke kota waktu ane kecil,selalu nyempatin utk beli rajungan,hal yg jarang we dapt di kota asli ane , emoticon-Ngakak ah jadi kangen bekas peternakan sapi di wanasari
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
22-06-2020 01:33
Telur asinnya gaada yg ngalahin gannn, dari jaman suka mudik pake mobil pasti kalo lewatin brebes pas pulang mampir duluu utk oeh oleh hahahah
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
22-06-2020 03:01
Asemmm yak ngeliat thread makanan malem malem gini kan jadi laper. Hadeh ane pengen nyobain kecuali telor asin, gak mau gak doyan wkwkkwkw
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
22-06-2020 05:57
pernah sekali lewat brebes sepanjang jalan banyak yg jualan telor asin
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
22-06-2020 08:22
telor asin bakar pas pertama xli cobain aneh tp lama2 suka emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
22-06-2020 08:34
jauh sih kesana, maka di daerah sendiri aja sama sama nikmat.
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
22-06-2020 09:20
Quote:Original Posted By satmofri
Iya sis,psti mmpir kekuliner mncba mkanan khasnya.😊


Quote:Original Posted By satmofri
Iya gan.didaerah sya jga g ada yg jual.rsanya pngen nyoba.gmna rsanya.


Ok ..silahkan.. klw aku di kampung panggil yah biar ikut di traktir sekalian
0 0
0
Makanan Khas Brebes Yang Bikin Kangen Pulang Kampung
22-06-2020 09:22
Quote:Original Posted By adityafauziaz
wihh mantap mantap, sate blengong enak itu kaya nyaaa


Iya gan itu enak banget

Quote:Original Posted By ijomentol
udah pernah makan semua, cuma soto tauconya yang kurang suka..


Karena tidak biasa jadi kurang suka...emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
ijomentol dan adityafauziaz memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 9 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
Outdoor Adventure & Nature Clubs
gunung-di-indonesia-dengan-jalur-tersulit
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia