News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
225
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee4ebb80577a96fbf3d20bb/ilmuwan-mengklaim-bahwa-bentuk-alam-semesta-itu-datar
Semakin berkembang teknologi saat ini, semakin banyak pula manusia yang penasaran terdahap bentuk alam semesta sebenarnya. Saat ini masih ada yang memperdebatkan mengenai bentuk Bumi itu bulat atau datar.
Lapor Hansip
13-06-2020 22:07

Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Semakin berkembang teknologi saat ini, semakin banyak pula manusia yang penasaran terdahap bentuk alam semesta sebenarnya. Saat ini masih ada yang memperdebatkan mengenai bentuk Bumi itu bulat atau datar.

Ternyata, tidak hanya perdebatan mengenai Bumi itu bulat atau datar, Para ilmuwan juga sedang memperdebatkan mengenai "Bentuk Alam Semesta", apakah bulat juga atau justru datar. Menurut Pengukuran terbaru dari mengenai energi gelap, para ilmuuwan percaya bahwa seluruh alam semesta kita benar-benar datar. Dengan mengukur dampak energi gelap, energi atau kekuatan yang mendorong ekspansi alam semesta kita.

Ekspansi adalah...


Tim ilmuwan dari Universitas Portsmouth menemukan bahwa alam semesta mungkin berbentuk datar dari pada berbentuk gelembung. Mereka juga berpikir dapat menyelesaikan perdebatan panjang masalah astronomi ini.

Sebelum itu, mari kita simak teori alam semesta yang menggelembung terlebih dahulu.

**Teori Alam Semesta yang Menggelembung**

Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Teori ini muncul dari sebuah ususlan jurnal "Physical Review Latter" dari tim ilmuwan Universitas Uppsala, isi jurnalnya mengatakan bahwa alam semesta ini berada dalam sebuah gelembung yang selalu membesar dikarenakan energi gelap yang memompa gelembung tersebut. Teori ini dikatakan masuk akal mengenai meluasnya alam semesta, serta teori string dan energi gelap.

Apa itu teori string? Singkatnya, semua materi terdiri dari entitas "stringlike" seperti tali kecil yang bergetar.

Quote:
Simplenya teori ini mengatakan bahwa seluruh  alam semesta ditampung dalam sebuah gelembung yang semua materinya ini disalurkan melaui tali-tali, yang membuat alam semesta itu terus mengembang (berkaitan dengan energi gelap).


**Mencari Metode Untuk Memahami Kerja Energi Gelap**

Sebelumnya, para ilmuwan mengukur energi gelap dengan melacak supernoval terjauh untuk melihat bagaimana energi gelap mendorong alam semesta kita ini menjadi membesar/mengembang. Namun, sekarang sebagai gantinya para ilmuwan dari Portmouth mengamati lebih dari satu juta galaksi dan quasar yang memungkinkan pemahaman bagaimana energi gelap mendorong alam semesta kita ini meluas/mengembang.

**Struktur Melengkung**

Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.


Ketika Para ilmuwan mengatakan kalau alam semesta kita ini berbentuk datar, namun bukan berarti menyerupai selembar kertas yang membentang tanpa batas. Melainkan melengkung menjadi torus membentuk seperti donat. "Katanya datar, kok melengkung?" Sebenarnya menurut model kosmologi, bentuk seperti donat itu masih dikatakan datar.

Disini akan sedikit rumit, karena kita akan sedikit memahami mengenai Apa itu Geometri Alam Semesta

Ketika malam tiba dan kita melihat langit yang dihiasi oleh bintang-bintang. Kita melihat kesana-kemari ditempat kita berpijak, pada saat berada ditepi pantai, lalu memandang lurus kedepan sampai batas penglihatan kita. Kita hanya akan melihat Bumi ini datar tanpa lengkungan.

Karena Bumi kita memiliki lengkungan yang sangat halus. saking halusnya lengkungan Bumi ini, kita sendiri tidak merasakan kalau Bumi ini bulat.

Hal ini juga berlaku bagi alam semesta kita, dengan bukti kosmologi menunjukkan bahwa alam semesta yang kita lihat ini sangatlah halus dan homogen. Bahkan pada struktur ruang terlihat  hampir sama disetiap titik dan disetiap arah.

Pertama-tama kita bahas, yaitu:

**Geometri Datar**


Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.


Ini adalah pelajaran yang kita pelajari dari sekolah yang dimana-mana sudut segitiga bertambah hingga 180 derajat dan luas lingkaran adalahπ [sup]2[/sup]. Contoh paling sederhan dari bentuk tiga dimensi *datar* adalah ruang tak terbatas. Orang yang ahli dibidang matematika suka sering menyebutnya ruang Educlidean

Ruang Educliden

.

Bentuk-bentuk ini sulit divisualisasikan. Mari kita sederhankan penjelasan tadi dengan selembar kertas yang digulung membentuk silinder.

Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Kemudian kertas yang sudah membentuk silinder. Kita satukan tiap ujungnya sehingga berbentuk torus atau mirip seperti donat.

Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Coba lihat, bentuknya tidak datar sama sakali, namun dalam "model kosmologi" bentuk torus masih dianggap datar atau flat.


Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Jika kita lihat model ini, memang benar melengkung. Namun bagi yang menghuni didalamnya yaitu kita akan merasa datar, walau berkeliling kesana-kemari, bahkan kita tidak menyadari lengkungan tersebut. Misalnya kita bergerak lurus dari sini kesana, suatu saat kita akan kembali ke titik awal.

Dari penjalasan diatas, bisa dikatakan kalau alam semesta berbentuk torus atau menyerupai donat masil dibilang datar bagi model kosmologi.

Quote:Metode ini mendukung kalau bentuk alam semesta ini datar


**Geometri Bulat**

Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Siapa sih yang tidak tahu bulat, benda yang sering kita lihat, seperti bola. Bentuk ini sangat mudah untuk didifenisikan melalui analogi sederhana. Bayangkan saja kamu dan temanmu, "itu pun kalo punya teman". Sekarang  bayangkan kamu berada di Kutub Utara, dan temanmu berjalan menuju kutub selatan,

Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Penglihatan kamu terhadap temanmu akan semakin kecil seiring perjalanan dia menuju Kutub Selatan.


Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Namun keanehan terjadi ketika temanmu melewati garis khatulistiwa. Temanmu yang kamu lihat mengecil tadi, berubah menjadi besar dan jelas bentuknya.


Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Ketika temanmu berada 10 kaki atau 3 meter dari Kutub Selatan, maka dia akan sama besarnya ketika kamu melihat dia 10 kaki atau 3 meter dari tempatmu berdiri.


Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Dan ketika ia sudah berada dikutub selatan, maka kamu akan melihat dia dari segala arah.

"Apakah kalian bingung atau bahkan pusing?"


Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Dari gambar diatas, faktanya adalah pengukuran segitiga kosmik adalah cara utama para ahli kosmologi untuk menguji apakah alam semesta ini melengkung atau tidak. Untuk setiap titik panas dan dingin dilatar belakangi oleh gelombang mikro komsik, diameter lintangnya, dan jaraknya dari Bumi, sehingga membentuk tiga sisi segitiga.Dengan ini kita dapat mengukur sudut tempat subtensi dilangit malam, salah satu dari sudut segitiga. Kemudian kita dapat mengetahui apakah kombinasi panjang dan ukuran sudut cocok untuk geometri datar, bola, atau justru hiperbolik

Quote:Kita tak perlu ikut menghitung seperti para ilmuwan, karena mereka lebih tau dibanding kita. Saya akan garis bawahi dalam pengujian ini menunjukkan bahwa alam semesta kita ini datar atau sangat mendekati bentuk datar. Hal ini malah memicu perdebatan besar, apakah pengujian ini hanya kebetulan statistik? Tidak ada yang tahu, dan ini masih perlu uji kembali.



**Geometri Hiperbolik**


Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Nah lo, apalagi ini, pada model dasar ini geometri heprbolik ini adalah bentangan tak terhingga. Tetapi karena geometri hiperbolik ini mengembang keluar jauh lebih cepat dari pada model geometri lainnya.


Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Orang matematikawan suka bilang "lebih mudah tersesat didalam ruang hiperbolik". Ketika temanmu pergi meninggalkanmu disini, kamu mungkin akan kesusahan menemunkannya, kecuali kamu tau rute temanmu.


Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Dalam model ini, jumlah sudut segitinya kurang dari 180 derajat.


Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

Untuk melihat sisi-sisi segitiga yang terlihat tidak  lurus, kita menggunakan lensa yang terdistorsi. Bentuk kurva ini akan terlihat lurus bagi penghuni didalam model ini, atau lebih tepatnya dia akan melihat kalau *semestanya itu datar*. Untuk berjalan dari lokasi A ke lokasi B adalah dengan cara menuju titik pusat lalu berbelok dengan menarik garis sehingga membentuk kurva.

Quote:
Sebenarnya saya sendiri agak bingung dengan penjelasan model hiperbolik ini, namun saya pribadi bisa simpulkan kalau model geometri hiperboik ini juga mendukung kalau alam semesta kita ini datar.

Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.

sebenanya model ini digunakan untuk menjelaskan ruang tanpa batas, karena tiap sudutnya berbeda yang memungkinkan adanya ruang ditiap sudutnya.


**Kesimpulan**

Dari semua penjelasan yang membingungkan diatas tadi, kita bisa tarik kesimpulan kalau sebagian besar pengukuran kosmologi ini mendukung kalau alam semesta kita ini berbentuk datar atau cuman kebetulan hasilnya statistik.

Sebenarnya hal ini bisa dibilang belum tentu benar karena semakin besar skala yang diamati, maka semakin halus atau semakin rata lengkungan tersebut. Akan sulit untuk mendeteksi kalau alam semesta kita ini datar atau bulat.

Kita tunggu saja metode baru dalam pengukuran kosmologi ini, atau mungkin nanti ada metode yang lebih sederhana dan mudah untuk dipahmi oleh kita kedepanya.


"Jujur saja, saat merangkum materi ini memang susah, apalagi pada metode geomteri hiperbola. Semoga kalian sedikit paham dengan apa yang saya bawa. Kalau ada yang salah atau kurang silahkan komen dibawah, saya akan perbaiki atau menambah poin-poin yang mungkin *miss*dalam materi ini."

"Yap balik lagi, mau sharing aja apa yang telah saya baca dan pelajari. "






Source:
https://futurism.com
https://journals.aps.org
https://www.quantamagazine.org
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sapiderwomen dan 57 lainnya memberi reputasi
52
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 8
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
20-06-2020 23:52
ILMUAWAN nya.. (tipe) begadang kurang pagi,maen kurang jauh nihh

haaa ha
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
21-06-2020 00:23
Kata Dr. Bernard Mahfouz ama Dr. Jordi dari Brazzers College, alam fantasi bentuknya Tabung Silinder yang sulit dihitung jari jarinya atau diameternya..
Diubah oleh uray24
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
21-06-2020 00:32
Banyak yang kagak baca dengan benar dan mengerti bahkan cuma baca judul lalu menyimpulkan. Banyakin baca dan ngerti bre. Kalauga ngerti nanya.

Macem gw ga ngerti juga.


emoticon-Ngakak
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
21-06-2020 00:42
pertanyaan besar di otak saya adalah, jika alam semesta berbatas dan berbentuk? lalu ap yg ad di balik batas selanjutnya
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
21-06-2020 02:05
Tobatlsh
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
21-06-2020 10:00
perlu baca ulang kayaknya
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
21-06-2020 13:53
njir datar emoticon-Leh Uga
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
21-06-2020 14:32
teori tolol
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
21-06-2020 15:37
Hahaha gak ngerti lah gak bisa ngeliat juga wkwkkww
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
21-06-2020 17:05
ya masalahnya emang ga ada yg tahu, to guess dr ilmuan adalah perkiraan terbaik
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
21-06-2020 19:10
wah, setelah kaum flat earth nanti bermunculan kaum flat universe. emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
22-06-2020 03:57
Kalo ane sih masih belum paham bulat apa datar. Yang penting sekarang hidup dinikmatin aja jgn diambil pusing. Mau datar mau bulat toh hidup kita ya gini gini aja hehehehe
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
22-06-2020 12:58
Iyain aja deh wkwkwk gak ada yang tau pastinya juga kan
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
22-06-2020 18:34
Kenapa ane malah tambah bingung baca trit ini.emoticon-Hammer
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
22-06-2020 22:25
alam semesta memang mungkin datar karena tidak terlihat lengkungannya melihat sejauh apapun.
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
23-06-2020 20:23
asal jangan pembenaran untuk flat earth aja
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
24-06-2020 20:17
waduuuhh pusiing bacanyaa, liat gambar nya pun ane tidak mengerti soal teori ini, udah keburu lemot otak ane emoticon-Ngakak
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
24-06-2020 23:28
Dulu bumi datar.. skrg alam semesta jg dibilang datar.. hadehhh
profile-picture
sapiderwomen memberi reputasi
1 0
1
Ilmuwan Mengklaim Bahwa Bentuk Alam Semesta Itu Datar.
26-06-2020 09:44
kalau alam semesta datar, ane masih bisa percaya. kalau bumi datar, gak mungkin emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Halaman 8 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia