gaygene
TS
gaygene
Uki Ingatkan PA212, Sila Pertama Pancasila Tak Eksklusifkan Agama Mayoritas
Eks juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Dedek Prayudi mengingatkan kepada elemen ormas Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) agar tidak egois.
Pasalnya, ia menyampaikan bahwa sila pertama dalam Pancasila, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa tidak membuat suatu agama tertentu di Indonesia menjadi lebih eksklusif dari agama lainnya.



“Salah satu esensi sila 1 Pancasila adalah tak ada agama yang dimenangkan di atas agama lain cuma karena jumlah pemeluknya paling banyak,” kata pria yang karib disapa Uki, Jumat (19/6/2020).
Ia menyebutkan bahwa Ketuhanan Yang Maha Esa di sila pertama itu sifatnya universal, bukan untuk Islam saja. Karena di Indonesia mengakui 6 (enam) agama baku yakni Islam, Kristen, Protestan, Hindu, Budha dan Konghuchu.
“Nilai-nilai keagamaan yang universal sudah termaktub di Pancasila,” ujarnya.
Oleh karena itu, peneliti muda itu mengharapkan agar tidak ada ormas atau kelompok agama tertentu yang memaksakan diri untuk menjadi lebih eksklusif.
“Jangan paksakan kepentingan golongan mentang-mentang banyak,” tegasnya.
Perlu diketahui, bahwa Ketua Umum PA 212, Slamet Maarif menyatakan bahwa ketika DPR RI tetap memaksakan untuk membahas Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), maka pihaknya akan mendorong agar Pancasila kembali mencantumkan 7 kata dalam Piagam Jakarta, yakni “Kewajiban Menjalankan Syariat Islam Bagi Para Pemeluknya”.
“Jika mereka memaksakan RUU HIP menjadi UU kami juga akan menuntut kembali Pancasila berdasarkan Dekrit Presiden 5 Juli yang mencantumkan kewajiban melaksanakan syariat Islam pada sila satu,” kata Slamet, Kamis 18 Juni 2020 kemarin. [NOE]


https://inisiatifnews.com/nasional/2...ama-mayoritas/


Mentang mentang banyak katanya emoticon-Embarrassment
servesiwifarhan.fafprimawidhie
primawidhie dan 12 lainnya memberi reputasi
13
4.5K
129
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.