AzizatulisnaeniAvatar border
TS
Azizatulisnaeni
Tips Gampang Memperbaiki Speaker Tidak Bersuara
Setiap ponsel pasti memiliki masalahnya masing – masing, seperti LCD rusak, sistem rusak, sampai dengan speaker tidak bersuara. Nah, kali ini yang akan saya bahas yaitu speaker tidak bersuara.
Banyak penyebab dari rusaknya speaker ponsel, seperti kerusakan jaringan sistem, speaker kemasukan air, mengelami korosi, dan lain sebagainya. Speaker ponsel merupakan salah satu komponen yang penting dalam suatu ponsel. Tanpa adanya speaker ponsel anda tidak akan bersuara ketika ada notifikasi, mendengarkan musik, serta menonton video.

Setelah anda mengenali penyebab tidak bersuaranya speaker, tentunya anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa repot ke tukang servis atau konter. Berikut ini beberapa tips memperbaiki speaker rusak atau tidak bersuara yaitu sebagai berikut :

1. Cek volume ponsel
Jika speaker anda tidak bersuara, pertama cek pada ponsel ada volume medianya. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa volume media HP anda aktif atau tidak. Cara mengaturnya yaitu melalui pengaturan HP anda, pilih bagian suara, dan atur sesuai keinginan. Nah, untuk tips tersebut tidak semua ponsel bagian pengaturannya sama.

2. Gunakan mode recovery
Tips memperbaiki speaker tidak bersuara lainnya yaitu buka mode recovery. Sebelum anda melakukannya perlu anda ketahui menggunakan mode ini akan membuat file yang di dalam ponsel anda hilang.
Cara menjalankannya : ponsel dalam keadaan mati total, kemudian tekan tombol power + volume (agak lama), pilih bagian wipe dan ketuk wipe cache. Nah, cara tersebut biasanya digunakan pada ponsel yang sudah android.

3. Factory reset
Factory reset yaitu mengembalikan pengaturan ponsel seperti pengaturan awal atau kembali ke setelan pabrik. Sehingga semua data pada ponsel akan hilang termasuk aplikasi yang telah terinstal.
Cara menjalankannya yaitu masuk ke pengaturan ponsel, kemudian pilih cadangkan dan setel ulang, dan ketuk kembalikan ke setelan pabrik. Cara tersebut termasuk cara yang paling efektif untuk memperbaiki speaker rusak anda.

Demikian penjelasan di atas mengenai cara memperbaiki speaker tidak bersuara atau rusak. Apabila speaker anda mengalami hal di atas sebaiknya langsung di perbaiki sebelum semakin parah bahkan bisa mempengaruhi jaringan ponsel lain. Jika tips di atas belum bisa dijalankan, sebaiknya langsung bawa ke tukang servis professional. Semoga bermanfaat.

Sumber :
www.batamnews.co.id/berita-54210-5-cara-mengatasi-speaker-smartphone-tak-bersuara-tanpa-servis.html
nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
5.8K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.