747.400
TS
747.400
BREAKING NEWS! Ekonomi Indonesia Lebih Baik dari AS, Inggris, dan Jerman
Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan ekonomi Indonesia tahun 2020-2021 diproyeksikan masih relatif positif dibandingkan dengan negara maju seperti Amerika, Inggris, Prancis, dan lainnya.

“Berdasarkan berbagai survey,Indonesia bersama India dan Cina itu masih relatif positif dan beberapa prediksi dari IMF 0 persen dan world Bank 0,5 persen, Indonesia masih di jalur positif pertumbuhannya,” kata Airlangga dalam Webinar Reset & Transformasi Ekonomi bersama APINDO,HIPMI, dan KADIN, Kamis (18/6/2020).

Jika dibandingkan dengan negara lain, ia menyebut hampir seluruh negara menunjukkan pertumbuhan ekonomi negatif, bahkan Negara Amerika Serikat minus 9,7 persen, Inggris minus 15 persen, Jerman minus 11 persen, dan Perancis minus 17 persen.

“Kalau kita lihat praktis seluruh negara yang merah, itu sudah masuk resesi dan kalau kita melihat di kuartal pertama Indonesia masih positif, tetapi di kuartal ketiga dengan adanya kuartal kedua karena PSBB, Indonesia diprediksi masuk di dalam jalur minus yaitu sekitar minus 3,” ujarnya.

Menurutnya yang menyebabkan ekonomi Indonesia terkontraksi begitu dalam, dikarenakan segi konsumsi yang pertumbuhannya menurun, dari yang biasanya diatas 5 persen menjadi 2,7 persen, lalu investasi 1,7 persen yang asalnya 5 persen.

Kendati begitu, dari segi konsumsi pemerintahan, ia mengatakan masih bisa menunjang atas belanja negara, yakni sebesar 3,7 persen, meskipun sebelumnya berada pada 5,2 persen. Begitupun dengan ekspor dan impor juga menurun.

Maka dari itu, Airlangga menyebut adanya pandemi covid-19 ini memberikan efek domino ke berbagai aspek, mulai dari kesehatan, sosial, ekonomi dan keuangan.

“Pandemi covid-19 ini memberikan tekanan pada perekonomian, baik dari sisi penawaran dan permintaan. Perlu upaya extra-ordinary dari Pemerintah untuk recovery perekonomian nasional Indonesia melalui empat pilar kesehatan, sosial, ekonomi, dan keuangan,” pungkasnya.

https://m.liputan6.com/amp/4283145/e...ris-dan-jerman

Komentar TS:

Ga salah dulu ada yg bilang, suatu saat Indonesia akan menjadi negara superpower yg menggantikan kekuatan Amerika di dunia.

Emang pak Jokowi sangat paham sama ekonomi Indonesia, "Jokowinomics" emang sangat berhasil di Indonesia.

anggaran riset indonesia aja terbesar di dunia, dari situ aja kita liat betapa seriusnya pemerintah mengejar status negara adidaya untuk menggantikan Amerika.

Jaya lah negaraku jayalah Indonesiaku emoticon-Mewek emoticon-I Love Indonesia
Richy211entopLt.Brightside
Lt.Brightside dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.3K
51
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.