ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Kenapa Kita Tidak Menggunakan Petir Sebagai Pembangkit Listrik?


Petir, gejala alam yang sering sekali kita lihat dikala langit ditutupi oleh awan awan gelap. Petir muncul berkat tabrakan muatan positif dan negatif yang terjadi di awan kumolonimbus.

Ternyata perbedaan tegangan antara petir yang beradu dan permukaan tanah mrmiliki listrik jutaan volt dan energi sebesar 20000 ampere. Untuk perbandingannya jumlah energi segitu bisa menerangi ratusan rumah hanya dengan satu sambaran petir.

Nah, kalau gitu kenapa kita enggak pakai saja petir sebagai sumber energi? Kenapa kita enggak suruh Thor buat pembangkit listrik tenaga petir (PLTP)? Kalau bisa begitu kan tarif PLN dijamin nggak bakalan naik.

Petir memang sumber daya yang tidak terbatas seperti layaknya matahari. Bahkan kota catatumbo di venezuela pernah dihantam 3600 petir dalam waktu satu jam yang berlangsung hampir sepanjang tahun. Kalau PLTP dibangun disana bukankah pasokan listrik dunia akan terjamin dan kita bisa mengucapkan selamat tinggal untuk pemadaman bergilir?



Sayangnya tidak semudah itu ferguso. Kita memang sering melihat yang seperti itu di film film sci-fi dan secara teori itu memang mungkin namun prakteknya lebih sulit dari teori.

Sampai saat ini belum ada orang yang memanfaatkan petir untuk menghasilkan listrik. Alasannya adalah karna kekuatan petir terlalu besar.

Suhu dari jalur yang dilewati petir bisa mencapai 10 ribu derajat celcius dan bisa menguapkan baja dengan mudah. Terlebih dengan daya 20 ribu ampere baterai mana yang sanggup menampungnya?

Lalu bagaimana dengan penangkal petir? Penangkal petir memang mampu manahan petir namun konsepnya adalah mengalirkan petir langsung ke dalam tanah agar tidak merusak bangunan tinggi yang ada di bawahnya. Ion negatif yang dibawa oleh petir akan dinetralkan dengan ion positif yang ada di dalam tanah.



Penangkal petir hanya bisa mengalirkan dan tak mampu menampung tenaga petir yang begitu besar dan karna itulah sampai sekarang pembangkit listrik tenaga petir belum bisa diwujudkan.

Namun teknologi semakin maju setiap harinya. Bukan tidak mungkin di masa depan manusia akan menemukan cara untuk menampung energi dari petir dan bila itu terwujud maka krisis energi di dunia pun dapat terselesaikan.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
Diubah oleh ih.sul 18-06-2020 13:06
TheGaruda
yusuf2210
kekefadilah
kekefadilah dan 48 lainnya memberi reputasi
47
14.7K
237
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.