ikardus
TS
ikardus
Steroid Dexamethasone Bisa Selamatkan Nyawa Pasien yang Kritis Akibat Covid-19


Kamis, 18 Juni 2020

Steroid dexamethasone berharga murah dan tersedia di mana-mana, menunjukkan khasiat membantu pasien Covid-19 gejala sakit berat. Inggris siap menggunakannya.

Suara.com - Steroid dexamethasone yang harganya murah dan tersedia di mana-mana, menunjukkan khasiat membantu pasien Covid-19 dengan gejala sakit berat. Inggris Raya siap menggunakannya sebagai standar pengobatan Covid-19.

Dexamethasone sudah ada di pasaran sejak 50 tahun lalu, murah, gampang didapat dan hanya memiliki sedikit efek samping. Obat yang biasanya digunakan memblokir peradangan dan sejumlah penyakit itu disebut dapat menolong pasien Covid-19 di ruang perawatan gawat darurat dan menyelamatkan nyawanya.

Dalam sebuah penelitian dengan sampel 2100 pasien Covid-19, steroid dexamethasone menunjukkan hasil positif.

“Dexamethasone dalam riset itu menjadi satu-satunya obat yang menunjukkan efek menurunkan kasus kematian pasien," kata pakar epidemiologi Peter Horby dari Universitas Oxford, yang menjadi pimpinan penelitan itu.

"Ini terobosan besar", paparnya.

Baca Juga:Hanya Tersedia 50 Unit, Inilah McLaren 720S Le Mans Special Edition

Pada pasien Covid-19 dengan gejala sakit berat, riset menunjukkan pemberian dexamethasone dosis kecil menurunkan jumlah kematian sekitar sepertiganya.

Hasil itu menunjukkan, obat ini hendaknya digunakan sebagai terapi standar bagi pasien Covid-19 dengan simptom berat yang dirawat di rumah sakit.

Dalam riset juga ditunjukkan obat ini tidak menunjukkan khasiat yang signifikan pada pasien Covid-19 dengan gejala sakit ringan.

Baca Juga:Reaksi Pengamen Tak Jadi Minta Uang saat Kaca Mobil Dibuka, karena...

Selamatkan nyawa dengan obat murah

"Hasil riset menunjukan dexamethasone yang harganya sangat murah, bisa menyelamatkan nyawa pasien Covid-19 yang harus dibantu ventilator atau bantuan oksigen," ujar ilmuwan Martin Landray dari Universitas Oxford.

“Sangat sulit menggantikannya dengan obat-obatan lain, karena obatnya mudah didapat dan harganya hanya sekitar 55 Euro untuk terapi delapan orang pasien dan bisa menyelamatkan nyawa mereka," tambah Landray dalam briefing online dengan para wartawan.

Dia menambahkan, dexamethasone bisa digunakan secepatnya secara global untuk selamatkan nyawa pasien Covid-19.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock menyatakan, setelah melihat indikasi pertama potensi dexamethasone, negaranya sudah menyiapkan cadangan obat dalam jumlah besar sejak bulan Maret.

Kementerian bekerja sama dengan jawatan kesehatan nasional NHS agar dexamethasone secepatnya menjadi standar pengobatan bagi pasien Covid-19.

Berpacu mencari obat dan vaksin corona

Terkait pandemi Covid-19, sejauh ini belum ada obat ataupun vaksin yang terbukti ampuh memerangi virus corona jenis baru, yang sudah menginfeksi delapan juta orang dan menewaskan lebih 430.000 di seluruh dunia.

Riset mencari obat dan vaksin terus dilakukan secara intensif, baik meneliti ulang obat yang sudah eksis ataupun mencari unsur aktif baru.

Obat anti malaria hydroxychloroquin terbukti tidak menunjukkan keampuhan yang diharapkan melawan SARS-Cov-2. Juga obat ebola Remdesivir tidak menunjukkan keampuhan signifikan.

Nick Cammack, pakar COVID-19 di organisasi kesehatan global Wellcome Trust yang bermarkas di London mengatakan, Dexamethasone kini bisa mengubah dampak pandemi Covid-19 pada kehidupan dan ekonomi di seluruh dunia.

“Banyak nyawa akan dapat diselamatkan di seluruh dunia“, pungkasnya. as/vlz (dpa, rtr, afp)

Sumur

https://www.suara.com/tekno/2020/06/...asien-covid-19

Buat pasien dgn perawatan gejala berat emoticon-2 Jempol

Gejala ringan : yang manjur hydroxychloroquin+zinc nya trump & jokowi emoticon-2 Jempol

This
Quote:








Diubah oleh ikardus 18-06-2020 14:41
qavir
qavir memberi reputasi
1
912
8
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.