Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
99
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee8ec38dbf76456545bbb70/inilah-beberapa-pantangan-setelah-makan-jangan-dilanggar-ya
Sumber gambar : di sini Selain kenyang, apa yang dirasakan setelah makan? Mengantuk, itu hal yang paling umum dirasakan. Tetapi jangan tidur ya! Bisa-bisa telat beraktivitas. Nah, ada beberapa hal yang pantang dilakukan setelah makan. Apa saja itu? Simak ya : 1. Tidur Jangan tidur setelah makan. Selain menghambat aktivitas berikutnya, tidur setelah makan bisa menyebabkan mual dan begah. Kenapa bis
Lapor Hansip
16-06-2020 22:58

Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!

icon-verified-thread
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!

Sumber gambar : di sini


Selain kenyang, apa yang dirasakan setelah makan? Mengantuk, itu hal yang paling umum dirasakan. Tetapi jangan tidur ya! Bisa-bisa telat beraktivitas. Nah, ada beberapa hal yang pantang dilakukan setelah makan. Apa saja itu? Simak ya :


1. Tidur

Jangan tidur setelah makan. Selain menghambat aktivitas berikutnya, tidur setelah makan bisa menyebabkan mual dan begah. Kenapa bisa mual atau begah? Karena setelah makan, makanan masuk ke dalam lambung. Jika tidur setelah makan, tidak ada lagi gaya gravitasi yang membantu makanan dan asam lambung turun. Hal yang mungkin terjadi malah membuat makanan dan asam lambung kembali ke esofagus dan menyebabkan heartburn.

Nah, kalau begitu, hindari tidur setelah makan. Lebih baik gunakan untuk duduk sejenak sambil menonton televisi atau membaca buku. Jika ingin tidur, lakukan beberapa jam setelah makan.


2. Menggosok gigi

Setelah makan, apalagi makan makanan berat seperti steak, ikan atau rendang, ingin sekali rasanya cepat-cepat menggosok gigi. Supaya aroma menyengat yang tersisa dari makanan tersebut hilang dan mulut kembali segar. Namun menggosok gigi setelah makan ternyata hal yang perlu dihindari, lho! Apalagi setelah mengkonsumsi makanan yang asam, enamel gigi sedang dalam kondisi lemah. Artinya kondisi gigi sedang tidak baik dan akan merusak gigi jika tetap memggosok gigi. Tunggu setelah beberapa saat, baru boleh menggosok gigi.

Saran saya, selalu hindari hal-hal yang akan merusak gigi. Jika gigi rusak, gigi sensitif atau gigi berlubang, hal itu sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Ingat pepatah "lebih baik sakit hati daripada sakit gigi". Yup, sakit gigi itu menyiksa sekali.


3. Olahraga

Setelah makan, sistem pencernaan juga membutuhkan darah agar bisa berfungsi secara baik, sehingga terhindar dari sakit perut atau kram otot. Jadi setelah makan jangan berolahraga ya! Kalau dipaksa berolahraga, pasti akan mual, pusing dan mudah lelah. Sebaiknya tunggu beberapa jam setelah makan untuk berolahraga.


4. Merokok

Kaum lelaki bahkan perempuan perokok, ada yang memiliki kebiasaan merokok setelah makan. Padahal hampir semua sistem dalam tubuh kita terlibat selama proses pencernaan. Jika tetap memaksa untuk merokok, nikotin akan diserap dengan kekuatan ganda sehingga meningkatkan efek berbahayanya. Apalagi merokoknya di dalam ruangan, udara akan tercemari asap rokok yang mengganggu pernapasan. So,jangan merokok setelah makan ya! Tunggu beberapa saat dan merokoklah di ruang terbuka.


5. Mandi

Tubuh kita memerlukan energi untuk mencerna makanan yang telah kita makan. Jika tetap memaksa untuk mandi, maka aliran darah pada tubuh akan lebih cepat mendekati kulit karena beradaptasi dengan suhu yang berbeda. Ini artinya akan lebih sedikit darah yang terlibat dalam proses penyerapan makanan.

Hindari mandi setelah makan ya, walaupun mandi itu menyegarkan! Alangkah baiknya jika sabar menunggu untuk mandi setelah beberapa saat.


Jika sudah paham beberapa hal yang pantang dilakukan setelah makan, hindari ya! Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Menjaga kesehatan itu penting. Kesadaran setiap individu untuk mematuhi protokol kesehatan sangat diharapkan. Stay Health!




emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan



Referensi :
1. Opini pribadi
2. Di sini
3. Di sini
Diubah oleh alva610
profile-picture
profile-picture
profile-picture
orgbekasi67 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
17-06-2020 15:31
waahh... pantangannya sih jarang dilanggar tapi kl udh kenyang, trs diem gak ngapa"in pasti bawaannya cepet ngantuk yaa emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan alva610 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
17-06-2020 15:43
gue langgar semuanya emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan alva610 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
17-06-2020 17:34
Nomor 1 sering ngelakuin kalo pas kekenyangan, oleh karena itu ane makan secukupnya saja biar ga ngantuk abis makan.
profile-picture
profile-picture
alva610 dan lina.wh memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
17-06-2020 17:46
Pantesan kalo habis makan terus mandi perut rasanya begah banget
profile-picture
profile-picture
alva610 dan lina.wh memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
17-06-2020 18:19
padahal ngeroko setelah makan itu paling mantul
profile-picture
profile-picture
alva610 dan lina.wh memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
17-06-2020 18:21
Tapi kalau nambah 2 piring boleh lah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
alva610 dan lina.wh memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
17-06-2020 18:45
sering habis makan terus tidur
profile-picture
profile-picture
alva610 dan lina.wh memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
17-06-2020 18:53
wahh ternyata nggak boleh ya habis makan trus sikat gigi?? ane malah sering bangett malah tiap hari begitu biasanya setelah makan malam, nggak lama sikat gigi, trus istirahat tidur deh emoticon-Cape d... duhh nggak nyadar kalau selama ini yang ane lakuin salah, thnks gan infonya
profile-picture
profile-picture
alva610 dan lina.wh memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
17-06-2020 18:54
nahh ini juga ane habis makan biasanya trus mandi duhh banyak melakuakn kesalahan ternyata selama ini emoticon-Cape d... apalagi ane sering ngelakuinnya sudah kaya jadi kebiasaan
profile-picture
profile-picture
alva610 dan lina.wh memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
17-06-2020 21:50
Tapi kalo nga makan yang berat² tetep boleh gosok gigi nga gan 🙄 soalnya ane sering banget habis makan terus gosok gigi 🙏
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan alva610 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
17-06-2020 22:53
habis makan jangan tidur nanti jadi ular kalo kata emak2 jaman dulu
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan alva610 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
18-06-2020 00:39
oalaahh ternyata ga boleh langsung gosok gigi tohhh... bisa merusak lapisna gigi
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan alva610 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
18-06-2020 00:40
kalo abis makan langsung tidurr sihh emang ga boleh tuh gann hehehe bisa genduttt dan buncit jugaa
Diubah oleh christine57
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan alva610 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
18-06-2020 00:41
Quote:Original Posted By coajr14
Pulang malem makan langsung tidur gan emoticon-Hammer2


biasanya nih kalo abis makan diluar nyampe rumahh pasti tujuan utamanya adalah tidur hahaha susah sih ya gannn.. mungkin abis makan di luar keliling duluu jalan-jalan baru deh pulang ke rumah
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan alva610 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
18-06-2020 13:46
Kalau sehabis makan jgn tidur itu sudah pasti. Ane udh tahu lama itu.
Bahasa awamnya: entar nasinya gak turun ke bawah alias nyangkut di tenggerokan atau dada emoticon-Big Grin

Jangan olahraga sehabis makan. Bahkan dilarang juga, jgn makan dulu kalau mau olahraga emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan alva610 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
18-06-2020 15:22
Gw sering banget pulang kerja makan dulu terus mandi emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan alva610 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
18-06-2020 15:31
nice infony gan....
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan alva610 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
18-06-2020 16:02
Ane tambahin tolong ditaruh di page one.. minum air dingin: karena metabolisme tubuh akan membuat makanan yang baru dimakan yang ada didalam lambung mengalami pendinginan sehingga sulit untuk dicerna.. bayangkan bila makanan yang dikonsumsi berminyak/lemak maka makanan semakin sulit untuk dicerna sehingga akan menyebabkan ganguan kesehatan khususnya sistem pencernaan.
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan alva610 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
19-06-2020 09:17
Yang nomor 1 sama 2 sering ane langgar tiap habis sahur di bulan puasa emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan alva610 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!
20-06-2020 18:31
abis makan sukanya rebahan, katanya bikin perut buncit. mungkin yg dimaksud itu karena kembung yaaa
profile-picture
alva610 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia