alva610Avatar border
TS
alva610
Inilah Beberapa Pantangan Setelah Makan, Jangan Dilanggar Ya!

Sumber gambar : di sini


Selain kenyang, apa yang dirasakan setelah makan? Mengantuk, itu hal yang paling umum dirasakan. Tetapi jangan tidur ya! Bisa-bisa telat beraktivitas. Nah, ada beberapa hal yang pantang dilakukan setelah makan. Apa saja itu? Simak ya :


1. Tidur

Jangan tidur setelah makan. Selain menghambat aktivitas berikutnya, tidur setelah makan bisa menyebabkan mual dan begah. Kenapa bisa mual atau begah? Karena setelah makan, makanan masuk ke dalam lambung. Jika tidur setelah makan, tidak ada lagi gaya gravitasi yang membantu makanan dan asam lambung turun. Hal yang mungkin terjadi malah membuat makanan dan asam lambung kembali ke esofagus dan menyebabkan heartburn.

Nah, kalau begitu, hindari tidur setelah makan. Lebih baik gunakan untuk duduk sejenak sambil menonton televisi atau membaca buku. Jika ingin tidur, lakukan beberapa jam setelah makan.


2. Menggosok gigi

Setelah makan, apalagi makan makanan berat seperti steak, ikan atau rendang, ingin sekali rasanya cepat-cepat menggosok gigi. Supaya aroma menyengat yang tersisa dari makanan tersebut hilang dan mulut kembali segar. Namun menggosok gigi setelah makan ternyata hal yang perlu dihindari, lho! Apalagi setelah mengkonsumsi makanan yang asam, enamel gigi sedang dalam kondisi lemah. Artinya kondisi gigi sedang tidak baik dan akan merusak gigi jika tetap memggosok gigi. Tunggu setelah beberapa saat, baru boleh menggosok gigi.

Saran saya, selalu hindari hal-hal yang akan merusak gigi. Jika gigi rusak, gigi sensitif atau gigi berlubang, hal itu sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Ingat pepatah "lebih baik sakit hati daripada sakit gigi". Yup, sakit gigi itu menyiksa sekali.


3. Olahraga

Setelah makan, sistem pencernaan juga membutuhkan darah agar bisa berfungsi secara baik, sehingga terhindar dari sakit perut atau kram otot. Jadi setelah makan jangan berolahraga ya! Kalau dipaksa berolahraga, pasti akan mual, pusing dan mudah lelah. Sebaiknya tunggu beberapa jam setelah makan untuk berolahraga.


4. Merokok

Kaum lelaki bahkan perempuan perokok, ada yang memiliki kebiasaan merokok setelah makan. Padahal hampir semua sistem dalam tubuh kita terlibat selama proses pencernaan. Jika tetap memaksa untuk merokok, nikotin akan diserap dengan kekuatan ganda sehingga meningkatkan efek berbahayanya. Apalagi merokoknya di dalam ruangan, udara akan tercemari asap rokok yang mengganggu pernapasan. So,jangan merokok setelah makan ya! Tunggu beberapa saat dan merokoklah di ruang terbuka.


5. Mandi

Tubuh kita memerlukan energi untuk mencerna makanan yang telah kita makan. Jika tetap memaksa untuk mandi, maka aliran darah pada tubuh akan lebih cepat mendekati kulit karena beradaptasi dengan suhu yang berbeda. Ini artinya akan lebih sedikit darah yang terlibat dalam proses penyerapan makanan.

Hindari mandi setelah makan ya, walaupun mandi itu menyegarkan! Alangkah baiknya jika sabar menunggu untuk mandi setelah beberapa saat.


Jika sudah paham beberapa hal yang pantang dilakukan setelah makan, hindari ya! Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Menjaga kesehatan itu penting. Kesadaran setiap individu untuk mematuhi protokol kesehatan sangat diharapkan. Stay Health!




emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan



Referensi :
1. Opini pribadi
2. Di sini
3. Di sini
Diubah oleh alva610 17-06-2020 18:18
farinamany
turkusuma
orgbekasi67
orgbekasi67 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.3K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy Lifestyle
icon
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.