News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
111
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee8c37db84088207b2bb15d/pengacara-mata-novel-rusak-bukan-karena-siraman-air-keras
Penasihat hukum Rahmat Kadir Mahulette, Widodo mengatakan kerusakan mata penyidik KPK terjadi karena kesalahan penanganan pascapenyiraman. Ia mengatakan hal itu bukan karena serangan yang dilakukan kliennya. "Terdakwa tidak ada niat atau maksud untuk melakukan penganiayaan berat, kerusakan mata korban bukan akibat langsung dari penyiraman asam sulfat dicampur air, tapi kesalahan penanganan da
Lapor Hansip
16-06-2020 20:05

Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras

Quote:Penasihat hukum Rahmat Kadir Mahulette, Widodo mengatakan kerusakan mata penyidik KPK terjadi karena kesalahan penanganan pascapenyiraman. Ia mengatakan hal itu bukan karena serangan yang dilakukan kliennya.

"Terdakwa tidak ada niat atau maksud untuk melakukan penganiayaan berat, kerusakan mata korban bukan akibat langsung dari penyiraman asam sulfat dicampur air, tapi kesalahan penanganan dalam proses selanjutnya," kata penasihat hukum Rahmat Kadir Mahulette, Widodo, saat membacakan nota pembelaan (pledoi) di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (15/6).

"Dalam proses persidangan terungkap kerusakan mata Novel Baswedan karena penanganan tidak benar yang diakibatkan sikap saksi korban sendiri yang tidak kooperatif dan tidak sabar terhadap perlakuan dokter-dokter di rumah sakit," ujarnya melanjutkan.

Menurut pengacara Rahmat, pada 11 April 2017 setelah mengalami serangan, Novel dibawa ke RS Mitra Keluarga Kelapa Gading. Di sana, oleh dokter IGD, mata Novel dicuci dengan air sehingga PH-nya menjadi 7 yang artinya sudah netral. "Tapi saksi korban mengatakan pihak RS tidak bisa diandalkan untuk merawat mata sehingga korban dirujuk ke Jakarta Eye Center sehingga seharusnya saksi korban diobservasi 10 hari lebih dulu, tapi malah dipindah ke Singapura karena keinginan keluarga bukan karena rekomendasi dokter yang merawat," ungkap pengacara.

Pengacara Rahmat mengatakan dokter juga menyayangkan sikap buru-buru yang dilakukan Novel Baswedan karena seharusnya Novel bersabar untuk diobservasi atau bila dipindah menurut saksi dokter Yefta seharusnya dibawa ke Sydney, bukan ke Singapura.

"Saksi korban juga tidak mengikuti petunjuk dokter Sendi Chandra untuk pembersihan mikrotik ke bola mata. Saat saksi korban dibawa ke JEC dalam kondisi baik dan yang dilakukan RS Mitra Keluarga sudah benar, tapi saat dibawa ke Singapura malah mengalami komplikasi sehingga penglihatannya menurun, jelas terbukti awalnya kondisi mata korban berhasil dinetralkan dari cairan asam sulfat sehingga daya perusaknya hilang, namun karena korban tidak kooperatif atas penanganannya dan justru dibawa ke Singapura, kedua mata yang netral malah mengalami kerusakan," jelasnya.

Atas kerusakan kedua mata Novel tersebut, menurut pengacara bukan akibat langsung dari penyiraman tapi penanganan yang berbeda-beda. "Asam sulfat yang sudah diencerkan dengan air juga tidak menimbulkan daya destruktif tapi memang bersifat korosif, dan untuk menetralkannya dapat menggunakan air," tambah pengacara.


Pengacara juga menilai visum et repertum nomor 03/VER/RSMKKG/IV/2017 yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Mitra Keluarga pada 24 April 2017 tidak menunjukkan kerusakan mata Novel itu sendiri. "Visum et repertum dibuat 13 hari setelah terjadi dan tidak berisi derajat kerusakan tapi hanya potensi sehingga tidak bisa menunjukkan kerusakan itu sendiri, namun hanya potensi dan berdasarkan yurisprudensi, visum et repertum tidak mengikat majelis hakim jika bertentangan dengan keyakinannya sehingga unsur penganiayaan berat tidak terbukti," ucap pengacara.

Dalam nota pledoinya, pengacara juga mengatakan penyiraman dilakukan Rahmat terhadap tubuh saksi korban.  "Karena mengenai baju saksi korban terkena wajahnya hanya sebab efek atau akibat yang tidak dituju karena dari keterangan saksi Ronny Bugis motor sempat oleng ke kanan pada saat terdakwa menyiramkan air aki dengan menggunakan tangan kiri, sehingga posisi tangan dapat terangkat lebih ke atas namun dengan adanya fakta baju saksi korban basah dan menyebabkan panas di tangan ketika dipegang hal itu membuktikan penyiraman dilakukan terhadap tubuh saksi korban," ujar pengacara menambahkan.

Dalam pledoi tersebut, pengacara meminta agar majelis hakim menyatakan Rahmat Kadir Mahulete dinyatakan tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan primer, subsider dan dakwaan lebih subsider dan harus dibebaskan dari seluruh dakwaan. Penasihat hukum juga meminta majelis hakim memulihkan dan mengembalikan serta merehabilitasi harkat, martabat dan nama baik Rahmat serta mengeluarkannya dari rumah tahanan.

Sidang akan dilanjutkan pada Senin, 22 Juni 2020 dengan agenda tanggapan JPU atas nota pembelaan. Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Jakarta Utara pada Kamis (11/6) menuntut dua orang terdakwa penyerang penyidik KPK Novel Baswedan yaitu dua orang anggota Polri aktif Ronny Bugis dan Rahmat Kadir Mahulette selama 1 tahun penjara dengan dakwaan subsider pasal 353 ayat (2) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Menurut JPU, para terdakwa tidak sengaja menyiramkan air keras ke mata Novel. Keduanya disebut hanya akan memberikan pelajaran kepada saksi Novel Baswedan dengan melakukan penyiraman air keras ke badan Novel Baswedan, tapi di luar dugaan ternyata mengenai mata yang menyebabkan mata kanan tidak berfungsi dan mata kiri hanya berfungsi 50 persen dan menyebabkan cacat permanen.


SUMBER

oh, ternyata ..................................................

emoticon-Mewek

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Quote:Mengutip dari keterangan dokter RS Mitra Keluarga yang pernah bersaksi di persidangan, dokter tersebut pernah menguji pandangan Novel dari jarak satu meter sesaat setelah tiba di rumah sakit.

Kala itu, Novel bisa melihat dengan baik tangan dari dokter tersebut.

Lalu tindakan medis yang dilakukan adalah menyiramkan air murni hingga kandungan asam sulfat pada mata Novel larut atau mencapai pH 7,0.

"Namun ternyata saksi korban mengatakan Rumah Sakit Mitra Keluarga tidak bisa dihandalkan untuk mengobati mata sehingga saksi korban meminta untuk rujuk ke Jakarta Eye Center (JEC)," ucap Kuasa Hukum Rahmat Kadir.

Kemudian kuasa hukum mengutip keterangan dari saksi dokter JEC, Novel seharusnya diobservasi selama 10 hari.

Tapi di tengah masa observasi tersebut, Novel meminta untuk dirujuk ke Singapura atas keinginan keluarga.

"Dokter menyayangkan tindakan tersebut dianggap buru-buru. Seharusnya saksi korban bersabar untuk menunggu respon internal untuk


kompas

Quote:Pengacara juga menilai visum et repertum nomor 03/VER/RSMKKG/IV/2017 yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Mitra Keluarga pada 24 April 2017 tidak menunjukkan kerusakan mata Novel itu sendiri. "Visum et repertum dibuat 13 hari setelah terjadi dan tidak berisi derajat kerusakan tapi hanya potensi sehingga tidak bisa menunjukkan kerusakan itu sendiri, namun hanya potensi dan berdasarkan yurisprudensi, visum et repertum tidak mengikat majelis hakim jika bertentangan dengan keyakinannya sehingga unsur penganiayaan berat tidak terbukti," ucap pengacara.


emoticon-Mewek emoticon-Mewek emoticon-Mewek



mari dewasa seperti kaskuser ini

Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras

emoticon-Imlek
Diubah oleh pasti2periode
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 14 lainnya memberi reputasi
11
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 21:35
Quote:Original Posted By pasti2periode

SUMBER

oh, ternyata ..................................................

emoticon-Mewek


koq bisa jadi korban yg salah
emoticon-Cape d...
0 0
0
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 21:39
Mau ketawa tapi ntar dituduh kadrun anti kebhinekaan pendukung khilapah
0 0
0
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 21:41
Wow, jadi penasaran dgn kasus ini. Kayanya menarik buat diikuti emoticon-Big Grin
0 0
0
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 21:43
saksi dokter lgsg sudah ada kan ya? nunggu penilaian hakim aja pa bener omongan saksi dokter. mungkin aja nanti ada saksi dokter dr pihak lain.

dulu kan pernah ada dokter yg asal nyamber kasus nenek digebukin org tak dikenal sementara dokter ahli mengatakan hasil oplas.
profile-picture
profile-picture
mmengong dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 21:58
ngga ada niat kata diaa
0 0
0
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 22:02
Salah namanya ada Baswedan ?
0 0
0
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 22:05
Sudah mulai di luar konteksnya. Esensinya kan ada orang yg melakukan tindakan kriminal dengan cara menyiramkan air keras ke korban. Mau kena apapun itu sudah diluar motif si pelaku. Membela terdakwa memang tugas pengacara, agar terdakwa mendapat keadilan sesuai dengan haknya, tapi bela lah dengan alibi dan logika yg kuat bukan cuma ngeles kaya anak SD.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
brnonl dan 8 lainnya memberi reputasi
7 2
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 22:07
fix
Mabok iji krna mabok kecubung
emoticon-Cool
0 0
0
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 22:17
ngeyelan sih
dokter pengen kasi tetes obat mata eh dianya minta tetes kencing onta
kira2 begitu ceritanya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 22:20
Widodo ini hrs ngerasain kena aer keras matanya emoticon-Ngakak.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 22:28
ada sudut pandang dokter gak sih,

penasaran emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 22:44
Nah.. lo tinggal panggil dokternya aja lah..
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 22:51
Maksudnya rumah sakit singapore inkompeten gitu? LOL
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 22:55
TS nya dongo itu aja udah...

Jelas jelas mata dia rusak karna cairan H2SO4 nya masuk ke mata...
Kalo gak sampe masuk ke mata dia ngapain sampe mata nya di cangkok kornea nya itu??

Hellowww

Lu kira bikin robot itu mata nya di utak atik begitu???
Diubah oleh .noiss.
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan judogal memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 23:02
Buzzerp anjing
profile-picture
agusdwikarna memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 23:15
Permisi, numpang kirim foto-foto si jaksa kasus novelnya
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan kapyong memberi reputasi
2 0
2
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
16-06-2020 23:49
kenapa harus ke Singapura, wah berarti memang dokter kita ini dianggap sebelah mata oleh orang yang berduit wkwkwkw
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
17-06-2020 00:14
ketika dia udah gaulnya ama gerung, bw.... dan sebangsanya... sungguh aku tak peduli lagi ama talibanemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan galuhsuda memberi reputasi
1 1
0
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
17-06-2020 00:51
wis gile dagelannya lanjut, ngarang bebas bosque emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Pengacara: Mata Novel Rusak Bukan karena Siraman Air Keras
17-06-2020 00:57
Tunggu saja melihat Indonesia di ambang kehancuran. Ketika hukum dibuat permainan, dan ketidakdilan ditegakan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia