djulianoorAvatar border
TS
djulianoor
Mitos-mitos Keliru Tentang Teknologi yang Masih Kita Dengar Sampai Sekarang
Agan dan Sista mungkin pernah mendengar mitos-mitos tentang teknologi yang dipercaya oleh orang-orang, contohnya seperti menonton Tv terlalu dekat dapat menyebabkan mata rusak. Mari kita lihat-lihat lagi apa saja mitos-mitosnya yang sering dipercaya oleh orang lain atau mungkin juga Agan dan Sista mempercayainya.


Dunia kita yang sudah sangat maju ini tidak hanya melahirkan teknologi-teknologi tercanggih, tapi juga mitos-mitos yang melekat dengan teknologi tersebut. Masih banyak broadcast-broadcast disebarkan di Whatsapp yang sangat diragukan kebenarannya.
Mulai dari radiasi ponsel yang dapat menyebabkan kanker, sampai invasi alien yang datang dengan kapal luar angkasanya. Biasanya generasi yang lebih tua lah yang sering termakan mitos-mitos tersebut.
© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi Ponsel, Tablet, Laptop dan HDD Foto: Pixabay
Berikut adalah beberapa mitos tentang teknologi lainnya yang juga masih kita dengar sampai sekarang.
Mengisi ulang ponsel semalaman dapat merusak baterai

Seberapa sering kamu mendengar nasihat untuk tidak meninggalkan ponselmu dalam keadaan tersambung dengan charger semalaman? Jika kamu masih percaya dengan hal tersebut, maka sekarang lah saatnya untuk berhenti.
Saat ini kita sudah sampai pada era teknologi di mana telepon pintar yang kita punya dapat melakukan banyak hal. Ponsel yang kita miliki dapat memperlambat laju pengisian ulang ketika baterai hampir terisi penuh 100 persen.
© Disediakan oleh Kumparan
Hal tersebut membuat ponsel tidak akan mengalami kelebihan daya dan menjadi bocor seperti yang orang-orang pikirkan. Silakan mengisi ulang ponselmu selama yang kamu mau, hal tersebut tidak akan menghancurkan baterai.
Duduk terlalu dekat dengan TV dapat merusak mata
Hal ini benar jika TV di rumahmu adalah TV zaman dahulu yang diproduksi tahun 50 atau 60an. TV tersebut masih berbentuk kotak, besar, dan berat. Mitos bahwa duduk terlalu dekat dengan TV berbahaya karena adanya sinar-X yang dipancarkan dari layar.
Namun, TV modern yang kita miliki saat ini hanya mengeluarkan sedikit gelombang bahkan tidak sama sekali mengeluarkan gelombang yang dapat merusak matamu. Tapi jangan jadikan ini alasan untuk terus-terusan menonton TV, ya.
Macbook tidak bisa terinfeksi virus
Mitos ini adalah cerita yang paling sering dibangga-banggakan oleh para pengguna Macbook dan Apple. Mereka senang karena akhirnya tidak lagi harus berurusan dengan virus yang dapat merusak laptop mereka.
Sayangnya, hal tersebut tidaklah benar. Meskipun tidak sebanyak virus yang menyerang laptop Windows, ternyata tetap ada virus yang dapat menyerang MacBook.
Perlu otak yang cemerlang untuk mendesain MacBook, namun ada otak yang juga tidak kalah cemerlang yang dapat mencuri datamu ketika kamu mendownload sesuatu meskipun menggunakan MacBook.
Jadi untuk pengguna MacBook, tetaplah berhati-hati ketika mengunjungi website-website yang tidak jelas asal-usulnya. Apple memang bisa melakukan banyak hal, tapi 100 persen mencegah virus masuk ke programnya bukanlah salah satunya.
Modus Incognito dapat menyembunyikan history internet
Modus Incognito adalah temuan besar yang dapat membantu kita menjaga privacy dalam menggunakan internet. Terutama ketika kita harus berbagi komputer dengan teman atau keluarga.
Banyak hal yang ingin kita sembunyikan mulai dari informasi bank untuk belanja online, situs pornografi, sampai pencarian hadiah kejutan untuk pasangan. Berselancarlah dengan menggunakan Incognito, maka semua data akan hilang ketika jendela ditutup.
Namun masih ada satu masalah yang tidak kamu ketahui. Meskipun data tersebut hilang dari komputer yang kita gunakan, situs yang kamu kunjungi masih menyimpan data yang kamu berikan.
Sayangnya, para hacker masih dapat mengakses informasi tersebut. Jika pasanganmu ingin tau apa yang kamu lihat lewat komputer pada malam hari, secara teknis ia dapat melakukannya dengan bertanya kepada provider internetmu.
Laptop harus di-shutdown setiap malam
Siapa yang suka malas meng-shutdown komputer dan hanya membiarkannya tertidur saja? Meng-shutdown laptop setelah digunakan seringlah dianggap lebih baik. Alasannya tentu saja untuk menjaga agar laptop dapat beristirahat dan tidak terus-terusan bekerja.
Namun, sama seperti gadget yang lain, laptop juga memiliki sistem yang dapat mencegahnya menggunakan terlalu banyak energi. Jadi jangan khawatir jika laptopmu tidak di-shutdown semalaman





ujellyjello
oboq
tien212700
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.