News
Batal
KATEGORI
link has been copied
129
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee719eea727681f1a406e93/menelusuri-rekam-jejak-marga-smith-di-indonesia-part-2-end
Sekarang kita akan mempelajari persebaran marga Smith ini di kawasan Asia Tenggara, hingga masuk ke Indonesia. Langsung saja kita mulai kisah panjang ini, jangan lupa siapkan kopi atau cemilan sebagai teman membaca.
Lapor Hansip
15-06-2020 13:49

Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Di tulisan pertama, ane sudah jelaskan mengenai asal-usul marga Smith dan kiprahnya di Indonesia. Sekarang kita akan mempelajari persebaran marga Smith ini di kawasan Asia Tenggara, hingga masuk ke Indonesia. Ane juga akan mengajak gan sist menelusuri jejak marga Smith di Sulawesi, tepatnya di Kota Manado. Langsung saja kita mulai kisah panjang ini, jangan lupa siapkan kopi atau cemilan sebagai teman membaca.


Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)

Sumber




Hijrahnya Marga Smith ke Asia Tenggara


Keturunan nabi yang pindah ke Hadramaut (Yaman) dari Basrah ialah Ahmad al-Muhajir, merupakan generasi ke-8 dari keturunan Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az-Zahra. Dia pergi bersama seluruh anggota keluarganya. Sementara saudaranya yang bernama Muhammad bin Isa, menetap di Irak. Pada masa pemerintahan Khalifah Abbassiyah, sebelum pergi ke Yaman, pria yang juga dikenal dengan nama Al-Imam Ahmad bin Isa ini awalnya hijrah ke Madinah dan Mekkah, tahun 896 Masehi.


Alasan ia pindah dari Mekkah saat itu karena banyak fitnah beredar, bahwa keturunan Rasulullah bakal mengambil alih kekuasaan. Fitnah ini membuat pemerintah cemas, sehingga banyak keturunan nabi diburu bahkan dibunuh. Imam Ahmad bin Isa tidak ingin anak-anaknya terlibat dalam masalah politik, akhirnya dia berbicara dengan saudaranya, Muhammad bin Isa. Dan akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Yaman tepatnya di Hadramaut, dia berharap supaya keturunannya menjalankan agama dengan murni, tanpa terkontaminasi masalah politik.


Hadramaut sendiri dulu adalah sebuah lembah yang cukup subur di negeri Yaman, walau subur tetap saja negerinya termasuk miskin. Kering kerontang, dan tidak ada apa-apa. Zaman dulu Hadramaut dihuni penduduk lokal, yang tidak memiliki garis keturunan nabi, Ahmad bin Isa yang baru hijrah berdakwah di situ. Awalnya ia mendapatkan perlawanan serta penolakan, seiring berjalannya waktu ia berhasil mengatasi masalah itu. Dan mulai mendapatkan murid serta pengikut.


Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)

Hadramaut, Yaman.

Sumber



Muhammad al-Faqih Muqaddam bin Muhammad Shahib Mirbath, orang yang pergi ke Asia Tenggara dan Nusantara pada pertengahan abad ke 19. Merupakan keturunan dari Ahmad al-Muhajir, orang dari Hadramaut di Yaman dari golongan sayid, atau disini lebih dikenal dengan nama habib. Sebelum sampai ke Asia Tenggara mereka lebih dulu singgah di Gujarat, hingga pertama kali mendarat di Indonesia melalui Aceh.


Sebelum sampai ke Aceh keturunan dari marga Smith sempat juga singgah di Thailand dan Kamboja, disana banyak marga Smith yang berasal dari keluarga Abdul Malik. Kemudian Abdul Malik sendiri diangkat mantu oleh raja di Kamboja, dan mendapat gelar Al Ahmad Khan. Kemudian mereka keturunan Abdul Malik mulai berhijrah ke Nusantara lewat Aceh, lalu berlanjut ke Palembang dan kemudian menyebrang ke Pulau Jawa.



Marga Tertua di Indonesia


Menurut data Rabithah Alawiyah sebagai organisai pencatat keturunan Nabi Muhammad di Indonesia, marga tertua dan paling dekat dengan garis keturunan nabi ialah Assegaf. Lalu dari Assegaf ini, muncul keturunan baru dengan memakai nama al-Attas. Rata-rata keturunan yang ada di Indonesia adalah keturunan ke-37 atau ke-38.


Di Indonesia saat ini yang paling besar adalah marga al-Attas, nomor dua Al Hadad. Di wilayah Surabaya, yang paling banyak adalah marga Al-Jufri. Menurut data ada sekitar 100 lebih marga yang ada di Indonesia, kini masih tersisa 68 marga. Lainnya sudah punah, tidak ada keturunan. Yang unik adalah salah satu marga dari Yaman, sebenarnya dinegeri asalnya sudah tidak ada. Tapi marga tersebut masih banyak ditemui di Indonesia, marga itu adalah Baraqbah yang di Hadramaut saat ini, keberadaannya sudah tidak ada.


Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)

Sumber



Jumlah keturunan nabi sendiri di Indonesia diperkirakan sekitar 500 ribu sampai 1,5 juta orang menurut data terakhir. Andaikan semua orang itu muncul ke media dan mengaku sabagai habib, maka akan jadi semakin rumit keadaannya.


Dari jumlah itu, belum diketahui secara pasti jumlah keseluruhannya sampai sekarang. Karena persebarannya yang lumayan luas, di Jakarta sendiri para marga keturunan nabi tersebar di Tanah Abang, Kampung Melayu, Pekojan, dan yang terbesar di Condet, Jakarta Timur.




Kedatangan Orang Arab ke Manado



Islam masuk ke Sulawesi Utara bersama dengan masuknya para pedagang Arab, di kota pelabuhan Manado. Mulai tahun 1590-an sudah ada Syarif, seorang pedagang Arab di Manado, selain itu ada juga orang Arab lain bernama Wahid Rais yang tinggal di daerah pesisir Belang. Wilayah itu kini masuk wilayah Minahasa Tenggara, Wahid Rais sendiri beristrikan wanita Bola'ang-Mangondouw, bernama Jessy Wenas.


Diperkirakan marga Smith datang ke Manado mulai pertengahan abad ke 19, bersamaan dengan masuknya para keluarga marga Smith ke Aceh dan pulau Jawa. Kemudian dari pulau Jawa para marga Smith mulai menyebrang menuju pulau Sulawesi.


Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)

Orang Manado zaman dulu.

Sumber



Mereka (marga Smith) dan para pedagang Arab di Manadao mulai membentuk perkampungan Arab, dan memiliki kepala kampung yang masih satu etnis. Pada zaman Belanda, kepala kampung juga disebut dengan nama wijkmeester. Selain kepala kampung, ada juga kepala masyarakat yang diberi pangkat ala militer berdasarkan banyaknya komunitas etnis mereka. Kepala masyarakat itu biasa disebut vreemde oosterlingen (timur asing). Selain itu para kepala masyarakat juga mendapat pangkat letnan dan kapiten (kapten). Para kepala masyarakat dan kepala kampung, dulu tunduk pada hukum pemerintah kolonial Belanda.


Selain ada komunitas muslim Kampung Arab, dulu di Manado juga ada kelompok muslim lokal yang masuk ke Manado. Dimana muslim lokal tersebut berasal dari Jawa, yang merupakan pengikut Pangeran Diponegoro. Sebelum tahun 1830 agama yang dominan di pedalaman wilayah Manado adalah agama asli Sulawesi Utara, yaitu Alifuru.


Ketika Kiai Mojo (Panglima perang Pangeran Diponegoro) dan pengikutnya dibuang ke Tondano setelah usainya Perang Jawa (1830), agama Alifuru masih dominan. Para pengikut Kiai Mojo hidup tidak jauh dari suku asli di tanah Minahasa, dimana mereka sempat melawan Belanda dalam Perang Tondano.


Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)

Tondano tempo dulu.

Sumber



Para pengikut Kiai Mojo dan Diponegoro di tepi Danau Tondano itu berbaur baik dengan penduduk setempat, dengan tetap mempertahankan agama yang mereka anut. Setelah ada perkimpoian antara orang buangan dengan perempuan setempat tahun 1831, maka pengikut Kiai Mojo dan perempuan yang mereka nikahi itu membentuk sebuah kampung Islam. Bahkan terbentuk etnis baru di pesisir Danau Tondano. Mereka bukan Jawa, bukan Tondano, tapi Jawa-Tondano alias Jaton.


Orang Jaton dikenal pandai dalam menyerap bahasa lokal, bahkan tidak kalah dalam penguasaan Bahasa Tondano dibandingkan dengan orang Tondano asli. Saat ini orang-orang di Minahasa lebih banyak memakai bahasa Manado atau Melayu Manado, ada juga beberapa kata bahasa Jawa yang mempengaruhi dan digunakan orang di sekitar Danau Tondano.


Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)

Kiai Mojo

Sumber



Kehidupan sosial masyarakat buangan di Kampung Jawa Tondano mulai tahun 1830-1908, memberi pengaruh yang besar. Kiprah para orang buangan di Tondano, dapat dilihat pada bidang pertanian. Setelah pengikut Kyai Mojo datang, mereka mulai mengenalkan cara membajak sawah, dan pertanian disana semakin maju. Mereka lebih bisa berbaur dengan masyarakat lokal dibanding orang Arab di Kampung Arab Manado.


Dulu orang Arab baik yang berdagang maupun yang menyandang marga Smith, tidak bisa berbaur seperti orang Islam non-Arab yang tinggal di Manado. Dimana muslim lokal bisa lebih berbaur dalam kehidupan masyarakat umum. Hal itu menyebabkan pengaruh bahasa Arab, yang dipakai di Kampung Arab tidak terlalu berpengaruh dalam bahasa orang Manado sehari-hari. Pengaruh orang Islam Kampung Arab disana, masih kalah jauh dibandingkan dengan orang Islam di tepi Danau Tondano yang kebanyakan adalah orang buangan dari Pulau Jawa.



Manado Sebagai Kota Toleran di Indonesia


Akhir tahun 2018, Kota Manado menempati urutan ke-4 dalam kategori kota paling toleran di Indonesia. Urutan ini pun melampaui Jakarta, orang non-muslim di Manado bisa hidup nyaman dengan agama dan kepercyaan masing-masing, termasuk kaum muslim juga menjalankan apa yang mereka anut tanpa adanya gesekan.


Orang Islam di sana bisa berbaur dengan masyarakat sekitar yang Kristen, tidak jarang seorang muslim punya sepupu atau kerabat yang beragama Kristen. Di Manado sendiri, mayoritas warga masyarakatnya beragama Kristen, terutama Kristen Protestan. Kristen Protestan memiliki jumlah pengikut paling banyak mencapai lebih dari 60%, disusul agama Islam dengan presentase sekitar 30%.


Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)

Sumber


Sulawesi Utara sendiri cukup riskan tertular konflik sebenarnya. Dimana daerahnya berbatasan langsung dengan Poso, Maluku, Maluku Utara, dan Mindanao Selatan (Filipina). Wilayah itu pernah mencatat sejarah yang kurang baik, terkait konflik berlatar belakang keagamaan.


Namun kesadaran untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan meski berbeda dalam masalah keyakinan beragama,
adalah hal yang mampu membentengi Sulut hingga sekarang. Salah satu contohnya adalah setiap perayaan Natal, seluruh umat kristiani bisa dengan tenang beribadah karena gereja dan rumah mereka dijaga pemuda non-kristiani. Sebaliknya jika umat muslim merayakan Idul Fitri, para pemuda non-muslim yang bertugas mengamankan. Hal ini juga berlaku bagi umat beragama lainnya, yang merayakan hari raya mereka.


Maka tak berlebihan jika Manado jadi kota yang paling toleran di Indonesia, sayang prestasinya tercoret oleh ulah Bahar bin Smith yang justru sering membuat gaduh dengan segala macam tingkahnya. Walaupun tidak lagi tinggal di Manado, namun di akte kelahirannya dia tercatat lahir di Manado. Dimana marga Smith sendiri masih ada yang bermukim di Manado, sangat disayangkan citra baik mereka ternoda oleh sikap Bahar bin Smith.



Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)

Kota Manado

Sumber



Dimana dalam dakwahnya dia menggunakan kata-kata yang kurang pantas, akhir 2018 kemarin saat Bahar bin Smith singgah ke kampung halamannya untuk menghadiri haul sang ayah. Dia juga sempat mendapat penolakan warga adat di Manado, karena ceramahnya yang dinilai kurang pantas. Tapi Bahar berhasil lolos dari hadangan, dan akhirnya dikawal polisi untuk menghadiri haul sang ayah


Beruntung orang Manado tidak terpancing bertindak anrkis atas ulah Bahar bin Smith selama ini, dan tetap menjaga dan memadukan perbedaan sebagai kekuatan. Satu hal yang bisa kita pelajari dari orang Manado adalah, untuk terus menjaga kerukunan dan kebersamaan serta hidup damai dalam perbedaan.



Profil Singkat Bahar bin Smith


Bahar bin Smith sendiri lahir di Manado, Sulawesi Utara. Pada tanggal 23 Juli 1985, dengan nama lengkap Sayyid Bahar bin Ali bin Smith. Disinilah Bahar bin Smith lahir dan tumbuh remaja, dia anak sulung dari 7 bersaudara. Ia mendapat marga Smith dari ayahnya yang bernama Sayyid Ali bin Alwi bin Smith (wafat 17 Oktober 2011), sedangkan ibunya bernama Isnawati Ali.


Dia hijrah ke pulau Jawa dan bergabung dengan FPI pada perkembangannya, dan ia juga merupakan murid dari Muhammad Rizieq Shihab. Tahun 2007 ia mendirikan Majelis Pembela Rasulullah, dan menjadi ketuanya. Serta mendirikan Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin didaerah Bogor.


Kantor pusat Majelis Pembela Rasulullah berada di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Pengikut Bahar mencapai ratusan hingga jutaan orang (versi mereka) yang kebanyakan tersebar di Ciputat, Tangerang Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, dan Pondok Aren. Bahar dan anggota Majelis Pembela Rasulullah, kerap melakukan aksi razia dan penutupan paksa tempat hiburan malam di Jakarta.


Aksinya yang paling disorot adalah ketika dia menggerakan 150 orang jamaah Majelis Pembela Rasulullah, pada bulan Ramadan tahun 2012. Dimana ia melakukan razia di Cafe De Most Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Razia ini dilakukan karena kafe tersebut diduga sebagai sarang maksiat, Bahar menutup paksa Cafe De Most dan meminta tempat tersebut ditutup selama bulan Ramadan.


Untuk kesimpulan dari 2 part yang sudah ditulis, dan beberapa penjelasan tambahan dari TS bisa dicek dipost 1.






Referensi: 1.2.3.4.5.6
Ilistrasi: google image
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hajat.pancasila dan 53 lainnya memberi reputasi
48
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 05:14
aq jg keturunan nabi.. nabi adam
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 05:36
Terimakasih TS, sungguh mencerahkan. Menulis sejarah memang sedapat mungkin mengindari pendapat pribadi, tapi sulit utk tdk terucap betapa si Bahar ini sdh membuat damage dlm masyarakat, instead of memberi contoh kebaikan
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan kotak.surat memberi reputasi
2 0
2
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 05:40
Ane bukan muslim gan, tapi yang ane percaya setiap Nabi pasti memiliki sifat yang baik sehingga dicintai umatnya, paling nggak dlam tindakan dan perkataan

profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 05:56
banyak yang ngaku ngaku keturunan sekarang
tapi ahlaknya jauh dari kata bener, tapi dengan pengakuan sendiri itu bisa memperdaya banyak orang yg memang gampang terlena dengan sesuatu yg menyangkut agama


nama atau keturunan gak sepantasnya dibenarkan ,dimuliakan
didunia modern ini yg dinilai hanya, ahlak, perbuatan, dan manfaat untuk banyak orang
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan fa.uz memberi reputasi
2 0
2
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 05:57
nice gan pemaparan nya emoticon-thumbsup

profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 06:29
ternyata masih muda bahar bin smithemoticon-Kagets
Dia dan gurunya (HRS) sama2 dipanggil habib dan sama2 kontroversial dan kena kasus hukum jugaemoticon-Shutup
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 06:51
Salah satu keturunan tapi sukses di mamarika


Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 07:55
baru tau sejarahnya. kirain kebarat2an gt
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 08:11
lagian nama keluarga smith di eropa itu karena nenek moyang mereka itu pandai besi.
penamaan nama keluarga di eropa sana berdasarkan pekerjaan nenek moyang mereka, karena zaman dl pekerjaan itu akan turun temurun dan diwariskan ke generasi selanjutnya.

makanya ada nama keluarga cook = tukang masak; baker = tukang roti; carpenter = tukang kayu; termasuk smith = pandai besi.
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 08:21
sok" an pake marga smith, gk cocok tau....muka jamet aja belagu....emoticon-Ngakakaks
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan c33e33z memberi reputasi
2 0
2
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 08:21
Ane punya temen dari jaman SMP (sekarang udah kepala 3).
Dia marga assegaf tapi gak pernah mau dipanggil habib ama temen2nya.cuma tetep aja dia dipanggil habib oleh orang2 yang kenal setelah dia gede.
Tapi kalo sama ane dan temen2 masa kecil ya tetep mintanya di panggil nama aslinya (Alwi),kecuali kalo pas lagi banyak orang (penggikutnya).dan ane mau manggil dia habib karena dia pinter ilmu agama dan bener2 mengamalkannya.
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 09:00
apa mungkin sebenarnya bahar bin smith islamnya damai tapi semenjak ke jakarta dan gabung fpi jadi 'corrupt' ?
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 09:12
wah nambah wawasan skr ane emoticon-Malu
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 09:46
Dunia ini akan terus berputar begitu pula semua yang ada didalamnya. Kita tidak akan pernah tahu kedepan ini seperti apa, tapi yang namanya pendatang akan tetap jadi pendatang, saat pendatang menguasai penduduk asli, akan selalu ada yang menggunakna kata pribumi
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 09:59
Okeee The End
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 11:24
Keturunan Ali Bin Abi thalib kali.. bukan keturunan nabi.. kan orang arab Patrilineal ,, Garis Keturunan dari Ayah.. nah loh.
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 11:53
Quote:Original Posted By pannotia.server
mangstap gan.... ternyata ini sejarah toh sejarah lengkapnya.


semoga bisa nambah wawasan gan, dan terhindar dari habib2an yang abal2 emoticon-Salaman


Quote:Original Posted By yuswijaya
aq sempat heran juga awal dengarnya karna yg ku tahu sumaithy


pergeseran kata gan, karena orang Indonesia susah dalam melafalkan kata sumayth emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By indrag057
ada pelajaran yang bisa ane petik dari thread ini, jangan melihat siapa yang mengatakan, tapi dengarkan apa yang dikatakan, agar terhindar dari sifat kefanatikan yang sempit dan membabibuta. sorry gan kalau agak OOT emoticon-Nyepi


gak OOT sama sekali gan, itu juga hal penting yang ingin ane sampaikan. semoga diri dan keluarga kita bisa memilih panutan yang tepat, yang bukan hanya bisa berkata tidak pantas dan mengaku paling suci emoticon-Nyepi




Quote:Original Posted By zeeinpoenya
Patrilineal kok ngambil nasab dr ibu.. hnya org2 miskin identitas, chauvinistic, pemalas (pgn idup enak numpang silsilah) & takut kalah saing yg demikian itu..


betul, padahal kalo nasab di Islam gak begitu emoticon-Big Grin


cuma disini banyak ngeyelnya gan emoticon-Ngacir




Quote:Original Posted By viniest
Sumaith emoticon-Leh Uga


kalung kecil emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By makanjajanjalan
Betul juga tuh kata yg diangkut ts. Kalo rata2 sekarang turunan karena anak anak Rasul SAW yg ngasih turunan perempuan.

Buat yg suka ngaku2, tetep lah kata ane. Inget tanggung jawabnya sama Allah juga. Jan maen slonong kayak yg pasti dijamin masuk surga. Sekali pun keturunan pasti bakal kena hisab juga


idem gan, turunan nabi juga bakal kena hisab. gak langsung masuk surga, tapi disini mereka berlagak kayka udah punya kunci surga. makanya sekelas Quraish Shihab pun gak berani ngaku jadi habib




Quote:Original Posted By lupis.manis
Hmmm...

Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)

Our family.



smith yang ini gak suka bikin rusuh gan emoticon-Big Grin




Quote:Original Posted By Jamaludin45
ko keturunan nabi, ada yg "ga bener" macam yg rame2 skrg. ts jawab akibat gaul.

anak nabi Adam aja yg kagak gaul kemane2 langsung bisa bikin aksi pembunuhan pertama. sudah takdirnya begitu😂


itu kan zaman dulu gan, ane melihatnya secara luas diperkembangan zaman sekarang. bukan zaman awal manusia yang hanya 6 orang emoticon-Salaman


just my opinion, why so serious ?
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan lupis.manis memberi reputasi
2 0
2
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 12:04
Quote:Original Posted By rony25
penting amat si KadRun gitu loe bikin trit njirrr emoticon-Blue Guy Bata (L)
Gw liat mukanya aja udah muak


kalem gan, ane cuma mengangkat marganya saja. biar tercerahkan juga semuanya



Quote:Original Posted By nawreem
keren ente gan 🍻🙏🏽


semoga bisa nambah wawasan gan emoticon-Nyepi


Quote:Original Posted By djinggo88
Mungkinkah karena fakta sejarah ini juga makanya orang macam prof quraish shihab gak mau memakai gelar habib / dia pernah menjual klo dia keturunan nabi

emoticon-Bingung



beliau pernah berujar bahwa ilmunya belum cukup gan, dan habib itu tanggung jawabnya berat



Quote:Original Posted By saya.kira
Kalo ini yang berkarier di sepakbola

Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)



sempat main di MU ya gan emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By ayahbapak
SMITHy Werben Jagger Man Jensen

hmmmm.......


si nomor 1 emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By reyzaburriel
Smith artinya pandai besi bukan emoticon-Hammer2


kurang tahu ane kalo hal ini gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By qoni77
Ane sependapat dengan kalau iman itu nggak bisa diturunkan. baca sejarah part 2 ini mayan menbuka mata ane Gan
makasih yans mau berbagi.

mungkin sebaik kita jangan menghujat gitu saja sih takut malah jadinya suuladab


khususnya buat muslim, ane ingin mengajak agar tidak salah dalam memilih panutan gan emoticon-Salaman



Quote:Original Posted By guruganteng
Istilah Habib baru tenar semasa pilpres dan itupun cuma di area jakarta, kalau di luar jakarta Habib atau Abib biasa buat panggilan Kakek, Di jawa timur para sayyid biasa di panggil Iyek, seperti Ahmad Albar walaupun bandel dia sehari hari di panggil iyek..Habib itu cuma gelar sosial yang sedang trend saat politik saja. Di indonesia ada tiga kubu, Habib yang beraliran syiah, habib yang aliran ahlussunnah dan aliran Wahabib alias Wahabi Habib nah ini yang biang kerok 😂


termasuk yang di NK dan mengadu nasib ditanah leluhur itu gan emoticon-Ngacir
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 12:12
Quote:Original Posted By garorica
Hadramaut sendiri dulu adalah sebuah lembah yang cukup subur di negeri Yaman, walau subur tetap saja negerinya termasuk miskin. Kering kerontang, dan tidak ada apa-apa. 
☝️
ini begimana ini maksudnya? cukup subur, tapi kering kerontang dan tidak ada apa2?! jadi suburnya itu dari mana datangnya???


yang subur hanya di lembah hadramauatnya saja gan, secara keseluruhan pada zaman dulu. negaranya tetap kering kerontang




Quote:Original Posted By bintangfairing
nice triit bree emoticon-Shakehand2


Quote:Original Posted By bank22
mantap gan...tread nya


Quote:Original Posted By dieq41
widih sampe ada part 2nya, dikupas tuntas sejarahnya..


sama2 gan, semiga bisa nambah wawasan emoticon-Salaman




Quote:Original Posted By nowbitool
Akulturasi budaya emang bentuk dakwah yg efektif...

Sebenarnya ada yg menarik dari orang-orang buangan Pangeran Dipenogoro terutama yg di Afsel tapi karena w bukan manusia tekun, males risetnya kecil-kecilannya


sampe afsel juga ternyata ya gan ?




Quote:Original Posted By masmastampan
Yaelah...rajin amat ngaku2 keturunan nabi.
Gw loh...turunan nabi Adam aja anteng2 aja. Ganteng dari lahir, selow, kalem...mengemban misi rahasia dari kitab suci untuk jadi khalifah di bumi. Biar sudah jadi khalifah, tp gw tetep rendah hati...


orang yang pikirannya sempit pasti gampang percaya sama habib abal2 gan, tapi yang pikirannya luas lebih bisa memfilter emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By misteryap
Marga smith yakkk.. baru tau kalo ada marga bgitu hmmmm



ada gan, aslinta sumayth. tapi khusus Indonesia namanya jadi Smith


Quote:Original Posted By iau
Bagus ini penjelasannya. Ilmu ane semakin nambah. Sekarang jelas, si bahar itu siapa. Bukan Habib. Tapi sayyid. Ga tega juga gua, rasul gua yg gua cintai punya garis keturunan yang ngaku habib kek dia. Malu


idem gan, habib itu istimewa. khususnya secara ilmu agama, Quraish Shihab yang diakui ilmunya saja, gak mau pake gelar habib.

semoga umat muslim bisa sadar memilih panutan yang tepat emoticon-Salaman




Quote:Original Posted By eckosz
Adam Smith,Will Smith, Alan Smith, Willow Smith, Zain bin Smith, Sam Smith, Smith & Wesson, Bahar Smith, Smithsonian



Smith sedunia


Smith everywhere :ulthahore
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)
16-06-2020 12:23
Quote:Original Posted By Mr.TunaKarya
mau habib, ustad, smith, haji atau apalah
perasaan ane, itu ngak terlalu penting buat sekarang
balik kehatinya masing" emoticon-Cool


betul, karena masuk surga bukan dilihat dari pangkatnya. tapi amal ibadahnya gan emoticon-Salaman




Quote:Original Posted By aliensia
oalah pantes, ane rada asing masa iya silsilah keturunan nabi, ada smith yg namanya usah jelas orang eropa, taunya penyerapan doang biar lidah indo gk keseleo emoticon-Hammer2.


tapi ya bener memang yg kalo mereka ada keturunan nabi sifatnya gk bakal sama karena faktor pergaulan dan siapa yg jadi guru mereka.


Aseggaf marga juga rupanya emoticon-Hammer temen gw ada 1 biji emoticon-Leh Uga


ngaku habib juga gak tuh gan temennya ?, kalo ngaku habib juga langsung tabokin aja emoticon-Hammer (S)



Quote:Original Posted By apaadanya2000
meragukan jika melihat dari silsilah marga smith didunia ini, hanya test dna yang bisa memastikan


tapi rekam jejaknya ada gan, tapi tes dna sulit. cukup tahu asaja klao menurut ane emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By extreme78
akibat dari ingin mempertahankan silsilah keturunan Baginda Rasul oleh sekelompok orang akhirnya malah jadi bumerang bagi agama islam itu sendiri.
Dan sekelompok orang ini tidak perduli dengan efek dominonya.
Padahal berkaca dari riwayat Baginda rasul sendiri bahwasannya Baginda Rasul melarang orang2 melukis wajahnya karena di takutkan umatnya akan menyembahnya bukan lagi kepada Allah.
Dan ini terbukti di indonesia.
Para yg katanya keturunan itu ada sebagian menjual nama Baginda Rasul dan mereka di puja2 layaknya manusia suci dan slalu benar oleh sebagian umat islam.
Mau tuh keturunan melakukan hal2 buruk pun mereka anggap itu benar.
Mereka secara tidak sadar mulai menuhankan golongan penjual nasab Baginda Rasul.
Tapi biarlah toh mereka sendiri yg musyrik dan tanpa sadar masuk di perangkap iblis.
Iblis itu musuh sempurna bagi manusia.
Sehebat apapun seorang tokoh agama jaman sekarang tidak mampu menjadi pahlawan yg sempurna bagi agamanya.
Karena iblis hidup ribuan tahun dan manusia hanya bisa hidup puluhan tahun.
Dari segi pengalaman hidup di dunia jelas iblislah pemenangnya.
Makanya agama islam sendiri melarang umatnya tuk takabur dan sombong.
Rendah hati dan sabar merupakan alat pertahanan paling konsisten melawan godaan dan tipu daya iblis.emoticon-Cool


mantap kali ulasannya gan emoticon-Nyepi
cocok buat kondisi Indonesia saat ini, semoga yang belum ketularan fanatik tetap bisa sabar dan remdah hati emoticon-Salaman




Quote:Original Posted By obbieok
Wahai Fatimah puteri Muhammad, mintalah padaku apa yang engkau mau dari hartaku, sesungguhnya aku tidak dapat menolongmu sedikit pun dari Allah.” (HR. Bukhari no. 2753 dan Muslim no. 206).

Kesimpulannya; gak ada jaminan bahwa habib atau keturunan Rasulullah pasti baik atau pasti masuk surga. Rasulullah SAW aja gak bisa menjamin putrinya sendiri apalagi keturunan2 dibawahnya yang ga jelas perilakunya bahkan mengaku2 keturunan Nabi demi kepentingannya sendiri.


itu yang gak bisa dimengerti umat Islam disini gan, masuk surga bukan karena keturunan atau ikut habib. tapi balik ke perbuatan dan amal baik masing2


Quote:Original Posted By blowjobsky
Bahar Smith berguru ama Rijik, pantes aja kelakuan nya sama. Sama2 biang kerok
emoticon-Leh Uga

Ane cuma mengagumi ulama ini, reputasi keilmuannya sudah diakui dunia. Tutur katanya adem membawa damai. Walaupun dr arab tapi gak pernah ngaku2 keturunan Rasul apalagi pake gelar habib
Menelusuri Rekam Jejak Marga Smith di Indonesia (Part 2, END.)


ini nih yang harusnya jadi panutan emoticon-Salaman



Quote:Original Posted By akumidtorc
keturunan Ali


betul, karena nasabnya sudah jatuh ke anak laki2 yang menikahi anak perempuan dari Nabi Muhammad


Quote:Original Posted By QueenQindy
begini ane mau nambahin. penduduk turunan yaman di indoneaia skrg terbagi menjadi 2 golongan habib dan masayeh. masayeh adalah penduduk asli yaman.termasuk ane pun masayeh.
yg percaya habib turunan rosulullah adalah hanya golongan habib tersebut dan org2 indonesia. tetapi golongan masayeh masih tetap tidak mengakui bahwasanya habib adalah turunan rosul.


karena hal ini ya gan,

Rasullulah tidak punya anak laki laki yang masih hidup sampai dewasa dan menikah lalu punya keturunan.
Semua anak Rasullulah adalah perempuan. Yang mempunyai keturunan selanjutnya ya dari anak perempuan Rasullulah.
Berarti nasab sudah jatuh kepada laki laki yang menikah dengan anak perempuan Rasullah. BUKAN NASAB DARI RASULLULAH. 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia