News
Batal
KATEGORI
link has been copied
84
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee7475609b5ca3be7759460/alamak-pln-rugi-rp-38-t-di-kuartal-i-2020
Jakarta, CNBC Indonesia - PT PLN (Persero) merilis laporan keuangannya untuk kinerja kuartal I-2020. Dari laporan keuangan tersebut diketahui PLN merugi hingga Rp 38,8 triliun di tiga bulan pertama tahun ini. Ini berbanding terbalik dengan kondisi kinerja periode serupa tahun lalu, di mana PLN bisa raup laba hingga Rp 4,15 triliun. Dalam laporan keuangan perseroan yang dipublikasi di laman keterbu
Lapor Hansip
15-06-2020 17:03

Alamak! PLN Rugi Rp 38 T di Kuartal I-2020

Alamak! PLN Rugi Rp 38 T di Kuartal I-2020


Quote:
Jakarta, CNBC Indonesia - PT PLN (Persero) merilis laporan keuangannya untuk kinerja kuartal I-2020. Dari laporan keuangan tersebut diketahui PLN merugi hingga Rp 38,8 triliun di tiga bulan pertama tahun ini.

Ini berbanding terbalik dengan kondisi kinerja periode serupa tahun lalu, di mana PLN bisa raup laba hingga Rp 4,15 triliun.

Dalam laporan keuangan perseroan yang dipublikasi di laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, perseroan masih membukukan kenaikan pendapatan sebesar 5,5% menjadi Rp 72,7 triliun dari sebelumnya Rp 68,91 triliun.

Pendapatan perusahaan setrum negara yang dipimpin Zulkifli Zaini, paling besar dikontribusi dari penjualan listrik Rp 70,2 triliun. Akan tetapi, beban usaha perseroan pada tiga bulan pertama tahun ini naik 7% menjadi Rp 78,79 triliun dari periode yang sama di tahun sebelumnya Rp 73,63 triliun.

Salah satu penyokong kenaikan beban usaha adalah pembelian tenaga listrik yang meningkat, dari Rp 19,95 triliun menjadi Rp 25,83 triliun.

Di kuartal pertama ini, PLN juga mendapat suntikan subsidi dari pemerintah Rp 12,8 triliun. Tapi subsidi ini masih tak bisa menyelamatkan keuangan PLN dari rugi kurs yang meroket signifikan di kuartal pertama, yakni sampai sebesar Rp 51,9 triliun.


Sumber
https://www.cnbcindonesia.com/market...kuartal-i-2020

Rugi Rp 38 T
Diubah oleh juraganind0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alisson.13 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 4
Alamak! PLN Rugi Rp 38 T di Kuartal I-2020
15-06-2020 20:27
Sya sih g pham,knpa pln bsa rugi.bdhal kbnykan tgihan pda naik.klau rugi dlam 3 blan ini.mngkin dkrnakan corona.krna 450 watt gratis.dan yg 900 watt yg r1m dpat subsidi 50%.
0 0
0
Alamak! PLN Rugi Rp 38 T di Kuartal I-2020
15-06-2020 20:29
Perusahaan monopoli, keuntungan monopoli juga untuk pejabatnya emoticon-Ngakak
0 0
0
Alamak! PLN Rugi Rp 38 T di Kuartal I-2020
15-06-2020 20:46
Yg untung IPP. Kalo ga rugi ga dapet suntikan kaya temen2nyaemoticon-Ngacir
0 0
0
Alamak! PLN Rugi Rp 38 T di Kuartal I-2020
15-06-2020 22:14
Perusahaan sdh monopoli merugi???
Pembelian listrik 3 bulan pertama naik berarti ada peningkatan pemakaian.
Berarti beli diharga berapa???
Sepertinya tiap kali berita harga listrik swasta lebih murah daripada harga jual PLN ke konsumen.
0 0
0
Alamak! PLN Rugi Rp 38 T di Kuartal I-2020
15-06-2020 23:42
Quote:Original Posted By ikardus
Namanya juga wabah, semua negara rugi ratusan ribu triliun..

Yg pln sepertinya kerugian yang belum terjadi kayaknya itu. Masih kerugian sementara yg mmg harus dicatat di pembukuan. kan utang jatuh tempo nya blon kejadian. emg nya bayar utang+bunga ke si pemberi utang tiap bulan? kan ga juga. Biasanya per 6bln atau per tahun bayarnya sesuai dengan kurs dollar yg disepakati kedua pihak.

Lah dollar nya cuma melonjak tajam kemaren april doang tembus 16.500 semingguan, abis itu turun drastis..

Mei udah 14.500
Juni 13.800

media nya kok bias tidak jelasin utang jatuh tempo yg belom dibayarkan karna utangnya memang belom menunggak..

Kalau pun iya,
Semua negara juga koit, liat tuh boeing yg diguyur ribuan triliun karna memang harus di srlamatkan amrik karna itu perusahaan bumn mereka yg paling vital. Ngerti ts?


Nih beritanya

"Urusan PLN itu karena ada rupiah yang melemah, sehingga ada yang dikatakan unrealized loss. Ini karena PLN punya kewajiban membayar dengan dolar AS," kata Rini di Gedung Ditjen Pajak, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Unrealized loss adalah kerugian yang belum terealisasi, jadi kerugian terjadi di pembukuan. Bukan kerugian riil yang terjadi pada usaha.

Baca juga: Bos PLN Buka Suara soal Kerugian Rp 18 Triliun


Dia menambahkan selama ini PLN sering kali kontrak dengan independent power producer (IPP) dan menggunakan dolar AS untuk transaksi pembayaran.

"Kalau sekarang saya bayar memang akan segini (rugi), tetapi sekarang belum ada yang dibayar jadi belum realize. Keadaan PLN itu sehat secara cashflow, kan kalau perusahaan yang penting bagaimana cashflow-nya. PLN itu sangat sehat," jelas dia.

PLN mengantongi pendapatan usaha Rp 200,9 triliun. Angka itu naik 6,9% dari pendapatan usaha di kuartal III-2017 sebesar Rp 187,88 triliun.

Namun jumlah beban usaha perusahaan naik dari Rp 200,3 triliun menjadi Rp 224 triliun. Beban paling besar adalah beban bahan bakar dan pelumas yang naik cukup tinggi yakni dari Rp 85,28 triliun menjadi Rp 101,87 triliun.

Baca juga: PLN Catat Rugi Rp 18 Triliun


Hal itu membuat rugi usaha sebelum subsidi naik dari Rp 12,42 triliun menjadi Rp 23 triliun. Sementara ditambah subsidi pemerintah naik tipis dari Rp 36,19 triliun menjadi Rp 39,77 triliun.

Sehingga laba setelah subsidi anjlok cukup parah dari Rp 23,76 triliun menjadi Rp 16,69 triliun. Beban keuangan perseroan juga bertambah dari Rp 14,78 menjadi Rp 16,18 triliun.

(kil/ara)

https://m.detik.com/finance/energi/d...-rp-18-triliun


Sukurin PLN rugi..
0 0
0
Alamak! PLN Rugi Rp 38 T di Kuartal I-2020
15-06-2020 23:52
Rugi terooooooos. Kapan meroketnya?
0 0
0
Alamak! PLN Rugi Rp 38 T di Kuartal I-2020
16-06-2020 07:27
Jualan listrik atau pemain forex?
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia