dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Merawat Motor Bercat Doff, Begini Caranya!

ilustrasi: youtube.com

Assalamualaikum, Gansis!

Agan Sista punya kendaraan, motor atau malah mobil, coba perhatikan catnya! Apa metalik kinclong atau cat dengan jenis warna doff.

Memang saat ini lagi trend kendaraan dengan warna doff, katanya terlihat lebih gagah, bener, nggak, Gan? Agar motor/mobil selalu tampil menawan tentunya ada perawatan yang harus dilakukan. Selain dicuci, motor atau perlu polesan agar tampak bersih maksimal. Namun ternyata, hal itu tidak berlaku untuk kendaraan berwarna doff.

Perawatan dan penampilan setiap kendaraan(: motor ) berbeda-beda, termasuk yang berwarna doff atau biasa disebut dop. Motor dengan cat doff ini akan lebih cepat memudar dan kusam jika sering terkena sinar matahari langsung. Maka dari itu, pemilik motor ini sebaiknya memperhatikan lokasi dan tempat parkir. Selain itu, motor jenis ini tidak diperbolehkan menggunakan sabun yang mengandung detergen saat dicuci.

Karena, cat jenis doff ini memiliki tingkat kepudaran lebih cepat bila dibandingkan dengan cat jenis lain, metalik. Karena juga, di dalam detergen ada sifat asam yang membuat cepat mengusamkan motor gansis.


ilustrasi: semarmotoblog.com

Maka dari itu, pemilik kendaraan harus melakukan perawatan yang cukup ekstra agar performa bodi motor tetap cetar maksimal. Cat jenis doff tidak dilapisi vernis sehingga tidak tampak mengkilap. Apabila Gansis salah dalam pemakaian bahan poles, cat akan menjadi halus dan tidak terlihat doff. Untuk itu ada beberapa hal yang Agan Sista perlu diperhatikan:

1. Pemilihan Polesan

Seperti disebut di atas, polesan untuk cat doff dianjurkan memakai yang berjenis water based (bahan dasar air), jangan memilih oil based (berbahan minyak).

2. Pemakaian sabun cuci dengan PH netral.


Untuk pencucian motor, gunakan dengan sabun yang memiliki Ph netral. Sabun khusus untuk kendaraan, jangan pakai sunlight ya, Gan!

Semoga motor atau mobil agan yang berwarna doff semakin tampil menawan dan tak membuat agan sista nge-drop malah semakin top. Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat.
Wassalamu 'alaikumsalam wr.wb.

Sumber tulisan: opini pribadi, referensi dr skm 'Kedaulatan Rakyat'
betiatina
nona212
tien212700
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.4K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2
icon
19.1KThread8.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.