Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
127
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee16eb45cf6c410d655d3f1/iri-melihat-keluarga-lain-harmonis-ini-5-kunci-mewujudkan-keluarga-harmonis
banyak di antara kita yang kadang cemburu alias iri melihat keharmonisan sebuah keluarga. Sedangkan misal keluarga kita sendiri selalu huru-hara, bertengkar tiada henti, seakan neraka dunia tersaji sehari-hari. Jangan hanya iri. Kita bisa mewujudkan keharmonisan itu step by step.
Lapor Hansip
11-06-2020 06:37

Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kunci Keluarga Harmonis

Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis

Keluarga bahagia atau harmonis adalah idaman semua orang. Karena, dari situlah lahir ketentraman dan kasih sayang alias mawaddah warohmah. Seringkali kita mendengar doa itu ketika ada pasangan pengantin baru saja melakukan ijab kabul.


Quote:Keluarga harmonis secara harfiah bermakna suatu keluarga yang anggotanya memiliki penghayatan perasaan yang mencerminkan kondisi psikologis positif dan konstruktif


Antara keharmonisan dan kebahagiaan selalu terkait erat. Keluarga yang harmonis berlimpah cinta dan kasih sayang. Cinta yang tulus sebagai landasan utama mewujudkan keluarga yang melahirkan kehangatan emosional, memelihara diri dan kehormatan.

Agan, Sista. Selamat datang di trit terbaru ane, banyak di antara kita yang kadang cemburu alias iri melihat keharmonisan sebuah keluarga. Sedangkan misal keluarga kita sendiri selalu huru-hara, bertengkar tiada henti, seakan neraka dunia tersaji sehari-hari. Jangan hanya iri. Kita bisa mewujudkan keharmonisan itu step by step.

Bagaimana caranya?
Yuk, kita simak penjelasan berikut!


Mewujudkan Keluarga Harmonis

Pertama

Landasan Ketauhidan Keluarga


Fondasi utama dalam keluarga adalah agama. Bagaimana keluarga bisa diwujudkan dengan kualitas keimanan dan ketakwaan dari para anggotanya. Jangan lupa untuk selalu beribadah dan berdoa, mensyukuri rizki dan keadaan yang kita terima. Jangan memandang ke atas karena itu hanya akan membuat kita bergejolak. Sekecil apapun rahmat-Nya. Jika kita bersyukur maka segalanya akan terasa cukup. Gembleng anak-anak dengan kebiasaan beribadah yang baik sejak dini. Niscaya akan kokoh keimanan mereka hingga tua kelak.


Kedua

Penyesuaian Diri Dalam Pernikahan


Pernikahan memang merupakan fase perubahan individu menjadi sebuah kelompok, sudah tentu terjadi perubahan besar yang dihadapi pasangan ketika memulai kehidupan baru ini. Apa saja penyesuaian dalam pernikahan:

1. Penyesuaian dengan pasangan
2. Penyesuaian seksual
3. Penyesuaian keuangan atau Finansial
4. Hubungan antara menantu dan mertua
5. Perubahan kehidupan dengan orang tua
6. Kemungkinan terhadap hidup menyendiri pasca pasangan meninggal

Keberhasilan dalam pengelolaan semua hal di atas adalah kunci mewujudkan keluarga harmonis.


Ketiga

Suasana Hubungan Intern dan Antarkeluarga

Setiap anggota keluarga harus saling memiliki dan bersatu dalam wadah kasih sayang. Mereka juga mendapat hak azasi yang dipenuhi dengan rasa tanggung jawab. Kuncinya membangun komunikasi yang efektif, sehingga masalah apapun yang terjadi bisa diselesaikan tanpa kekerasan.


Keempat

Kesejahteraan Ekonomi

Keluarga harmonis dapat terwujud dengan kemandirian dalam memenuhi kebutuhan ekonomi. Kuncinya, tentu saja kepala keluarga dan anggota memiliki semangat dalam bekerja, sekecil apapun pendapatan jika dikelola dengan baik maka akan terwujud kesejahteraan. Caranya dengan melakukan perencanaan yang terorganisisir. Contohnya menabung untuk pendidikan anak. Melakukan pencatatan prioritas dalam belanja. Jangan sampai menghamburkan uang untuk hal yang tidak penting.


Kelima

Pendidikan dalam Keluarga

Keluarga adalah lembaga pendidikan pertama bagi anak. Kualitas sumber daya manusia yang harus kita persiapkan dengan baik melalui pendidikan moral dan agama yang kuat. Ibu sangat berperan penting dalam hal ini. Sebagaimana peribahasa ibu adalah madrasah pertama untuk anaknya.

Mendidik dengan kasih sayang bukan berarti memanjakan anak. Menyayangi dalam koridor yang tepat. Jalin komunikasi yang kuat niscaya anak akan berhasil dan selalu menyayangi orang tuanya.


Nah, Agan, Sista. Semoga kita bisa menerapkan langkah demi langkah di atas dalam keluarga kita. Keluarga harmonis bukan tanpa masalah. Masalah akan selalu ada sebagai ujian untuk kita. Tapi masalah bukan untuk dijadikan alasan kita untuk terpuruk atau menghancurkan hubungan dalam keluarga.

Terima kasih sudah singgah di trit ane. Jangan lupa cendol dan rate-nya.

emoticon-Cendol Gan
emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Sumber: Opini pribadi berdasarkan Buku Bina Keluarga Karya: Prof. Dr. H. Mohamad Surya

Referensi gambar:
di sini

Penjuru Selatan Cianjur,
11 Juni 2020
Diubah oleh zatilmutie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 46 lainnya memberi reputasi
45
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
14-06-2020 21:03
IRI BILANG BOSS
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
14-06-2020 21:03
Seharusnya foto ilustrasinya pake foto keluarga Raul Lemes gan emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
14-06-2020 23:00
yg sulit adalah ikhlas meluruskan niat

satu lagi gan, jauhi sosmed yg isinya foto2 selfi keluarga. kalo gak mampu, uninstall instagram, fb nya.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
15-06-2020 01:13
ya masalah akan selalu ada ya sis dalam setiap kehidupan di rumah tangga dan dari situ akan belajar bagaimana cara menangani masalah yang terjadi sehingga bisa naik terus tahapan untuk bisa mewujudkan keluarga yang harmonis ya
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
15-06-2020 09:02
nice info gan, lumayan buat bekal ane
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
15-06-2020 10:06
Masih berusaha untuk mewujudkan ini. Masih terpentok di waktu. Pengen punya waktu luang lebih banyak untuk anak2, apa daya masih harus kerja dua2nya emoticon-Toast Semangat semua
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
15-06-2020 10:32
walaupun sederhana tetap harmonis komitmen bersama pasangan
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
15-06-2020 11:29
Ane sih ga muluk2 menjalani bahtera rumah tangga, ga pake teori begini dan begitu.. jangankan iri melihat keharmonisan rumah tangga orang lain, rumah tangga sendiri aja ga tau harmonis ato ngga. Kadang saling ejek, kadang saling memuji. Ke depanpun akan terjadi lagi kadang ribut lagi, rukun lagi begitu terus sampai hapal.. 😁
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
15-06-2020 18:27
tahan, jangan iri
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
15-06-2020 22:15
Saling mengerti dan menghargai untuk meraih kehidupan yang harmonis.
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
15-06-2020 23:03
Bukan iri... harusnya jd contoh yeee kn heheheh
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
16-06-2020 19:57
Dan penting juga kejujuran dalam keluarga
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
17-06-2020 11:53
Quote:Original Posted By zatilmutie
emoticon-Menang


wakakaka.
pokoknya ga ada hidup yang tanpa masalah.
cuma pegadaian yang bisa mengatasi masalah tanpa masalah.
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
21-06-2020 07:47
Quote:Original Posted By zatilmutie
mari mampir gan sis🥰


Quote:Original Posted By husnamutia
setuju banget sama point ini deh


Quote:Original Posted By Enisutri
kadang sudah usaha mati matian tapi kalo memang takdirnya harus jauh dari harmonis mau gimna lagi, eeh kok 😅


Quote:Original Posted By uliyatis
Menciptakan keluarga yang harmonis bisa dimulai dari saling mengerti dan menghargai, kemudian menuruti semua kespakatan yang sudah dibikin.


Quote:Original Posted By kudanil.la
pendidikan keluarga tu tricky sihhh, musti pinter2 banget ngaturnyaaa apalagi kl banyak anggota keluarganye


Quote:Original Posted By masnukho
nice info nih GanSis


Quote:Original Posted By ummusaliha
makasih banyak ya infonya sista, membantu banget


Ketauhidan keluarga paling penting emang.
profile-picture
profile-picture
zatilmutie dan husnamutia memberi reputasi
2 0
2
Iri Melihat Keluarga Lain Harmonis, Ini 5 Kunci Mewujudkan Keluarga Harmonis
25-06-2020 11:34
kesabaran dan ketakwaan seorang ibu, itu kuncinya gan

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia