panjhie_JrAvatar border
TS
panjhie_Jr
Mitos Atau Fakta? Yogurt Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Maag



Maag adalah salah satu penyakit yang sangat umum terjadi di Indonesia. Maag merupakan gangguan pada lambung yang bisa menimbulkan rasa nyeri atau tak nyaman di bagian perut atas atau sekitar ulu hati. Penyebabnya bisa karena faktor gaya hidup yang kurang sehat, seperti merokok, minum alkohol, makan makanan pedas atau terlalu banyak mengkonsumsi kafein.

Karena itulah banyak penderita maag yang sengaja menghindari makanan atau minuman yang dipercaya bisa memicu penyakit maag, seperti makanan pedas, minuman bersoda atau sesuatu yang rasanya asam seperti yogurt. Yogurt memang memiliki rasa yang asam, tidak heran kalau banyak orang yang takut mengonsumsi minuman ini karena dianggap bisa memperparah sakit lambung yang diderita.

Padahal menurut beberapa ahli, yogurt ini malah baik loh bagi penderita maag. Karena yogurt diproses dengan cara fermentasi, kandungan bakteri asam laktat didalamnya justru bisa menenangkan lambung. Seseorang yang sedang merasakan sakit lambung, bisa merasa lebih nyaman setelah mengonsumsi yogurt.

Jadi, sebenarnya yogurt mengandung bakteri baik (probiotik) yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh melawan bakteri yang membahayakan. Bukan hanya itu, yogurt kaya bakteri baik ini juga dapat menenangkan perut untuk meredakan maag. Dengan konsumsi yogurt, waktu makanan berpindah ke dalam usus bisa meningkat lebih cepat lho.



mengonsumsi yogurt dalam waktu yang tepat akan membuat kamu mendapatkan manfaat terbaik yogurt. Mau tau kapan waktunya? Ini dia jawabannya:

1. Sebelum makan? Sebaiknya tidak

Alasannya, ketika kamu lapar, kadar asam pada lambung sedang tinggi. Jika kamu makan yogurt, asam laktat di dalam yogurt akan membunuh asam pada lambung, sehingga daya tahan tubuh akan menurun. Lebih baik baik makan buah apel 30 menit sebelum makan.

2. Saat makan? Boleh saja

Kamu bisa memasukkan yogurt ke dalam bahan makanan kamu, yang biasanya bersama nasi (seperti makanan India).

3. Setelah makan? Ya

Inilah waktu terbaik makan yogurt, yaitu 1-2 jam setelah makan. Pada saat ini, konsentrasi asam pada lambung mendukung berkembangnya asam laktat. Kamu bisa mendapatkan manfaat lebih jika mengonsumsi yogurt setelah makan malam. Kandungan casein pada yoghurt berguna untuk pertumbuhan otot.

4. Sebagai pengganti makan? Tidak

Jangan mengganti makan kamu dengan hanya semangkuk yogurt. Yogurt hanya sebentar mengenyangkan kamu. Akibatnya, kamu malah bisa mengonsumsi makanan berlebih.

Spoiler for :

Oh iya, kalian sebaiknya konsumsi yogurt yang original atau plain, dengan takaran 125 gram sudah sangat pas. Selain diminum kamu juga bisa campurkan yogurt plain dengan potongan buah atau bisa dijadikan smoothie bowl/jus buah.   Kalo aku selalu konsumsi yogurt plain dari Yummy Yofit karna selain aman dimakan oleh orang yang punya sakit maag seperti aku, Yummy Yofit juga dapat menormalkan komposisi bakteri saluran pencernaan setelah pengobatan antibiotic dan meningkatkan system kekebalan tubuh.  Jadi, kalo kalian mau coba Yummy Yofit bisa banget cek kesinisekarang juga, jangan sampai kehabisan yaaaa!

Nah, kalian yang punya sakit maag kaya aku jangan ragu lagi untuk konsumsi yogurt ya.  Jangan berlebihan juga mengonsumsi yogurt. Sehari cukup 2x, baiknya saat sarapan dan makan malam. Semoga bermanfaat!



Nah, kalian yang punya sakit maag kaya aku jangan ragu lagi untuk konsumsi yogurt ya. Jangan berlebihan juga mengonsumsi yogurt. Sehari cukup 2x, baiknya saat sarapan dan makan malam. Semoga bermanfaat!
Diubah oleh panjhie_Jr 14-06-2020 19:22
sunshii32
alva610
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.7K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy Lifestyle
icon
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.