satoushi888
TS
satoushi888
Pisau Bukan Sekedar Benda Tajam Namun Ada Seni dan Sejarah Dibaliknya
 

Indonesia adalah Negara yang memiliki jutaan budaya didalamnya, memiliki beraneka ragam kesenian maupun benda pusaka yang eksotis terlahir di negeri ini. Menjadi salah satu suku ataupun etnis manapun, merupakan anugerah dari Tuhan. Memiliki nilai-nilai dan kearifan budaya haruslah dijaga jangan sampai menjadi cerita orang tua saja, tapi itu adalah warisan yang terus menurun sampai garis akhir yang menandakan jati diri kita. Satu hal yang cukup menarik untuk GanSis pelajari adalah senjata pusaka tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Tentunya senjata tradisional berupa pisau, kampak, keris, dan belati kerap dianggap sebagai benda tajam yang berbahaya dan harus dihindari. Namun ada keindahan yang menarik dari benda-benda tersebut. Jika sudah menyenangi sesuatu maka pisau yang dianggap benda tajam itu bukan lagi menjadi barang yang bisa diletakkan di sembarang tempat melainkan disimpan secara hati-hati dan selalu dibersihkan.


 

Seperti komunitas Pisau Kaskus “ Saya mengkampanyekan satu hal, buat pisau ini adalah alat bukan senjata. Jadi kalau bahasa saya saya pribadi mari kita kembalikan yang sudah terjalin bahwa ini adalah sebagai alat bantu kerja manusia nya sudah ada zaman purbakala dulu. Nah, kalau misalkan ada yang bilang untuk berburu dulu mungkin orang namanya seperti dari tulang, dari batu, dari kayu, dari kulit bamboo, dan adapun yang berasal dari tulang-tulang. Aku pengen ngasih tahu ke masyarakat bahwa inilah ini sebenarnya alat bantu dan layak untuk dikoleksi,” Ungkap Aki pada acara hobby talks live kaskus.


 

Dengan menghargai sejarah dan kebudayaan tentunya komunitas ini banyak sekali mengoleksi senjata tradisional seperti Keris yang memiliki latar belakang sejarah yang panjang bagi masyarakat Jawa. Keris, di masa lalu itu dibuat dengan harapan, penuh nilai filsafat didalamnya, dan dalam keris Jawa mengandung banyak nilai-nilai dan ajaran moral.




 Belati tulang  asal Papua : sumber foto pribadi 

 

Belati tulang dari Papua yang bahan dasar pembuatan belati ini adalah tulang makhluk hidup asli. Ada yang terbuat dari tulang burung berukuran besar, konon ada pula yang terbuat dari tulang manusia. Dulu belati ini digunakan untuk berburu kini digunakan sebagai simbol kekuatan bagi para kepala suku.

 

Kurambiak Dari Sumatera Barat Senjata yang bernama karambit atau kurambiak ini pernah muncul dalam film Indonesia berjudul The Raid lho GanSis. Kurambiak ini berasal dari Sumatera Barat (Minangkabau).  Bentuknya yang unik layaknya cakar macan, namun oleh masyarakat Minangkabau sendiri benda ini digunakan untuk mencabut akar dan menanam padi. Eiiits! Kecil-kecil ini bisa menimbulkan luka yang cukup parah lho.


 

Nah itulah sisi lain dari pisau, yang biasanya GanSis taunya sebagai alat potong ternyata pisau itu beraneka ragam bentuk, jenis, maupun asalnya. Jadi bukan sekedar alat potong yang sering dijumpai di dapur saja melainkan ada sejarahnya. Buat GanSis yang penasaran sama keunikan pisau langsung aja cekidot Hobby Talks bareng Komunitas Pisau KASKUS hanya di Kaskus TV lho!


dhinyzfrnbejosegerwarasraliakbarrr
raliakbarrr dan 26 lainnya memberi reputasi
27
5.3K
38
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & Community
icon
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.