jhonseeAvatar border
TS
jhonsee
Tokopedia: Barang Di Komplaint, Merchantnya "Nakal" Buyer Yang Rugi.
Pada tanggal 1 juni saya chat terkait barang Iphone X 64 GB di merchant bernama “TOKO KELILING” , dari barang display yang di jual dan info yang di berikan barang tsb adalah barang baru dan garansi apple inter.


Kemudian saya melakukan transaksi dengan no inv INV/20200602/XX/VI/554909205 pembayaran dengan credit card Rp.11.217.882 dengan rincian harga HP Iphone X nya Rp.10.999.000, ongkos kirim Rp. 9.000, asuransi Rp. 44.100, biaya layanan CC Rp. 165.782 dan barang di kirim dengan jne 013790176348220 dengan sesuai alamat saya.
Setelah barang di terima tgl 3 juni 2020 saya mendapati bahwa barang yang di jual tidak sesuai dengan yang di iklankan, yang saya terima adalah barang CPO (refurbish namun garansi apple) dapat dilihat dari bentuk kotaknya dan saya melakukan komplain, dari chat sblm komplain saya membaca si merchant secara sengaja melakukan "kenakalan" ini
Spoiler for chat :


solusi yang default di set di system tokopedia adalah pengembalian barang ke seler dan dana di kembalikan ke limit cc saya hanya untuk nilai barang Rp.10.999.000 , tanpa mempertimbangkan aspek penyebab komplain sehingga biaya ongkir dan asuransi tidak di maksud kan di dalamnya.
Spoiler for komplain:


Komplain di lakukan dan merchant sudah tahu qualitas barang yang dia jual tidak sesuai iklan pun tidak berkilah dan menyetujui solusi tsb, dan di tanggal 4 pada saat saya akan kirim barang, merchant memutuskan menggunakan kurir pribadi dengan alasan akan di jual ke cust lain dan saya pun menyetujui nya, dan tim tokped menengahi dengan menjelaskan jika barang sudah terima seller maka dana akan di kembalikan ke saya dan setelah itu saya menerima notif di apps tokped saya :
Spoiler for notif:


Di sini saya bukan lega malah jadi bingung, total yang di debet CC Rp.11.217.882 kenapa yang di refund hanya Rp 11.163.985, lalu saya menguhubungi live chat cs tokoped di tgl 5 juni dengan no laporan ID: #19234303, namun saya di suruh tunggu oleh CS an Davis karena akan di proses investigasi, dan di tanggal 7 juni saya menerima refund sebesar Rp 11.163.985 sesuai info tokopedia di awal.

Spoiler for bukti refund cc:


Spoiler for notif:


Karena tidak ada respond saya menghubungi lagi CS tokped di tgl 8 juni CS an Adhi menginfokan selisih tsb adalah untuk biaya layanan CC, namun saya hitung kembali dan saya cek dari ketentuan tokped juga biaya layanan akan dikembalikan oleh tokped jika transaksi di batalkan.

Spoiler for cs mabok:

Spoiler for ketentuan:


Kemudian saya di minta tunggu kembali namun di tanggal 12 Juni komplain laporan ID: #19234303 di tutup secara sepihak oleh tokped
Spoiler for di tutup:

dan saya per tgl 13 juni meminta kejelasan nya dan di infokan bahwa selisih tsb adalah untuk mengcover pengiriman di awal proses pemesanan. Dan saya sangat keberatan dan kecewa dengan keseriusan cs tokped menangani masalah, kenapa pada saat komplain ongkir dan asuransi tidak di masukkan dalam pokok nilai komplain, yang ke dua dalam kasus ini tokopedia merugikan saya sbg customer dgn tidak memberikan punishment kepada merchant “nakal” tsb melainkan membiarkan saja.

Spoiler for cs mabok lagi?:


Untuk para pembaca sekalian mohon berhati-hati bertransaksi di tokped, power merchant badge tidak menjamin dan jika komplain kita harus meminta biaya ongkos kirim kita di ikutkan dalam refund. Karena tokopedia tidak mau tau jika customernya di rugikan.

UPDATE 1#
Spoiler for update :


UPDATE 2#
Spoiler for update2 :


UPDATE 3#
Spoiler for update 3:


UPDATE 4#
Baru dpt email dr tokped hari ini, kalau ada kredit ke cc gw buat refund nya ntr update lagi.
Spoiler for update:


LAST UPDATE
Selisih dana sudah kembali ke CC saya. Thanks Kaskus sudah jadi forum penampung yg kredibel
Spoiler for :
Diubah oleh jhonsee 18-06-2020 12:22
xinq
jonetgame
Arcade Fire
Arcade Fire dan 16 lainnya memberi reputasi
15
7K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat Pembaca
icon
13KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.