froye
TS
froye
Evolusi PlayStation dari PS1 hingga PS5
Quote:






Sonyakhirnya merilis desain dari Playsation 5 yang sudah banyak ditunggu oleh para penggemar game console.

Dengan rilis ini, artinya sudah ada lima home video game console PSX yang mereka rilis sejak pertama kali merilis PS1 pada tahun 1994 lalu.

Tentu terjadi banyak perubahan dari generasi awal game console ini hingga generasi terbaru.

So, mari kita sedikit membahas evolusi Playstation dari sang pionir PS1 hingga anggota baru PS5.


Quote:



PS1dirilis pada tahun 1994 di negara asalnya Jepang, lalu pada tahun 1995 PS1 mulai dikenalkan ke Amerika, Eropa, dan Australia.

Saat itu PS1 adalah generasi kelima dari sebuah game console dan sedang bersaing dengan Nintendo 64 dan juga Sega Saturn.

PS1 merupakan game console pertama yang terjual lebih dari 100 juta unit dengan total penjualan semenjak dirilis mencapai 102 juta unit, sebelum akhirnya PS1 tidak lagi diproduksi pada tahun 2006.

PS1 sendiri memiliki desain yang cukup menarik dengan menonjolkan tempat CD yang menjadi ciri khas dari PS1.

Seperti game console lainnya PS1 pun menggunakan dualstock controller, namun bisa dikatakan desain console dari PS1 ini adalah salah satu yang paling nyaman hingga saat ini untuk digunakan.

Spoiler for Controller dan Memory Card:


Salah satu hal unik dari game console  ini adalah munculnya memory card, yang bisa kita gunakan untuk menyimpan data permainan yang sedang kita mainkan.

Dengan memory card ini kita bisa melanjutkan permainan kita tanpa harus menggunakan PS1 yang sama, dimana pada saat itu ini adalah sesuatu yang cukup keren.

Bila kalian dulu adalah para penunggu “rental PS” tentu cukup akrab dengan memory card ini yang bisa kalian beli atau bisa juga kalian sewa atau pilihan terbaik bila tidak sanggup melakukan keduanya adalah meminjam dari teman hehe, sambil berharap temen kita tidak menghapus permainan kita. emoticon-Big Grin

Saya sendiri cukup akrab dengan PS1 dan termasuk yang beruntung karena sempat memiliki PS1 setelah menabung dari SD hingga SMP, haha.

Game favorite dari PS1 adalah Harvest Moon, Winning eleven, CTR, dan Smakcdown.


Quote:


PlayStation 2dirilis pada 4 Maret 2000, saat itu game console ini bersaing dengan Sega’s Dreamcast, Nitendo’s Game Cube, dan produk dari Microsoft, Xbox.

 PS2 merupakan best-selling video game consolesepanjang masa dengan penjualan hingga 155 juta unit, sebelum akhirnya berhenti produksi pada tahun 2013.

Terdapat lebih dari 3800 judul game yang bisa kita mainkan dengan menggunakan game console PS2 ini.

PS2 memiliki desain yang cukup berbeda dengan pendahulunya PS1, tidak ada lagi tempat CD yang ditonjolkan, desain PS2 lebih simple secara visual namun terlihat berkelas sejak pertama rilis.

Selain menggunakan CD PS2 pun bisa menggunakan Hardisk untuk menyimpan game sehingga saat itu kita tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan game atau problem klasik “CD error” sehigga harus digosok minyak kayu putih dulu, hehe.

Untuk controller tidak terjadi perubahan secara desain namun, PS2 tidak lagi mengenal stick controller standar PS1 yang tidak memiliki kontrol analog.

Spoiler for Controller:


Bisa dikatakan perubahan dari PS1 ke PS2 ini memang cukup menarik karena menghasilkan graphic yang lebih realistis dibandingkan PS1, selain itu banyak game menarik yang dihasilkan oeh PS2 sehingga kepopuleran PS2 semakin tinggi.

Bermain PS2 di rental bisa dikatakan adalah aktivitas wajib saya ketika jaman SMP dan SMA haha.

Game favorite dari PS2 adalah GTA san andreas dan Pro Evolution Soccer.



Quote:


Untuk meneruskan sukses dari PS2, Sony merilis PlayStation 3pada 11 November 2006 di Jepang.

Saait itu PS3 harus beraing dengan Xbox 360 dan Nitendo’s Wii.

Untuk pertama kalinya Sony menggunakan Blu-ray Disc sebagai storage primary nya untuk mengurangi pembajakan.

PS3 bisa dikatakan tidak begitu mendapatkan respon positive seperti pendahulunya PS1 dan PS2. Kendati mendapatkan pujian dengan sistem Blu-ray nya namun harga yang tinggi dengan jumlah game yang terbatas membuat penjualan PS3 tidak begitu baik.

Total penjualan PS3 adalah sekitar 86 juta unit kalah dari pendahulunya PS1 dan PS2.

Secara desain PS3 sebetulnya terlihat berkelas ketika dirilis dengan warna silvernya, selain itu, PS3 memiliki perubahan signifikan pada controllernya.

Secara desain tidak terjadi perubahan besar tapi controller pada PS3 ini tidak lagi memerlukan kabel untuk terhubung ke game console-nya karena menggunakan teknologi wireless.

Spoiler for Controller:


Hal ini tentu menjadikan PS3 semakin terlihat berkelas, namun sepertinya kendala pada harga dan juga jumlah game yang minim memaksa banyak orang untuk berpikir dua kali sebelum membeli game console ini.

Saya sendiri tidak begitu akbrab dengan PS3, bisa dikatakan hanya beberapa kali saja bertemu di tempat rental hehe.

Game favorite PS3, the one and only Pro Evolution Soccer.



Quote:


Generasi kedelapan game console yang dikembangkan oleh Sonny ini dirilis pada tahun 2013 di Amerika.

PS4bersaing dengan Xbox one dan Nitendo’s Wii U and Switch.

PS4 berada pada posisi kedua sebagai best-selling home game consoledengan penjualan hingga 110 juta unit.

Kemampuan PS4 untuk dapat bermain secara streaming juga menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, PS4 mampu menampilkan 4K resolution yang memanjakan mata.

Desain PS4 sendiri lebih simpel dibandingkan PS3, bahkan bisa dikatakan cukup mirip dengan PS2.

Sedangkan controllernya tidak mengalami perubahan signifikan hanya terdapat perubahan pada desain untuk tombol start, share, dan juga touchpad untuk mengaktifkan bluetooth controller yang berada pada bagian tengah karena controller PS4 menggunakan sistem wireless seperti pada PS3.

Spoiler for Controller PS4:

Saya hanya pernah memainkan satu game saja untuk PS4 ini sama seperti PS3, the one and only Pro Evolution Soccer hehe.

PS4 bisa dikatakan kini cukup populer, beberapa teman saya pun memiliki game console ini dirumah mereka dan disitulah saya mengenal PS4. emoticon-Big Grin



Quote:


Sony baru saja merilis desain dari Playstation 5sebagai penerus dari PS4.

Desainnya terlihat mewah dengan dominasi warna putih.

Spoiler for Video rilis PS5:

Pada bagian controller kembali warna putih menjadi warna yang dominan, secara desain tidak terjadi perubahan signifikan dibandingkan controller pada PS4, namun pilihan warna membuat controller ini lebih terlihat berkelas.

PS5 pun menyediakan media remote, charging station untuk controller, HD camera, dan wireless headset agar kita semakin nyaman dalam bermain game.

Spoiler for PS5:


PS5 menjanjikan kecepatan terbaik dalam bermain game dan Sony pun sudah menyiapkan beberapa game yang menjadi pilihan untuk dimainkan seperti Marvel's Spider-Man: Miles Morales, Horizon Forbidden West, hingga Gran Turismo 7.

Spoiler for Game PS5:


Namun PS5 baru akan dijual kepasaran pada akhir 2020 ini.

Jadi bagi kalian yang berminat beli harus bersabar dulu, atau bagi kalian yang ingin beli tapi belum cukup uang lebih baik nabung dulu dari sekarang emoticon-Big Grin.

****



Well, demikin evolusi dari PlayStation One hingga PlayStation Five. Mana favorite kalian ? emoticon-Cool
 
 


Spoiler for Referensi:




Diubah oleh froye 16-06-2020 15:45
iqbalawaleriksadzulizhar
dzulizhar dan 25 lainnya memberi reputasi
24
7.2K
145
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.