• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Seberapa Besar Efek Semangka Dan Susu Cokelat Untuk Olahragawan?

FootballStoryAvatar border
TS
FootballStory
Seberapa Besar Efek Semangka Dan Susu Cokelat Untuk Olahragawan?

Ente termasuk dalam tim inti dalam klub olahraga? atau sekedar hobi bertanding? mungkin sudah saatnya anda menjadikan semangka sebagai buah yang rutin untuk dikonsumsi. Fakta memang berkata benar bahwa mengonsumsi semangka dalam jumlah berlebihan memiliki efek yang merepotkan, namun semua yang berlebihan adalah tidak baik bukan? menilik dari kandungan yang ada dalam semangka, konsumsi semangka dalam jumlah yang sewajarnya saya rasa salah untuk dilewatkan begitu saja. Secara dominan sekiranya pada angka 92%, kandungan semangka adalah air. Dengan presentase kandungan air yang cukup besar, semangka dapat nembantu memenuhi cairan tubuh namun bukan berarti harus melupakan air putih. Untuk pemain sepakbola, minimal harus mengonsumsi cairan sebanyak 2-2,5 liter per harinya.

Bukan hanya kandungan air yang sangat mendominasi, dilansir dari laman Journal of Agricultural Food and Chemistry. Disebutkan bahwa minum jus semangka sebelum dimulainya latihan berat (TC atau semacamnya) mampu menurunkan denyut jantung alias jantung si atlet agar tidak terlalu bekerja keras yang pastinya mengganggu jalannya latihan, dan juga menimilisir rasa sakit pada otot setelah berlatih (pegal²). Alasannya, semangka mengandung asam amino berjenis L-citrulline.

Didalam tubuh manusia, L-citrulline diubah menjadi L-arginine, asam amino yang terkenal memiliki dampak besar terhadap kesehatan kardiovaskuler (sistem peredaran darah). L-arginine mampu melenturkan struktur aliran darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Dengan lancarnya aliran darah, maka dapat mencukupi jatah oksigen untuk otot. Jika kebutuhan otot akan oksigen tercukupi maka penumpukan asam laktat perlahan akan mengikis, asam laktat sendiri adalah sebagai salah satu faktor penyebab kelelahan pada otot dan menimbulkan rasa pegal. Semakin mengikisnya tumpukan asam laktat, maka otot semakin tidak mudah lelah dan rasa pegal tidak se-luar biasa yang dirasakan.

Otot yang tidak mudah lelah berarti memiliki ketahanan yang cukup (harus diimbangi latihan ketahanan otot dan jantung). Meningkatnya ketahanan otot seseorang, berarti beban pada jantungnya juga akan berkurang. Secara simpel, seperti itulah efek semangka pada kesehatan jantung dan meminimalisir rasa sakit otot pasca latihan. Untuk hasil yang lebih baik, konsumsi semangka potong atau jus semangka satu jam sebelum latihan atau pertandingan. Takaran ideal untuk jus semangka adalah 500 ml, untuk semangka potong bisa dikira² jangan terlalu besar, satu potong yang dijual abang² tukang rujak terbilang cukup.

10 ons semangka mampu mencukupi ⅓ kebutuhan vitamin A dan C untuk harian, namun perlu diingat semangka memiliki kandungan kalori yang rendah. Artinya, semangka tentu tidak bisa menjadi sumber energi utama dalam berolahraga dan juga konsumsi semangka dalam jumlah banyak demi memenuhi kebutuhan kalori bukan opsi yang tepat mengingat presentasi kandungan air yang sangat mendominasi membuat semangka menjadi diuretik (zat perangsang produksi urine) alami, yang tentunya akan mengganggu saat bertanding atau berlatih untuk ingin bolak balik toilet, hal tersebut tidak buruk namun merepotkan emoticon-Smilie.

Seperti tertanam pada judul, yang kita bahas tentunya bukan hanya semangka. Susu cokelat yang selama ini kalah saing dengan susu putih ternyata memiliki efek yang tak kalah penting untuk para olahragawan.

Setelah latihan dan bertanding, para olahragawan tentu memerlukan waktu dan konsumsi yang tepat untuk recovery (pemulihan) otot² mereka. Selain istirahat yang cukup, tidak ada salahnya ditemani dengan nutrisi yang tepat. Tak hanya olahragawan, kita yang memiliki rutinitas seperti pergi bekerja, sekolah, lelahnya aktivitas kampus, atau menjadi ibu rumah tangga pastinya butuh asupan nutrisi yang tepat untuk recovery tubuh. Jangan sampai diri kita sakit karena kelalaian diri kita sendiri.

Satu minuman yang paling cocok untuk minuman pemulih (recovery drink) ialah susu cokelat. Menurut Kelly Prichett dari departemen makanan dan nutrisi di University of Georgia, susu cokelat mengandung perbandingan yang ideal antara karbohidrat dan protein, yang mana merupakan hal penting untuk mengembalikan level glikogen yang diperlukan tubuh. Perbandingan karbohidrat dan protein dalam susu cokelat senilai 3:1. Manfaat ini juga terdapat dalam potasium yang ada pada pisang.

Sudah menjadi rahasia umum dengan banyak yang mengira bahwa rasa cokelat hanya sekedar pemanis tidaklah ada hal yang lebih daripada itu, tunggu dulu, ternyata rasa manis tambahan tersebutlah yang membuat efek susu cokelat menjadi minuman favorit para atlet. Kita ambil contoh 250 ml susu cokelat biasanya mengandung 30-35 gram karbohidrat sedangkan pada susu biasa hanya 12 gram karbohidrat.

Masih menurut Kelly Prichett, jika kita ingin cepat mengembalikan kondisi tubuh, konsumsilah minuman/makanan yang mengandung karbohidrat dan protein sekaligus 2 jam setelah aktivitas berat. Menurutnya dalam jangka waktu tersebut kemampuan regenerasi glikogen pada otot sedang tinggi²nya, jika jangka waktu lebih lama daripada yang dianjurkan, bisa jadi pemulihan alami berlangsung lebih lama pula.

Jika kita lihat efek yang diberikan susu cokelat dan semangka cukup luar biasa, ketika sebelum latihan kita mengonsumsi semangka untuk mempersiapkan peredaran darah agar lebih lancar, membuat jantung dan otot tidak mudah lelah, serta meminimalisir rasa pegal pasca aktivitas. Lalu setelah latihan/bertanding dianjurkan meminum susu cokelat dimana kandungannya yang memiliki perbandingan ideal yakni karbohidrat dan protein dengan rasio 3:1, bertujuan untuk memulihakan kondisi tubuh dengan meregenerasi jumlah glikogen yang dibutuhkan tubuh. Setelah membaca thread ini jangan lupa untuk konsumsi semangka sebelum latihan dan konsumsi susu cokelat setelah latihan emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup.
Quote:


Bagaimana Pendapat Ente Soal Asupan Untuk Sebelum Dan Sesudah Berolahraga? Sudah Diterapkan Dengan Benarkah? Diskusikan Dibawah!
emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Star
#CMIIW

Diubah oleh FootballStory 11-06-2020 16:28
yusuf2210
sampah.plastik
tien212700
tien212700 dan 59 lainnya memberi reputasi
60
9.2K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.