• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dari Harga Pisau Sampai Dengan Tips Mengasah Pisau Dibahas Disini

syarif.abdullahAvatar border
TS
syarif.abdullah
Dari Harga Pisau Sampai Dengan Tips Mengasah Pisau Dibahas Disini
KASKUS memiliki program baru bernama Hobby Talks, program talkshow yang menampilkan berbagai macam minat dan hobi yang tentunya bisa menjadi inspirasimu untuk tetap mengeksplorasi minat dan hobi Kaskuser di tengah kondisi pandemi COVID-19. Untuk episode pertama kali ini, Hobby Talks menghadirkan DEFIT. a.k.a AKI CATROS dari Komunitas Pisau KASKUS. Acara yang digelar secara live streaming di KASKUS TV ini pun berlangsung seru, ngobrolin tentang cara merawat dan menggunakan pisau sesuai fungsinya. Khusus buat agan dan sista yang kemarin nggak bisa join, berikut beberapa hal yang bisa dibagikan dari obrolan yang kurang lebih berjalan dalam waktu satu jam tersebut.



Dalam kesempatan ini DEFIT. a.k.a AKI CATROS  pun menyampaikan bahwa pisau merupakan alat bantu, dan bukanlah senjata. Dan ini menjadi salah satu hal yang dikampanyekan Komunitas Pisau KASKUS. Lebih lanjut AKI CATROS pun menjelaskan bahwa menurutnya mari kita kembalikan yang sudah terjalin pisau itu ada sebagai alat bantu kerja manusia dan sudah ada dari zaman purbakala dulu. "Apabila ada yang bilang kalau pisau dahulu digunakan untuk berburu, mungkin itu seperti dari tulang, batu atau mungkin juga dari kayu", jelas AKI CATROS.

Selain sebagai alat bantu, pisau sendiri merupakan barang yang bisa dikoleksi, dan juga bisa dijaikan sebagai investasi. Sehubungan dengan soal koleksi, dalam sesi pertama pada talkshow ini AKI CATROS sempat memamerkan beberapa koleksi milliknya. Sebagai info tambahan saja nih gan, bahwa sebuah pisau sendiri bisa mencapai puluhan juta rupiah. Malahan, di KASKUS sendiri ada thread yang menginformasikan bahwa harga pisau mencapai milyaran. Menurutnya AKI ada beberapa hal yang membuat sebuah pisau harganya menjulang tinggi. Diantaranya adalah dari faktor nama/merek, bahan gagang, bahan sarung, hingga tingkat kerumitan & keunikan dari pisau tersebut. 

Menyambung pisau sebagai investasi, lebih lanjut AKI CATROS juga membagikan pengalaman temannya. Dimana sebilah pisau pernah dijual  dengan harga mencapai hingga 16 juta rupiah. Sementara untuk pengalaman teman AKI yang berada di Bandung pernah bagikan cerita bahwa ia menjual sebuah golok mencapai puluhan juta rupiah. "yang saya tahu di Bandung itu 1 buah, kira-kira besarnya segini itu terakhir 4 tahun yang lalu saya sempat ngobrol ama dia itu dijual 27 setengah juta," ungkap AKI CATROS.

Pamer Koleksi
Memasuki sesi ke dua, adalah sesi dimana para peserta Hobby Talks dipersilahkan untuk memperlihatkan pisau milik mereka, kemudian pemilik bisa menjelaskan cerita tentang pisau itu sendiri. Sebagai info tambahan saja nih gan, bahwa untuk Hobby Talks bareng Komunitas Pisau ini bisa join melalui aplikasi zoom atau mantengin KASKUS TV. 

Spoiler for Koleksi AKI CATROS:



Kaskuser yang bergabung melalui zoom, dipilih 6 peserta yang berkesempatan untuk menceritakan pisau milik mereka. Mulai dari nama pisau, proses pembuatan, ataupun cerita lain dari pisau itu sendiri. Tak hanya satu pisau, beberapa audience di zoom pun juga memamerkan lebih dari satu pisau milik mereka. Berikut beberapa penampakan dari audience di zoom yang pamerkan koleksi mereka 


Spoiler for Koleksi Pisau:

Selain koleksi mereka bisa dilihat oleh banyak Kaskuser yang streaming via zoom atau KASKUS TV, 6 audience terpilih tersebut pun juga berhak mendapatkan pulsa dari KASKUS sebesar Rp. 50.000. emoticon-2 Jempol.


Pada sesi ke dua obrolan makin seru nih gan, di segmen ini ngebahas soal bagaimana proses dari pembuatan pisau. Menurut AKI CRATOS, proses pembuatan pisau sendiri melalui beberapa tahap. Mulai dari pemilihan bahan, kemudian membuat bentuk, hingga menentukan sudut. Selain itu, dalam kesempatan ini pun AKI CRATOS membagikan tips tentang bagaimana mengasah pisau. 

Dimana untuk mengasah pisau agar memperhatikna dari mata pisau itu sendiri, usahakan agar tekanan ketika dorong dan menarik dengan jumlah sama. Misalnya yang sebelah kiri 10 kali, yang kanan pun juga sama dan usahakan agar konsisten. Pada kesempatan ini pun AKI CRATOS juga membenarkan, bahwa bahan seperti keramik bisa menjadi batu asahan untuk pisau. 

Bagi Kaskuser yang kemarin nggak sempet join, pada makin penasaran yah? Tungguin aja Gan, karena nantinya akan ada video lengkap dari Hobby Talks bareng Komunitas Pisau. Info lebih lanjut bisa pantengin terus di KASKUS TV.



Diubah oleh syarif.abdullah 13-06-2020 15:40
nona212
nona212 memberi reputasi
1
748
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.