• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Waspada, Akibat Corona Ada Pedagang Telur Nakal, Ini Cara Mengetahuinya

iskrim
TS
iskrim
Waspada, Akibat Corona Ada Pedagang Telur Nakal, Ini Cara Mengetahuinya
Di situasi yang secara ekonomi keuangan keluarga saat ini terbilang belum stabil membuat kita harus tetap berhemat dan memprioritaskan pengeluaran belanja untuk hal yang pokok saja, tapi membelipun kita tetap harus smart dan waspada karena sekarang ada penjual telur ayam yang tidak layak di konsumsi oleh manusia.

[ HT# 603 ]



Mungkin belum banyak yang mengetahui apa itu telur ayam jenis infertil, menurut orang awam telur jenis infertil adalah telur yang secara umur sudah saatnya akan menetas namun karena selama pengeraman (atau malah tidak di erami) tidak berada di suhu yang tepat maka telur ini kandungannya tidak sempurna atau tidak layak di konsumsi sebagaimana mustinya.


Menurut sumber yang saya baca, penjualan telur infertil atau hatched egg (HE) tentu melanggar Peraturan Menteri Pertanian Nomor 32 Tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam RAS dan Telur Konsumsi.

Nah, jika di pasaran di temukan produsen dan penjual telur yang nakal sebagai peringatan awal akan dikenakan sanksi tertulis, penghentian kegiatan, hingga sanksi terberat penghentian kegiatan usaha, kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Tedi Setiadi.

Temuan telur infertil tak layak konsumsi bagi manusia ini terungkap setelah ada kasus ada pedagang di Tasikmalaya menjual telur dengan harga lebih murah dari harga pasaran di lokasi tersebut, setelah di teliti ternyata pedagang tersebut menjual telur yang tidak layak konsumsi bahkan bisa membahayakan hidup manusia.

Menurut saksi mata mengatakan ada seorang pedagang pendatang menjual telur ayam dengan harga lebih murah di Pasar Induk Cikurubuk, Kota Tasikmalaya dan kemudian pihak Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya melakukan sidak, ternyata benar saja selain harga lebih murah ternyata telur yang di jual tidak layak konsumsi.



poultry

Lalu bagaimana cara membedakan telur sehat dan mana telur jenis Infertil bagi orang awam? Langkah pertama saat membeli telur jangan terburu tergiur harga murah, pastikan kulit luar sempurna tidak ada retak dan kotor, dan amati bagian dalam telur dengan penerangan yang biasanya disediakan penjual.

Namun satu hal yang harus di ketahui lebih lanjut tentang telur jenis infertil di ketahui setelah telur di pecahkan, secara tampilan kuning telur tidak bulat tapi 'ambyar', memiliki rasa yang berbeda, bahkan kadang di temukan isi telur sudah ada tanda akan membusuk.


bisnistelurayam

Jadi buat kamu atau para ibu mulai saat ini harus waspada jangan sampai kedapatan membeli telur jenis infertil ini, ingin berhemat tapi malah terjerat masalah kesehatan dan rugi karena tidak bisa di konsumsi. Membanjirnya telur jenis infertil ini sebagai akibat jangka panjang dampak dari pandemi Corona, dimana banyak setok telur-telur menumpuk dan tidak terdistribusi dengan baik, akibatnya kualitas telur jauh menurun dan tidak layak untuk di konsumsi. Waspadalah, teliti sebelum membeli.



Sebuah opini
Sumur. kompas
Img.header. recipes



Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS




Diubah oleh iskrim 13-06-2020 11:04
dhinyzfrnc4punk1950...farinamany
farinamany dan 41 lainnya memberi reputasi
42
10.2K
174
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.