jaka.sembvngAvatar border
TS
jaka.sembvng
Warga Bersorak Pembukaan Lagi 80 Mal, Anies Baswedan: Udah Kangen

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat saat meninjau kesiapan Emporium Pluit Mall di Jakarta Utara yang akan kembali buka pada 15 Juni 2020. TEMPO/M Julnis Firmansyah

TEMPO.COJakarta -Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan 80 mal di Jakarta akan kembali buka pada 15 Juni 2020.
Anies Baswedan mengumumkan kabar pembukaan mal lagi tersebut saat melakukan sidak di Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara, pada Kamis siang, 11 Juni 2020.



"Pemprov DKI telah menetapkan 15 Juni 2020 pusat perbelanjaan akan bisa mulai beroperasi," ujar Anies diikuti tepuk tangan dan sorak sorai pegawai dan masyarakat. 
Melihat antusiasme itu, Gubernur Anies Baswedan pun berseloroh. "Udah lama nunggu, ya? Udah kangen." 

Meskipun sudah mendapat lampu hijau untuk dapat kembali beroperasi, Anies Baswedan menekankan pengelola mal harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan Covid-19. Ia juga melarang sejumlah tempat seperti fitness center, bioskop, hingga pameran beroperasi 15 Juni mendatang.


"Kalau pengelola disiplin, Pengunjung akan ada rasa tenang berkunjung ke mal, pusat perekonomian akan berjalan," ujar Anies.


Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat menyatakan tak semua tenant di mal mendapat izin untuk beroperasi kembali. Sesuai ketentuan dalam PSBB Transisi, Ellen mengatakan kelonggaran hanya diberikan untuk beberapa jenis bidang usaha.


"Kategori yang belum akan buka di tanggal 15 Juni 2020 dan sedang akan dipertimbangkan untuk buka di fase berikutnya adalah lebih ke arah kategori leisure, antara lain, cinema, fitness, karaoke, arena permainan anak dan tempat kursus anak," ujar Ellen.


Pengelola mal dan pusat perbelanjaan telah menyiapkan segala persiapan seperti fasilitas protokol kesehatan mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, menyediakan tempat cuci tangan, handsanitizer serta pengaturan jarak aman. Pengunjung dan karyawan juga diwajibkan untuk menggunakan masker.


Menjelang pembukaan mal di Jakarta, pengelola juga memberikan pelatihan bagi karyawan terkait prosedur penerapan tatanan baru atau new normal.


"Bagi pusat belanja, juga akan memberikan training kepada segenap karyawan dengan adanya kebiasaan baru yang berbeda dari saat normal yang lalu," ujarnya.


Ellen berharap dengan akan pembukaan mal di Jakarta akan turut serta memberikan kontribusi positif atas bergeraknya roda perekonomian Nasional. Menurut dia pandemi Covid-19 sudah menimpa semua lini bisnis termasuk pengelola pusat belanja. Secara finansial pusat belanja juga tidak mendapatkan income sama sekali dan berakhir juga dengan pengurangan tenaga kerja dan banyak bisnis lainnya yang terkait dengan pusat belanja juga tidak bergerak.
M JULNIS FIRMANSYAH l TAUFIQ SIDDIQ


sumber: https://metro.tempo.co/read/1352442/...n/full&view=ok

gabener niru pesinden emoticon-Traveller
eriksa
m4ntanqv
darwinsilb
darwinsilb dan 32 lainnya memberi reputasi
33
9.2K
217
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.