News
Batal
KATEGORI
link has been copied
409
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee21c65f0bdb278db583c03/alasan-jaksa-tuntut-penyerang-novel-1-tahun-bui-tak-sengaja-lukai-mata
Jaksa menyebut kedua terdakwa tidak sengaja menyiramkan air keras ke bagian wajah Novel. Menurut jaksa, kedua terdakwa hanya ingin menyiramkan cairan keras ke badan Novel.
Lapor Hansip
11-06-2020 18:58

Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata

Past Hot Thread
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata

Jaksa menuntut dua penyerang Novel Baswedan dengan hukuman pidana selama 1 tahun penjara. Apa alasan jaksa memberikan tuntutan yang dinilai ringan?

Dalam pertimbangan surat tuntutan yang dibacakan jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (11/6/2020), jaksa menyebut kedua terdakwa tidak sengaja menyiramkan air keras ke bagian wajah Novel. Menurut jaksa, kedua terdakwa hanya ingin menyiramkan cairan keras ke badan Novel.

"Bahwa dalam fakta persidangan, terdakwa tidak pernah menginginkan melakukan penganiayaan berat. Terdakwa hanya akan memberikan pelajaran kepada saksi Novel Baswedan dengan melakukan penyiraman cairan air keras ke Novel Baswedan ke badan. Namun mengenai kepala korban. Akibat perbuatan terdakwa, saksi Novel Baswedan mengakibatkan tidak berfungsi mata kiri sebelah hingga cacat permanen," ujar jaksa saat membacakan tuntutan.

Jaksa menyebut dakwaan primer yang didakwakan dalam kasus ini tidak terbukti. Oleh karena itu, jaksa hanya menuntut kedua terdakwa dengan dakwaan subsider.

"Oleh karena dakwaan primer tidak terbukti, terdakwa harus dibebaskan dari dakwaan primer. Kemudian kami akan membuktikan dakwaan subsider. Dakwaan subsider melanggar Pasal 353 ayat 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP," tambah jaksa.

Ketika dimintai keterangan seusai persidangan, jaksa mengatakan alasan selanjutnya memberikan tuntutan ringan adalah terdakwa mengakui perbuatannya. Selain itu, kedua terdakwa telah meminta maaf kepada Novel dan keluarga.

"Karena, pertama, yang bersangkutan mengakui terus terang di dalam persidangan, terus kedua yang bersangkutan meminta maaf dan menyesali perbuatannya dan dia secara di persidangan menyampaikan memohon maaf kepada keluarga Novel Baswedan dan meminta maaf institusi polisi, institusi Polri itu tercoreng," ujar jaksa Ahmad Patoni seusai sidang.

Dia mengatakan dakwaan primer tidak terbukti karena Rahmat Kadir tidak memiliki niat dari awal untuk melukai Novel.
Jaksa menyebut motif keduanya melakukan teror air keras hanya untuk memberikan pelajaran ke Novel yang dinilai telah melupakan institusi Polri.

"Jadi begini, Pasal 355 dia harus mempersiapkan untuk melukai orang, itu sudah ada niat dari awal. Sedangkan di fakta persidangan dia tidak ada niat untuk melukai. Dalam fakta persidangan, yang bersangkutan hanya ingin memberikan pelajaran kepada seseorang, yaitu Novel Baswedan, dikarenakan alasannya dia lupa dengan institusi, menjalankan institusi," ucap Ahmad.

"Kemudian ketika dia ingin melakukan pembelajaran penyiraman ke badannya, ternyata mengenai mata, maka kemudian pasal yang tepat adalah di Pasal 353 perencanaan, penganiayaan yang mengakibatkan luka berat. Berbeda dengan (Pasal) 355, kalau 355 dari awal sudah menarget dan dia lukai tuh sasarannya. Sedangkan ini dia tidak ada untuk melukai," imbuhnya.
Kadir dan Ronny Bugis dituntut jaksa dengan hukuman 1 tahun penjara. Keduanya dinilai melanggar Pasal 353 ayat 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Catatan redaksi:

Judul diubah dari 'Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel Baswedan 1 Tahun Bui: Tak Ada Unsur Sengaja' menjadi 'Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata' menyesuaikan kutipan dari jaksa mengenai alasan memberikan tuntutan 1 tahun penjara pada penyerang Novel Baswedan. Pengubahan judul dilakukan untuk menyesuaikan dengan bunyi tuntutan yang dibacakan jaksa.


detik.com

Tak sengaja, beberapa tahun lagi jaksanya dapat jatah jaksa agung lalu hakimnya jadi hakim agung.
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh saya.kira
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yuz.justboell dan 64 lainnya memberi reputasi
59
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 15
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 21:47
mudah2an ujungnya ga cuma meterai donk.... emoticon-Ngacir
profile-picture
sipit.siput memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 21:54
Tidak berniat melukai kok
Lagian aneh masa yg luka mata doang, bagian kulit lainnya gak luka
Ini mah sandiwara novel aja buat mendiskreditkan pemerintah





















Dah mirip cebong belum nih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sleipnir9 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 21:54
mungkin maksudnya mau ngebunuh, malah ga sengaja bikin buta permanen
profile-picture
profile-picture
biawakman dan sipit.siput memberi reputasi
2 0
2
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 22:01
kalo ngga niat melukai disiramnya pake coca cola dong ah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
acquavann dan sipit.siput memberi reputasi
2 0
2
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 22:07
waduh ngeri bener udah negeri ini. kalau ga ada niat melukai ya jangan pakek air keras cukk. udah jelas2 efek air keras ya luka bakar emoticon-Marah
profile-picture
sipit.siput memberi reputasi
1 0
1
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 22:08
keknya sama kasus kaya bocah sipit yg ngancam2 presiden,😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biawakman dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 22:15
Ah, masih lebih ringan dari vonis ke *hok
0 0
0
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 22:18
rezim taik lah. hukum gg ada yang bener. fu*k u lah..
profile-picture
profile-picture
sipit.siput dan angelo.ogbonna memberi reputasi
2 0
2
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 22:28
ahok tertawa membaca ini
0 0
0
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 22:48
gilaa, gmn pembuktiannya dia nggak ada niat???
profile-picture
sipit.siput memberi reputasi
1 0
1
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 22:51
ga sengaja itu misalkan gw lagi bawa nampan ada air panas
trus gara2 liat cewe bahenol gw meleng trus air panasnya tumpah kena orang
yg penting tangan gw ga terbukti ada gerakan yg terarah ngenain air panas ke korban
lha kalo udah pagi2 buta...naek motor...masuk ke komplek orang...nandain siapa yg mau disiram...masih mau bilang sengaja? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daisy90 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 22:51
emoticon-Ngakak
profile-picture
sipit.siput memberi reputasi
1 0
1
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 22:55
Kok bisa ya hukum milih" Kejahatan yg kaya gitu.
Klo anak gadis lu diperkosa, terus pelaku nya buceng didalem karena gk sengaja, apa bakal sama hukuman nya klo dia buang p#ju nya diluar?
profile-picture
profile-picture
biawakman dan sipit.siput memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 22:59
Gw sumpahin yg berbuat curang di kasus itu matinya susah pas sekarat emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
daisy90 dan sipit.siput memberi reputasi
2 0
2
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 23:51
pantes tuh polkis penyiram berani pasang badan emoticon-Big Grin udah tau endingnya bakal kyk gini vonis 1 tahun kena remisi juga bebas berapa bulan lagi emoticon-Big Grin
bisa gitu ya nyiram orang pake air keras subuh2 g niat melukai emoticon-Leh Uga
nanti klo jadi begal alibi gitu aja ngebacok orang tapi g niat melukai emoticon-Leh Uga hopeless sama penegakan hukum negara ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daisy90 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
11-06-2020 23:54
Negara dagelan
profile-picture
sipit.siput memberi reputasi
1 0
1
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
12-06-2020 00:02
padahal bebaskan aja, asal siram juga pake air keras wajah dan matanya
profile-picture
sipit.siput memberi reputasi
1 0
1
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
12-06-2020 00:19
Rezim keparat, hukum udah macam anjing. Dan gilanya banyak orang goblok yg masih nyembah emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sipit.siput dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
12-06-2020 00:26
Negara hukum yang baru niat aja ya gini, cuma niat doang, ga ada pelaksanaannya

Ane juga mau nyiram ke pak jaksa, ingin ngasih pelajaran juga, klo buta, ya maaf, ga sengaja
profile-picture
profile-picture
sipit.siput dan angelo.ogbonna memberi reputasi
2 0
2
Alasan Jaksa Tuntut Penyerang Novel 1 Tahun Bui: Tak Sengaja Lukai Mata
12-06-2020 00:32
kalo bunuh org trs alasan ga sengaja ngebunuh bs 1 thn jg ga?
0 0
0
Halaman 4 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia