News
Batal
KATEGORI
link has been copied
98
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee20db5f4d6954a374489fd/tagihan-melonjak-jokowi-jadi-sasaran-kemarahan-rakyat-bumn-diminta-copot-direksi
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, Menteri BUMN Diminta Copot Direksi PLN Safari | Selasa, 09 Juni 2020 - 10:27 WIB  Share Tweet Share Jakarta, HanTer - Direktur Ekesekutif Energy Watch Indonesia mengatakan, Menteri BUMN Erick Thohir harus mencopot direksi PT PLN karena telah membuat dan menciptakan kegaduhan akibat kinerja yang buruk.  “Kalau sudah begini kan Presiden
Lapor Hansip
11-06-2020 17:55

Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi

Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, Menteri BUMN Diminta Copot Direksi PLN

Safari | Selasa, 09 Juni 2020 - 10:27 WIB

 Share Tweet Share

Jakarta, HanTer - Direktur Ekesekutif Energy Watch Indonesia mengatakan, Menteri BUMN Erick Thohir harus mencopot direksi PT PLN karena telah membuat dan menciptakan kegaduhan akibat kinerja yang buruk. 

“Kalau sudah begini kan Presiden Jokowi juga yang jadi sasaran kritik dan kemarahan rakyat padahal Direksi PLN yang paling bertanggung jawab atas lonjakan pembayaran biaya listrik masyarakat. Ganti saja direksi PLN dengan sosok yang mampu membuat PLN lebih baik. Selama ini PLN terkesan tak inovatif karena penerintah selalu hadir mengambil alih tanggung jawab,” kata Ferdinand kepada Harian Terbit, Senin (8/6/2020).

Kedepannya, kata Ferdinand, direksi harus mampu membuat PLN bukan lagi beban bagi pemerintah tapi harus jadi penyumbang bagi APBN.


Langgar UU

Sementara itu, pengamat kebijakan publik dari Institute for Strategic and Development (ISDS) Aminudin mengatakan, managamen PLN harus bertanggungjawab terkait lonjakan tarif listrik di tengah pandemi Covid-19. Tapi Presiden Jokowi sebagai pihak yang mengelola negara harusnya juga meminta maaf karena sebelumnya telah membuat pernyataan resmi tapi nyatanya tidak dilaksanakan. 

Aminudin menilai, tindakan PLN tersebut jelas  melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Oleh karena itu Ombudsman harus bertindak. Selain itu LSM seperti YLKI, dan lainnya juga melakukan pendampingan kepada konsumen untuk mengguggat pemerintah dan managamen PLN guna menuntut kompensasi ganti rugi.

“Selain melanggar Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, rezim Jokowi juga melakukan pelanggaran terhadap putusan MK tentang batas atas harga BBM dan putusan MA terkait pembatalan kenaikan iuran BPJS,” ujar Aminudin kepada Harian Terbit, Senin (8/6/2020).

Erick Thohir

Terkait mencopot direksi PLN karena menaikan tarif secara sepihak, Ketua Umum Barisan Relawan Nusantara (Baranusa), Adi Kurniawan menilai, bukan hanya direksi PLN saja yang dicopot. Bila perlu Erick Thohir juga harus dicopot karena telah gagal mengelola BUMN. 

Saat ini, katanya, Erick Thohir juga seperti bermain dalam agenda perombakan BUMN. Karena saat ini di BUMN banyak juga yang merangkap jabatan. Contohnya, Jubir Presiden Fadjroel Rachman yang merangkap jabatan komisaris di PT Waskita Karya. Padahal hal tersebut sangat melanggar undang-undang.

"Jadi saya tetap melihat tanggungjawab itu ada pada Erick Thohir bukan ditujukan pada bawahannya dan jawabannya bukan lagi perombakan tapi ganti Menteri BUMN yang murni dari segala kepentingan politik dan bisnis pribadi," tegasnya.

Pengaduan

Wakil Ketua FPKS DPR RI, Dr. H. Mulyanto M. Eng meminta agar PLN segera membuka posko pengaduan baik secara online atau langsung. Hal itu dilakukan menyusul banyaknya keluhan masyarakat terkait lonjakan tagihan listrik bulan Juni 2020. Oleh karena itu PLN harus bisa menjelaskan secara rinci penyebab kenaikan tagihan listrik masing-masing perpelanggan.

"PLN jangan hanya berpatokan pada argumentasi standar bahwa lonjakan ini terjadi karena ada perubahan sistem perhitungan yang semula berdasar angka catat meter menjadi angka rata-rata," ujar Dr. H. Mulyanto M. Eng di Jakarta, Senin (8/6/2020).

Faktanya, sambung Dr. H. Mulyanto M. Eng, ada banyak kasus lonjakan kenaikan tarif listrik yang melebihi angka rata-rata selama 3 bulan terakhir. Bahkan ada pelanggan yang mengalami lonjakan tagihan hingga 300%. 

"Kalau benar perhitungan berdasarkan angka rata-rata pemakaian selama 3 bulan terakhir, angkanya tidak mungkin melonjak secara drastis. Ini pasti ada faktor lain yang perlu dijelaskan PLN. Dan itu harus disampaikan secara jelas kepada setiap pelanggan," tandasnya.

Mulyanto pun meminta PLN jangan membiarkan pelanggan bingung dan menerka-nerka penyebab lonjakan tagihan listrik. Keluhan ini harus ditanggapi segera. Jika masalah tagihan ini tidak dapat diselesaikan secara baik maka PLN mengecewakan. Ia pun menyarankan PLN membuat terobosan baru dalam hal penghitungan tagihan listrik. Jangan lagi gunakan cara lama yang terbukti merugikan masyarakat.

Sebagai perusahaan yang didukung SDM unggulan dan teknologi mutakhir harusnya PLN mampu menyediakan berbagai alternatif sistem penghitungan tagihan listrik secara cepat. Bila perlu dibuat sistem atau aplikasi tagihan secara interaktif agar pelanggan bisa mengecek besaran tagihan yang perlu dibayarkan. Jika dinilai tidak sesuai dengan penggunaan maka saat itu pelanggan bisa mengajukan keberatan. 

"Ini soal pelayanan pada pelanggan. Seharusnya PLN mengembangkan sistem pelayanan tagihan listrik di masa pandemi ini sedemikian rupa sehingga memudahkan pelanggan dalam melaporkan angka meteran listrik di rumahnya masing-masing secara akurat dan tepat waktu," paparnya.




https://m.harianterbit.com/read/1224...ot-Direksi-PLN

Ada yg meroket lagi ternyata tapi kali ini tarif listrik lah yg meroket emoticon-Leh Uga

Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
Diubah oleh MUF0REVER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 13 lainnya memberi reputasi
12
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 18:45
Kesian si @buron.warteg ga punya AC emoticon-Big Grin
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 18:53
saya mah cuma bisa tertegun n menghelus dada
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
1 0
1
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 18:55
ngeri bet dah nastak..
komplen dikit langsung cap radikal..
profile-picture
profile-picture
makeiteasy69 dan MUF0REVER memberi reputasi
2 0
2
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 18:56
kalo kata buzer ebong pln itu dibawahnya gubernur jakarta
profile-picture
profile-picture
makeiteasy69 dan MUF0REVER memberi reputasi
2 0
2
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 19:00
Quote:Original Posted By psico13
saya mah cuma bisa tertegun n menghelus dada


Nasib dipimpin mukidi gan

Quote:Original Posted By leonosphire
ngeri bet dah nastak..
komplen dikit langsung cap radikal..


Ebong emang ngeri emoticon-Cool

Quote:Original Posted By pornwoow
kalo kata buzer ebong pln itu dibawahnya gubernur jakarta


Pokoknya salah wan abud

Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
profile-picture
private13 memberi reputasi
1 0
1
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 19:06
tagihan bengkak apa hubungannya ama jokowi

tenang aj. ga ada hubungannya jg ama abud
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
1 0
1
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 19:13
akibat subsidi silang ke miskiner emoticon-Mad emoticon-Mad emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-fuck
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 19:14
nunggu ad yg gugat lg.....



kemarin skornya ud 3-0 utk rakyat ya klo tak salah...... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
makeiteasy69 dan MUF0REVER memberi reputasi
2 0
2
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 19:24
Kalau soal penghisapan rakyat Indonesia.... SDH spt VOC

Kalau gak ... Mungut ,motong dan ngakali rakyat.??? Apa sivh prestasi nya selain lomba mangap.

Ginih kok 2 periode?????? I
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 19:30
Di 62 harus di Viralin dan di bikin rame Dulu baru di didengar. apa intitusi macam PLN gak Sop dan evaluasi
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan MUF0REVER memberi reputasi
2 0
2
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 19:41
Quote:Original Posted By iupis.manis
Ni lo ner 2 tu temen homok ato apaan sih emoticon-Ngakak
Tiap post tag2 an kyk saling pegang kontoI lawan aja emoticon-Leh Uga


Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
0 0
0
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 19:44
Quote:Original Posted By ssdestroyer
sejak zaman soeharto juga pln gak pernah beres emoticon-Tai:


Quote:Original Posted By tukangbeling7
ya gapapalah... setidaknya ada bahan coli buat kadrun yg menahan dongkol 4,5 tahun ke depan... yaken drun? emoticon-Imlek emoticon-Cendol Gan


Masa nyebokin nya cmn gtu doang,
Ayo semangat gan
Cebokin nya yg lebih menggelinjang
Biar kadrun pd kelojotan emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makeiteasy69 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 19:45
Ane cuman mikir, seandainya ane kena PHK (yang pasti banyak di masa pandemi ini) trus tiba-tiba dapet tagihan sejuta buat bayar listrik apa gak pening itu kepala.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 19:55
Yang masih bela mati-matian tjahaja gorong-gorong kalau bukan buzzerp bayaran ya manusia bloon korban revolusi mental yang dicekoki air kobokan. emoticon-DP
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
1 0
1
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 19:59
ekonomi merudal hasil rejim handal
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
1 0
1
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 20:10
sdh terlanjur viral.....
kambing hitam gw mana nih whoi...


emoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marah
0 0
0
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 20:17
ini kesempatan periode kedua untuk membuktikan peningkatan kinerja dan integritas SDM biar ga cuma janji.. katanya "udah ga ada beban" kan.. keburu cebong berevolusi menjadi selasih
0 0
0
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 20:31
padahal udah monopoli, kok bisa rugi? ga masuk akal emoticon-Ngakak
0 0
0
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 20:50
Tampaknya Mafia BUMN mulai mengerahkan kroni kroni nya buat menyerang segala pihak yang berusaha menyehatkan BUMN

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Tagihan Melonjak, Jokowi Jadi Sasaran Kemarahan Rakyat, BUMN Diminta Copot Direksi
11-06-2020 21:26
Mga aja stlah ini.akn trjdi rmbakan bsar di pln.dan plyanan pln akn lbih bgus.
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia