Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
28
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee09b86a2d19527352b6a2f/transparansi-keuangan-di-rumah-tangga-kalian-seperti-apa
Salam gan. Sekarang ak sedang dihadapi pertanyaan "bagaimana model transaparansi keuangan rumah tangga yg tepat". Sebagai contoh, Ak dan istri sama2 kerja, tetapi dari awal cicilan rumah, tagihan bulanan, dan uang makan ak yg tanggung. Istri dapat bulanan bersih untuk hepi2 aj. Ak dan istri tidak tahu saldo rekening satu sama lain. Kita baru ngasih tahu ada pengeluaran kalau di atas 500
Lapor Hansip
10-06-2020 15:36

Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?

Salam gan.

Sekarang ak sedang dihadapi pertanyaan "bagaimana model transaparansi keuangan rumah tangga yg tepat".

Sebagai contoh, Ak dan istri sama2 kerja, tetapi dari awal cicilan rumah, tagihan bulanan, dan uang makan ak yg tanggung. Istri dapat bulanan bersih untuk hepi2 aj. Ak dan istri tidak tahu saldo rekening satu sama lain.

Kita baru ngasih tahu ada pengeluaran kalau di atas 500 ribu. Di bawah itu nggak ada berita.

Agan dan sista boleh lah share pengalaman yg dijalankan bagaimana.

Ak mau dikomplain orang kurang transparan, karena menurut-ku yg ak lakuin sudah pas untuk sekarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
11-06-2020 13:45
Biasanya cicilan rumah, tagihan bulanan dan uang makan emg tanggung jawab suami. Tp ada jg yg bagi2 tugas tergantung kesepakatan ke2 belah pihak.
istri dapet bulanan bersih emg hak dia sebagai nafkah dr ente. baiknya emg saling terbuka dg saldo rekening masing2 tp kalo istri ente ga mau ngasih tau ente ga berhak maksa. lain halnya dg rekening suami biasanya istri tau jumlah saldo, pin atm smpe pin mobile banking emoticon-Ngakak (S) utk menghindari hal2 yg tidak diinginkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Chikashi.Masuda dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
11-06-2020 14:24
Ane dan istri sama2 kerja dari awal sampai nikah bertahun2 tidak saling tau besaran gaji dan jumlah saldo, cuma kira2 saja. Tiap bulan ane kasih duit bulanan, jika ada pembelian dengan pengeluaran dalam nominal besar biasanya akan ditanya 'masih pegang uang tidak ?'.

Ane akui tidak transparan soal keuangan rumah tangga, misal punya 10 juta bilangnya 5 juta krn sisanya utk jaga2 jika ada kebutuhan mendesak 😁
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
11-06-2020 16:26
Quote:Original Posted By flox2011
wkwkwk, itu gan yg ane lg pikir2. Kasih tahu nggak nih PIN.

Alasan ak nggak ngasih saldo rekening karena istri nggak bisa paham kalau saldo masih untuk pegangan cicilan rumah, kena PHK, sm beli motor. Pokoknya tahu-nya saldo besar, bulananan minta nambah. Dr situ kapok dah.


Nah justru krn ente ga transparan gan makanya bini mikirnya duit ente banyak aja. Pdhl kan disitu ada cicilan dll. Buka2an aja gan sm istri. Kalo tau lg susah biasanya istri malah iba dan lebih berhemat lg.
0 0
0
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
11-06-2020 17:29
nyimak komentar yg sudah berpengalamanemoticon-Malu
0 0
0
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
11-06-2020 20:43
Wah topik berat... Kalau ane suami istri ga tau saldo rekening masing2, emang ga mau tau jg sih, asalkan uang bulanan lancar. Suami jg ga pernah tanya2 brp saldo tabungan ane. Tapi nyokap pernah pesen sih emang jumlah saldo ga boleh kasih tau semua ke pasangan, alesanny biar ga diminta kek agan in emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
11-06-2020 22:21
kalau ane gak bisa pegang uang, dari tunangan sampai sekarang seluruh gaji, saya kasih ke istri semua. tapi alhamdulillah istri saya bisa ngatur keuangan, bahkan transferan untuk bokap saya istri yang ngatur. tapi kalau saya butuh apa tinggal ambil aja dari dompet istri. bisa dibilang dompet bersama 😄
profile-picture
kahuruan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
11-06-2020 22:58
Sebelum nikah, suami kasih lihat rumah dan ruko, mana yg mau ditempatin setelah nikah. Kasih tahu punya tanah juga atas nama dia. Setelah dengar itu dan tahu usahanya apa, gw gak tanya soal penghasilan lagi.

Setelah nikah, urusin spt tahunan suami. Ternyata dia sudah pernah ikut amnesti pajak. Daftar harta juga banyak, yg bikin kaget jumlah deposito nya menyentuh angka M.

Sehari setelah nikah, langsung minta uang belanja sama suami. Suami hemat dan irit orangnya, pintar2 kita sebagai istri menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang kita mau.
0 0
0
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
12-06-2020 11:50
Tergantung kesepakatan suami istri sih gan, tapi yang jelas emang tanggunjawab keuangan itu adalah menjadi tanggunjawab suami kan.. kalau gaji istri ya hanya untuk membantu jika kurang, jika sudah cukup ya sebaiknya ditabung dan itupun juga untuk keluarga.. itu kalau di keluarga ane gan.hehe..
0 0
0
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
12-06-2020 19:22
istri akuntan keluarga.
0 0
0
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
12-06-2020 21:45
Intinya siapa yg pinter ngatur keuangan dia yg pegang kendali, baik itu suami atw istri
0 0
0
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
14-06-2020 12:05
Saya kerja. Istri di rumah.

Uang gaji sepenuhnya milik istri.


Jika saya perlu apa apa maka saya yg minta ke istri.



Istri membuat pembukuan pengeluaran dan pendapatan.

Saya boleh melihat dan mengaudit pembukuan tsb.
profile-picture
kahuruan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
14-06-2020 13:43
Kesepakatan kedua belah pihak saja si gan..g transparan g apa2 asal kebutuhan keluarga terpenuhi 😎
0 0
0
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
19-06-2020 18:37
Tergantung kesepakatan berdua sih,,n ente jadi suami boleh tanya ke istri kesepakatannya enaknya gimana?klo ente keberatan n ngrasa ga sanggup bayar cicilan rmh,uang makan,dsb yah tinggal dibicarakan berdua..Ntar kan ketemu solusi berdua..Intinya komunikasi gan,jangan dipendam sendiri n mkir sendiri..

Ad tmn ane yg dalam RTnya semua gaji suami istri tahu,bahkan ATM dibawa istri,banyak yg gt,,ad jg yg transfer bulanan ke istri sebesar sekian n sisa gajinya dipegang suami sendiri,ad yg gaji suami+istri digabung n pngelolaannya di istri tapi dua2nya tahu keluar masuknya..

Gaji istri berhak dipake sepenuhnya sama istri tanpa diketahui suami lho tp klo suaminya ridho n g keberatan,klo ente keberatan n pgn sharing pengeluaran yah tinggal ngmng aja,sekali lagi berkomunikasilah,jangan dipendam sendiri n spekulasi sendiri..

Ane n suami juga sama2 kerja,,sama kaya ente,semua biaya suami ane yg nanggung n ane jg g tau pmasukan suami ane,n dy g tau jg pmasukan ane cuma kita sama2 tahu nominal gaji kita berapa sih,,tapi uang bulanan yg dia transfer ke ane itu yg buat makan keluarga kita sehari2,ane ga pernah kasih laporan sih habis brp buat bulanan n g prnah mnta nambah,kurang yah tinggal ane tambahin (hahaha jangan ditiru,krn ane bkn pemanage keuangan yg baik)..Dia jg g prnh ublek2 gaji ane,spnuhnya ane yg kelola..
Dia jg biasanya transparan n nunjukin pengeluarannya klo ngrasa udh mbludak pngeluarannya,dkrim semua kaya rekening korannya ke ane tiap bulannya kluar masuk brp n evaluasi bareng2 itu uang habis dipake apa aja,tapi klo keuangan ane dia g prnah mau tau saldo ane brp,dipake ap aja..

Mungkin di keluarga ane,suami ane anggap uang dia yah uang keluarga jd klo ad pngeluaran besar yah dievaluasi bareng,tp klo uang gaji ane yah uang ane sendiri,ane berhak pake apa aja..Tapi pas dia butuh banget pake tabungan ane dia komunikasi ke ane,waktu itu utk biaya bangun rumah,kita sharing n pake tabungan dia n tabungan ane,tp utk slain itu dia ga otak-atik..
0 0
0
Transparansi Keuangan di Rumah Tangga Kalian Seperti Apa?
19-06-2020 22:00
makanya sebelum menikah kalian buat komitmen.... ga melulu soal uang tp semua... kayak apa tugas suami dan istri drumah...
klo dah begini... ya bikin komitmen aja skrg... ajak ngomong...
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia