News
Batal
KATEGORI
link has been copied
189
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee0ac71facb950f4b287a4f/pura-pura-mati-guru-sd-di-medan-makan-gaji-buta-selama-7-tahun
Guru yang diketahui bernama Demseria Simbolon tidak pernah masuk untuk mengajar sejak 2011. Itu berlangsung selama tujuh tahun sampai 2018. Namun, kasus tersebut akhirnya terbongkar.
Lapor Hansip
10-06-2020 16:48

Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun

Past Hot Thread
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun

Memiliki peranan penting dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa, menjalani profesi sebagai guru tidaklah mudah. Bahkan, banyak guru di luar sana yang memiliki gaji di bawah rata-rata. Bisa dibilang, gaji minim yang diterima sangat tidak sebanding dengan perjuangan dan kesabarannya dalam mendidik para siswa.

Namun, berbeda dengan guru sekolah dasar asal Medan, Sumatera Utara, satu ini. Alih-alih menjalani profesinya dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati, ia justru memakan gaji buta dengan maksimal. Tak tanggung-tanggung, ia berhasil menerima gaji dan tunjangan selama tujuh tahun tanpa bekerja sama sekali.

Untuk bisa mendapatkan gaji tanpa bekerja, guru SD di Kelurahan Damai, Binjai, Medan, itu melakukan aksi yang sangat curang. Bagaimana tidak, ia melakukan penipuan dengan pura-pura meninggal alias memalsukan surat kematiannya.

Tak Mengajar Sejak 2011-2018

Guru yang diketahui bernama Demseria Simbolon tidak pernah masuk untuk mengajar sejak 2011. Itu berlangsung selama tujuh tahun sampai 2018. Namun, kasus tersebut akhirnya terbongkar.

Hal itu bermula ketika suami Demseria Simbolon mendatangi PT Taspen Persero Cabang Utama Medan untuk mengajukan penagihan pembayaran asuransi kematian istrinya pada 2014. Padahal kenyataannya Demseria masih hidup.

Dana Kematian Dicairkan PT Taspen Medan

Lantaran diduga tanpa melakukan pengecekan akurat, PT Taspen mencairkan dana kematian Damseria sebesar Rp 59.179.200 untuk penerimaan pertama pada 5 Mei 2014 lalu. Lalu pada penerimaan kedua sebesar Rp 3.207.300 pada 23 November 2014.

Dari berkas-berkas yang digunakan itu kemudian dilakukan penyelidikan hingga akhirnya Demseria terbukti melakukan penipuan. Ia pun harus berususan dengan kasus hukum.

Rugikan Negara Lebih dari Rp 373 Juta

Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jumat (3/5/2019) silam, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Asepte Ginting mengungkapkan total gaji yang diterima terdakwa setelah memalsukan kematiannya sebesar Rp 435.144.500. Itu didapat hanya dengan ongkang-ongkang kaki di rumah tanpa menjalankan tugasnya sebagai guru selama tujuh tahun.

Sementara berdasarkan keterangan ahli Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumut, total kerugian negara akibat ulah terdakwa yaitu sebesar Rp 373.800.500. Nilai tersebut dengan rincian Rp 311.414.000 gaji yang didapat setelah dipotong pajak dan klaim kematian palsu sebesar Rp 62.386.500.

Majelis Hakim Tolak Eksepsi yang Diajukan Terdakwa

Atas tindakan yang dilakukannya, Damserria dianggap telah melanggar Pasal 3 Jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Ia pun didakwa dengan hukuman penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun. Atau denda paling sedikit Rp 50 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.

Terdakwa melalui penasihat hukumnya sempat mengajukan eksepsi atau nota keberatan terkait dakwaan tersebut. Hanya saja, majelis hakim yang saat itu diketuai oleh Nazar Efriandi menolak eksepsi tersebut. (zhd)

sumur bor

WTFemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh dibanned.melulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jaizal dan 49 lainnya memberi reputasi
48
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 8
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 08:17
beritanya agak ambigu. bukan gaji kali. uang pensiun kayaknya. kan kalo meninggal udah gak digaji. emoticon-Bingung
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 08:22
Akhirnya ketahuan juga kebohongannya
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 08:25
Bukannya aturan ASN yang meninggal cuma dapet 3 Bulan gaji ?
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 08:32
Kerjasama dgn org dukcapil, kelurahan sama org dalam taspen ini.
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 08:34
uwow sekaliii.... itulah lemah nya sistem asuransi dulu", cuma terima berkas-setuju-cair duit, gak pake pemeriksaan kebenerannya dulu
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 08:35
emoticon-Ngakak
udah salah ngotot nih pasti tipenya
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 08:43
mau beritany lebih rame? suruh pelaku pake kopiah atau sarung
pelaku dari orang2 ono mah dibilang oknum doank
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 08:46
Solusinya ya simpel
tinggal dibikin mati beneran kan beres emoticon-Leh Uga
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 08:48
kayak film aja memalsukan kematiannya
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 08:51
Yang begini” nih yang merusak citra guru emoticon-Ngamuk
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 08:55
Sekalian aja di kasih kenyataan matinya
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 09:02
walau masih idup guru di kabupaten pedalaman jg makan gaji buta kok, jarang ngajar makanya anak2 pedalaman pada bego2 bukan anaknya yg ketinggalan tp gurunya yg males, kenapa ane tau karena waktu kkn ane pernah bantuin temen ane yg anak fisip ngajar dan melihat langsung situasi pendidikan di desa2 tsb
Diubah oleh ultraexcimers
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 09:02
Quote:Original Posted By trimusketeers
Suaminya kena tuh, bersetongkolemoticon-Ngakak


Turut serta dalam penipuan puhemoticon-Matabelo
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 09:20
set dah sampe sgtunya...
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 09:24
di Medan apa sih yg ga bisa.... ?!
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 09:26
Anjirr epic bet dah emoticon-Ngakak
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 09:29
secara sadar sengaja melakukan tindak korupsi. masih minta eksepsi, ga tau malu
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 09:29
perangkat pemerintah yg ngeluarin surat kematin jg perlu diusut itu.. siapa tahu sering buat surat palsu, setidaknya selama 7 thn emoticon-No Hope
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 09:30
emoticon-Wakaka +62.... Hacking Goverment
0 0
0
Pura-pura Mati Guru SD di Medan Makan Gaji Buta Selama 7 Tahun
11-06-2020 09:40
waduh emoticon-Hammer2
0 0
0
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia