News
Batal
KATEGORI
link has been copied
125
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edf02839a972e303e17173e/survei-elektabilitas-pdi-perjuangan-terjun-bebas
Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas partai politik Tanah Air. Elektabilitas PDI Perjuangan terjun bebas bila dibandingkan dengan Februari 2020, yaitu dari 29,8 persen menjadi 22,2 persen.
Lapor Hansip
09-06-2020 10:31

Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas

Past Hot Thread


JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas partai politik Tanah Air.

Hasil survei yang dilakukan pada 16-18 Mei 2020 tersebut menunjukkan, elektabilitas mayoritas partai politik mengalami penurunan.

Bahkan, elektabilitas PDI Perjuangan terjun bebas bila dibandingkan dengan Februari 2020, yaitu dari 29,8 persen menjadi 22,2 persen. Itu berarti elektabilitas partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri tersebut terkoreksi 7,6 persen.

Koreksi elektabilitas ini menjadi yang terdalam dibandingkan partai politik lain yang juga mengalami penurunan.

"Tak ada dinamika elektoral yang berarti di tingkat partai politik, kecuali penurunan dukungan terhadap PDI Perjuangan," demikian tulis kesimpulan survei tersebut, dikutip Kompas.com dari laman resmi Indikator, Selasa (9/6/2020).

Baca juga: Survei: Elektabilitas Ganjar dan Ridwan Kamil Naik, Anies Turun

Ada 15 partai politik lain yang dimasukkan daftar pilihan partai pada survei tersebut, selain PDI Perjuangan.


Merujuk hasil survei, Partai Garuda dan Partai Bulan Bintang (PBB) tidak mengalami perubahan elektabilitas, baik pada Februari maupun Mei, yaitu tetap 0 persen. Hal yang sama juga dialami Partai Hanura yang memiliki elektabilitas tetap, yaitu 0,4 persen.

Adapun kenaikan tipis dialami oleh Partai Berkarya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan PKPI. Dua partai yang berhasil menempatkan kadernya di DPR pada Pemilu Legislatif 2019, yaitu Partai Nasdem dan Partai Amanat Nasional ( PAN), juga mengalami hal serupa.

Sementara itu, tujuh partai besar lainnya, yakni Gerindra, Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB), Partai Keadilan Sejahtera ( PKS), Partai Persatuan Pembangunan ( PPP) dan Partai Demokrat, mengalami penurunan tipis.

Berikut hasil selengkapnya:

1. PKB (Februari 7,8 persen; Mei 5,7 persen)
2. Gerindra (Februari 16,2 persen; Mei 15,2 persen)
3. PDI Perjuangan (Februari 29,8 persen; Mei 22,2 persen)
4. Golkar (Februari 6,7 persen; Mei 6,4 persen)
5. Nasdem (Februari 2,3 persen; Mei 3,3 persen)
6. Garuda (Februari 0 persen; Mei 0 persen)
7. Berkarya (Februari 0 persen; Mei 0,2 persen)
8. PKS (Februari 4,7 persen; Mei 4 persen)
9. Perindo (Februari 0,9 persen; Mei 0,3 persen)
10. PPP (Februari 3,8 persen; Mei 1,7 persen)
11. PSI (Februari 0,6 persen; Mei 0,7 persen)
12. PAN (Februari 1,3 persen; Mei 2,1 persen)
13. Hanura (Februari 0,4 persen; Mei 0,4 persen)
14. Demokrat (Februari 4,6 persen; Mei 3,6 persen)
15. PBB (Februari 0 persen; Mei 0 persen)
16. PKPI (Februari 0 persen; Mei 0,2 persen)
17. Lainnya (Februari 0,1 persen; Mei 0,2 persen)
18. Tidak tahu/tidak jawab (Februari 20,5 persen; Mei 33,9 persen)

Untuk diketahui, responden pada survei ini sebanyak 1.200 responden dengan metode kontak telepon. Margin of error survei ini lebih kurang 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

https://nasional.kompas.com/read/202...n-terjun-bebas

Apakah akan senasib demokrat
Diubah oleh gmc.yukon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 29 lainnya memberi reputasi
24
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 18:06
masa nya akan datang, di mana pemilih2 tua bloon yg pada silau ama gambar sukarno di dalam banner PDIP akan punah emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 18:12
udahlah semua parpol dimerger pecah jadi 3 biji aja kek jaman dulu
pusing ajg liat kertas pemilu banyak partai kek gitu buang buang duit negara aja mesti kasi makan partai tiap taun 1T masing masing emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 18:15
Indosat
emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 18:21
Anjay..metode kontak telepon

Dikira ini Kuis Jari Jari kali ya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 18:21
banteng cocoknya buat matadoran bukan buat politik
profile-picture
profile-picture
maverick4ever dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 18:25
GAK NGURUS BOY
0 0
0
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 18:29
suda pada apatis dengan yang namanya partai politik
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 18:30
partainya nurhadi kok ga ada?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 18:43
eyalahh masa pandemi gini ngomongin politik ya bodo amat
0 0
0
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 18:54
Baperan sih
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 18:55
bukti bahwa masyarakat sekarang lebih aware ke tokoh dibanding partainya..
banyak yg milih gak tahu..

Contohnya RK..
Walau gak didukung partai2 besar macam pdip, gerindra, golkar tetap bisa menang di pilkada jabar..
Yg penting lolos threshold..

RK for RI1 2024
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 19:06
pdip dah sadar itu...mkanya doi pke aji mumpung...mumpung msh di atas..sikkkaattt semua uang negara yg bsa dsikat...peras uang rakyat yg bsa di peras.krna next doi bkal nyungsep
kek nimbun.sembako sblum.keadaan genting..wkkkkk
0 0
0
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 19:12
Partai politik tuh yg paling bagus apa sih?
Perasaan kok, kalo ga program nya khayal, kelakuan anggota nya yg lucu2, bikin pemilih ilfil.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 19:18
yg abstain banyak bgt yaa.. ⅓ bagian sendiri.. bukti kalo kepercayaan masyarakat ama parpol mulai turun
0 0
0
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 19:22
instropeksi diri dong
0 0
0
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 19:24
pdi-p sdh dilupakan minoritas..maklum ngorbanin mino terus..

mendingan mino beralih ke parpol nasionalis lain dr pd pdi-p
0 0
0
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 19:25
Mak Banteng ? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 19:28
mending balik perjuangkan bbm aja kek dulu
0 0
0
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 19:28
Ah masa... Bukannya optimis pasti meroket??? Kan kerja kerja kerja terus, masa nggak kelihatan hasil(korupsi)nya?
emoticon-Ngakak
0 0
0
Survei: Elektabilitas PDI Perjuangan Terjun Bebas
09-06-2020 19:37
masih aja mau dikadalin mau milih moncong putih emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia