joko.win
TS
joko.win
Peringkat Pertamina Kalahkan Alibaba & Facebook, Karena Tangan Dingin Ahok..


JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendapatkan perhatian internasional. PT Pertamina (Persero) menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk daftar Top 500 Fortune Global 2019. Bahkan, Pertamina mampu mengalahkan Alibaba dan Facebook.

Dalam daftar Top 500 Fortune Global 2019, Pertamina menduduki peringkat 175, melesat 78 peringkat dari posisi tahun 2018 yang berada di peringkat 253. Pencapaian tersebut membuktikan bahwa perusahaan BUMN mampu menjadi perusahaan bergengsi dan disegani, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di mancanegara.

BACA JUGA

Tunggu Payung Hukum, Erick Akan Libas BUMN ‘Hantu‘, Netizen: Mungkin Mahfud Bisa BantuSiti Fadilah Ungkap Bisnis Vaksin di Dunia Internasional, Hingga Perlawanan pada WHO & PBBPenyakit Lama, Ternyata Minyak Kayu Putih Bisa Sembuhkan Pasien COVID-19

Dalam Fortune Global 500, Pertamina berhasil menduduki peringkat 175, mengalahkan perusahaan top dunia yaitu Alibaba Group yang berada di peringkat 182 dan Facebook di posisi 184.

Fortune Global 500 atau dikenal juga dengan Global 500 merupakan daftar tahunan yang memuat 500 perusahaan terbaik di seluruh dunia berdasarkan peringkat yang dirangkum dan diterbitkan oleh majalah Fortune selama 67 tahun berturut-turut. Pemeringkatan tersebut berdasarkan pendapatan dan laba bersih perusahaan di tahun fiskal sebelumnya.

Sebanyak 500 perusahaan terbesar di dunia masuk daftar ini. Perusahaan yang tersebar di 34 negara ini membukukan pendapatan US$32,7 triliun dengan laba US$2,15 triliun pada 2018. Secara keseluruhan, 500 perusahaan ini memiliki 69,3 juta pekerja di seluruh dunia.

VP Corporate Communication Fajriyah Usman mengatakan pencapaian Pertamina ini berkat dukungan positif dari berbagai pihak, baik manajemen dan pekerja, Pemerintah dan masyarakat serta stakeholder lainnya. Hal ini juga membuktikan Pertamina diakui sejajar dengan world class company lainnya.

“Adalah suatu kebanggaan Pertamina berada di peringkat TOP 175 daftar Fortune Global 500. Kebanggaan ini juga untuk Indonesia. Karena Pertamina telah terbukti mampu bersaing di kancah dunia. Harus disyukuri dan menjadi tantangan kami ke depan untuk dapat terus tumbuh dan memberikan manfaat seluas-luasnya untuk masyarakat dan negara” ucap Fajriyah, dikutip darilaman Bensinkita, Minggu, (7/6/2020).

Pada 2018, Pertamina membukukan pendapatan US$ 57,933 miliar atau meningkat hingga 34,9% dari 2017. Untuk laba bersih, Pertamina berhasil meraup US$ 2,526 miliar dengan aset mencapai US$ 64,7 miliar dan 31.569 karyawan yang tersebar di seluruh dunia.

Lebih lanjut Fajriyah menambahkan bahwa pertumbuhan Pertamina tidak terlepas dari konsitensi Pertamina untuk terus meningkatkan perannya dalam memastikan availability, accessability, affordability, acceptability dan sustainability energi nasional.

“Terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia dan seluruh masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada Pertamina untuk menjaga ketahanan energi nasional dan mendukung Pertamina menjadi salah satu kekuatan yang diperhitungkan dunia”, tutupnya.

Catatan khusus adalah lonjakan pesat peringkat Pertamina dalam daftar Top Fortune Global 500. Ini menjadi indikasi membaiknya kinerja menyusul konsolidasi di dalam tubuh Pertamina yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dipercaya sebagai Komisaris Utama Pertamina  sejak akhir November tahun lalu.

Ahok dulu sempat berkelakar ke media soal posisinya: "Komut rasa Dirut." Sangat mungkin kelakar tersebut menjadi kenyataan menyusul prestasi membanggakan Pertamina di kancah dunia, isu tentang itu belakangan memang santer.

https://www.netralnews.com/bisnis/re...an-dingin-ahok


 
Diubah oleh joko.win 08-06-2020 12:49
fengfudiamondchestJazed
Jazed dan 47 lainnya memberi reputasi
34
10.8K
199
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.