News
Batal
KATEGORI
link has been copied
286
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edde96d0577a93837649af1/tutut-ungkap-ucapan-soeharto-tolak-kabur-ke-negara-lain-usai-lengser
Kisah itu diungkap pada hari ulang tahun kelahiran Soeharto, 8 Juni, oleh putri pertamanya yaitu Siti Hardijanti Rukmana atau biasa disapa Tutut Soeharto. Tutut mengungkapkan, medio 90-an, saat massa rakyat sudah menyuarakan agar Soeharto diturunkan dan diadili atas kesalahan-kesalahannya, sang ayah akhirnya turun.
Lapor Hansip
08-06-2020 14:31

Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser

Past Hot Thread
Quote:Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser

Suara.com - Setelah lengser dari kursi kepresidenan, penguasa Orde Baru Soeharto diklaim sempat diajak bergabung dan mendapatkan perlindungan dari negara lain. Namun, Soeharto menolak.

Kisah itu diungkap pada hari ulang tahun kelahiran Soeharto, 8 Juni, oleh putri pertamanya yaitu Siti Hardijanti Rukmana atau biasa disapa Tutut Soeharto.

Tutut mengungkapkan, medio 90-an, saat massa rakyat sudah menyuarakan agar Soeharto diturunkan dan diadili atas kesalahan-kesalahannya, sang ayah akhirnya turun.

Soeharto yang memutuskan berhenti dari jabatannya sebagai Presiden RI kemudian ditawari oleh sejumlah presiden negara lain, untuk datang ke negara mereka. Namun, Soeharto menolaknya dengan alasan ingin tetap berada di Indonesia.

"Saya tidak akan pergi ke mana-mana. Ini rumah saya. Saya akan tetap di sini. Sampaikan terima kasih saya pada sahabat-sahabat saya dari negara-begara lain. Tapi maaf, saya tidak akan meninggalken Indonesia. Saya lahir di Indonesia. Seandainya saya harus mati, saya akan mati di Indonesia, negeri di mana saya dilahirkan," tulis Tutut mengutip perkataan Soeharto waktu itu.

Ketika kemudian Soeharto ditanya mengenai keadaan yang mencekam itu, ia mengaku tidak takut.

"Kenapa saya harus takut? Saya tidak bersalah. Saya sudah melakukan tugas saya dengan sebaik kemampuan yang saya punya. Saya meyakini, bahwa yang turun ke jalan, hanya terhasut oleh kelompok yang menginginkan Indonesia hancur. Semoga Allah mengampuni mereka, dan segera mengadarkan mereka, karena amsyarakat kecil yang akhirnya akan lebih menderita. Kami hanya berlindung pada Allah Yang Maha Agung," kata Soeharto yang kutip Tutut lagi dalam situs pribadinya.

Tutut menuliskan cerita khusus soal Soeharto tepat sehari sebelum hari ulang tahun Soeharto yang jatuh pada 8 Juni.

Selain itu, Tutut juga mengenang bahwa sejak peristiwa berhentinya Soeharto dari jabatan presiden, ia dan keluarganya di Cendana hanya dijaga oleh satpam dan beberapa anggota ABRI yang mengajukan pensiun dini.

Hal itu dilakukan karena pengawalan yang sebelumnya diberikan oleh ABRI kepada Presiden dan mantan Presiden dicabut oleh Presiden Habibie.

Tutut mengaku dirinya tidak terima atas tuduhan yang dilontarkan kepada Soeharto. Menurutnya, Soeharto telah berjuang begitu besar kepada bangsa dan negara.

Lebih lanjut, Tutut juga mengaku sakit ketika mengingat sekelompok pihak yang sebelumnya membantu Soeharto mendadak mengundurkan diri.

"Yang lebih menyakitkan, sekelompok pembantu bapak pada saat bapak menjadi presiden, melakukan tindakan yang sangat tidak etis, yaitu akan mengundurkan diri dari jabatan Menteri kalau bapak tetap jadi Presiden. Mungkin mereka berfikir, mereka akan bisa menguasai Indonesia, setelah bapak tidak jadi Presiden," kata Tutut.

https://www.suara.com/news/2020/06/0...n-usai-lengser


Eheemmm..emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariebetadine dan 35 lainnya memberi reputasi
28
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 12:09
masih manusia biasa, bukan Nabi, pasti ada baik buruknya, ada pro dan kontra, beliau juga berjasa buat negeri ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 12:29
ya ngapain kabur juga
setelah lengser sampe akhir hayat nya juga adem2 nyantai aja di cendana
bukan di cipinang/sukamiskin
0 0
0
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 12:32
Lha bukan nya waktu itu juga ada isu Indonesia bakal bubar juga kan, terus ada isu Satrio piningit , terus ada isu bakal berubah jadi negara states, terus isu apa lagi banyak juga seperti sekarang ketika gonjang ganjing peralihan reformasi itu.
Masyarakat sempat kaget juga ketika Timor Leste cabut ketika itu.
Waktu itu gak ada medsos tapi baca berita di koran dan isu isu dari mulut lumayan ngeri.
profile-picture
sav.grezza memberi reputasi
1 0
1
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 12:35
cerpen.. cerita sepihak
0 0
0
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 12:39
udah terbukti??? Xixixixixi
0 0
0
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 12:57
kalau ga ada beliau jakarta ga akan semaju sekarang ini..

















dan mungkin daerah2 lain ga akan tertinggal seperti sekarang ini juga emoticon-Hammer
0 0
0
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 12:59
the real president..anjhing yg dulu demo 98 skrg jd pejabat dan malah jadi tayik!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 13:00
jadi inget kutipan alm.Gusdur "Pak harto itu orang pinter lhoo jasanya buat negeri ini besar walaupun dosanya juga besar"emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 13:02
Di sini ada nggak yg lulusan sekolah inpres? Kalau ada dan masih menghujat beliau berarti fix ga tau diri. Beliau pasti ada kurangnya tapi apakah zaman sekarang lebih baik daripada zaman kepemimpinan beliau? Ane rasa nggak. Pada koar2 anti KKN, padahal nih rezim skrg isinya KKN.
Apa kabar 7.000T yg KONON ada di Swiss? Udah berhasil dicairkan? Atau bacot aja?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 13:12
setelah lama berlalu kok bru skr berdongeng mbuuuttt....mncoba meraih simpati yak???becik ketitik ala ketara...akeh ala ne timbang becike trah kluarga cendana..
0 0
0
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 13:23
Kalau di banding Orba sama rezim sekarang enak mana slur ??
profile-picture
profile-picture
black_robo dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 13:23
Begitulah..
Dan sejak saat itu, semua tikus curut merasa dirinya adalah pahlawannya.. emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 13:33
setiap orang punya sisi baik dan buruk dalam kehidupan, kalau yang baik coba kita teladani kalau yang buruk coba kita hindari emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
isu152 memberi reputasi
1 0
1
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 13:38
lah kalau pak harto diprngaringan malah bubrah semua klan family nya makanya dia tetap bertahan biar setidak nya harta nya gak di obrak abrik karna banyak taipan yg tunduk sama dia juga
0 0
0
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 13:49
Jadi penasaran, di buku sejarah sekarang, lengsernya Soeharto gara-gara apa ya?
0 0
0
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 13:54
yg bener yg mana nih
0 0
0
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 14:00
Nek liat masa muda Mbah Harto yg sosialis n "kejawen", ane rasa beliau typical baik n peduli dgn rakyatnya. Sebenarnya banyak "suara" agar suksesi terjadi di taun 80-an.
Godaan power jadi serasa "Raja Jawa" gaya baru yess. emoticon-Big Grin




Diubah oleh scorpiolama
profile-picture
profile-picture
jintuang dan black_robo memberi reputasi
2 0
2
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 14:00
"Kenapa saya harus takut? Saya tidak bersalah. Saya sudah melakukan tugas saya dengan sebaik kemampuan yang saya punya. Saya meyakini, bahwa yang turun ke jalan, hanya terhasut oleh kelompok yang menginginkan Indonesia hancur. Semoga Allah mengampuni mereka, dan segera mengadarkan mereka, karena amsyarakat kecil yang akhirnya akan lebih menderita. Kami hanya berlindung pada Allah Yang Maha Agung," kata Soeharto yang kutip Tutut lagi dalam situs pribadinya.

Indonesia blom hancur mbah belum saatnya. emoticon-Big Grin
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 14:02
kalau suharto diganti di 1988 secara damai & penggantinya tepat, besar kemungkinan indonesia sudah maju, bersaing dengan korsel. nama dia bisa sangat harum di dalam negeri. sampai tahun2 tersebut, arah pembangunan sudah lumayan bagus. yang buat hancur itu ketika dia sudah politisasi agama hasil pengaruh godfather nasbung yang dipuja2 nasbung sebagai orang jenius & cuci nama pakai beberapa film bioskop.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tutut Ungkap Ucapan Soeharto Tolak Kabur ke Negara Lain Usai Lengser
09-06-2020 14:09
Gitulah... semakin pohon tinggi semakin besar angin menerpa. Jd pemimpin emang gitu kalau senang semua ikut senang termasuk bawahannya yg pinter jilat. tp, ketika susah semua pada kabur gk mau ikut campur..

profile-picture
profile-picture
black_robo dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia