Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
136
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edd9452f0bdb26428188498/waspada-penipuan-modus-baru-lewat-panggilan-telepon-gan-sis
Problematika kasus penipuan memang tak ada habisnya, di zaman serba canggihnya teknologi ini ternyata dimanfaatkan sebagian orang untuk digunakan sebagai media sarana penipuan.
Lapor Hansip
08-06-2020 08:28

Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Problematika kasus penipuan memang tak ada habisnya, di zaman serba canggihnya teknologi ini ternyata dimanfaatkan sebagian orang untuk digunakan sebagai media sarana penipuan. Tak sedikit sms-sms menggiurkan hadir hampir di setiap waktunya dengan iming-iming hadiah dari perusahaan tertentu. Tak hanya itu saja terkadang penipuan kedok pinjaman atau judi online pun muncul dalam bentuk sms. Bicara SMS sendiri tentunya kini sudah teralihkan keberadaannya karena sudah ada hal lain seperti aplikasi chat yang menggeser popularitas dari SMS.
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis

Credit : geeq.id

Isi SMS di smartphone masa kini kebanyakan di isi oleh promo tak jelas serta modus penipuan. Modus penipuan lewat sms ini memang masih saja sering terjadi, akan tetapi modus penipuan masa kini tak hanya lewat sms belaka namun juga ada yang sampai menelpon calon korbannya. Tak hanya menelpon semata, tak jarang modus penipuan lewat telepon ini ada pesan pop call terlebih dahulu sebelum ada panggilan masuk, hal ini seperti meyakinkan sekali bagi orang awam.

Pengalaman ane pribadi, beberapa kali ada nomor tak dikenal masuk begitu saja, mulai dari ada yang mengaku dari bank-bank tertentu yang kemudian ane tutup telponnya. Setelah kejadian tersebut ternyata ada lagi telepon serupa sampai dua kali menelpon mengaku dari bank sama sebagai customer service dari bank di jakarta, hal ini pun ane tutup telponnya karena ane yakin itu penipuan karena menggunakan nomor telepon biasa. Tak lama kemudian setelah itu telepon penipuan itu ada lagi dan parahnya hal ini bisa dikatakan modus penipuan baru lewat telepon dengan diawali dengan pesan pop call sebelum panggilan masuk yang pesannya berisi panggilan dari bank tertentu. Untuk panggilan tersebut tidak ane jawab karena ane yakin itu adalah penipuan. Ane sendiri sempat menelpon cs dari provider sim hp ane dan dapat dipastikan itu adalah penipuan.

Adanya modus cara baru penipuan lewat panggilan telepon ini tentunya harus kita waspadai, penipuan lewat sms mungkin sudah tak dianggap efektif bagi sebagian penipu hingga ujungnya memberanikan diri menelpon calon korbannya termasuk menggunakan fitur pop call untuk meyakinkan calon korbannya sebelum penipu itu menelpon. Jika menghadapi hal ini tentunya lebih baik hubungi cs dari operator seluler terkait karena kita akan mendapatkan informasi dan arahan untuk menghadapi penipuan lewat panggilan telepon.

Mencegah lebih baik dari pada hal buruk terjadi, dalam hal ini berdasarkan pengalaman ane dan hasil bertanya pada cs operator seluler untuk menghadapi hal ini kita jangan angkat telepon dari nomor tak jelas. Jika kita sudah terlanjur angkat telepon yang tak jelas kepentingannya alangkah baiknya tutup saja telponnya karena penipu bisa saja melancarkan bujuk rayunya. Jika ada penipu yang menggunakan fitur pop call alangkah baiknya biarkan saja tak perlu kita angkat telponnya. Penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk melacak nomor tidak terlalu efektif, hal ini karena tak jarang nomor penipu tercantum dengan nama lain yang tak menyakinkan bahwa nomor tersebut bukan nomor penipuan. Selain itu kita juga harus berpikir logis bila ada yang menelpon, setiap telpon yang masuk pasti punya alasannya sendiri sehingga jika ada penelpon menawarkan hadiah tak jelas alangkah baiknya tak usah ditanggapi dan tutup saja panggilan telponnya. Langkah selanjutnya kita bisa laporkan nomor penipuan tersebut kepada pihak terkait lewat menelpon CS operator seluler nantinya CS akan menginfokan langkah-langkah untuk melaporkan nomor spam atau penipuan agar ditindak lebih lanjut.
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis

Credit : azix55.blogspot.com

Modus baru penipuan lewat panggilan telepon dengan menggunakan fitur pop call ini sudah semestinya kita waspadai, akal dan logika kita harus dilibatkan agar tak menjadi korban penipuan. Demikian tulisan ane kali ini, bagaimana pendapat agan dan sista? Pernahkah mengalami hal seperti itu? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi, pengalaman pribadi dan inspirasi kehidupan
Sumber Lain
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berodin dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 10:45
lebih baik jangan ditanggapi emang, sekrang telp pakenya WA wkwk
profile-picture
alifbinbudi memberi reputasi
1 0
1
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 10:53
Kalo dari nomor yang ga kedaftar di Kontak, ane skip
bodo amat...

in case ga diangkat 3 kali kan pasti dia mikir...kemudian dm atau chat atau apalah...

Introduction dulu dah, mau sepenting apapun itu...


kecuali serangan Nuklir, alien dan ekspansi Asgard baru ane kasih perhatian

kalo lembaga resmi pasti jelas prosedurnya emoticon-Smilie

profile-picture
alifbinbudi memberi reputasi
1 0
1
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 10:57
ane sering bgt dpt telpon dr no. yg gk dikenal.. gilanya sehari bisa belasan sampe puluhan telpon tp dengan no. yg beda².. sampe ane capek denger notif gegara gk ada yg ane angkat.. ane jg curiga pasti itu penipuan.. soalnya kalo bukan penipuan, ato telpon darurat dr org penting.. harusnya kalo gk diangkat bakal ninggal pesan lewat sms ato lainnya.. tp ini engga, hampir tiap hari telpon doang..
profile-picture
alifbinbudi memberi reputasi
1 0
1
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 11:16
Ga kenal, jgn dijawab, kalau penting pasti wa atau sms..atau nelp lagi..
profile-picture
alifbinbudi memberi reputasi
1 0
1
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 11:42
pengalaman modus klasik dapet hadiah disuruh ke atm...
sok excited oke tunggu sebentar ya pak wahhhh dapet rejeki tau aja lagi seret!!

suruh sopir nganggur nyalain motor dia, suruh sekali2 gas, kaya orang jalan bener lah...

gw tinggal berak, sekian lama masih nyambung..
profile-picture
profile-picture
latsyrc dan alifbinbudi memberi reputasi
2 0
2
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 12:11
Dulu ada Telp kata nya Anak Bapak Kecelakaan Disekolah dan lagi Dibawa ke Rumah Sakit kata ane Lapor Polisi aza, Langsung Telp nya Ditutup, ane Berani Bilang Beghitu karena ane Nikah aza Belum apa lagi Punya anak yang Sudah Bersekolah lagi 😂
profile-picture
alifbinbudi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 12:14
gw dh brp kali dpt pop call beginian, tulisan di pop call nya cs Bank bla bla bla dgn no hotline, untungnya nyadar no pemanggil pake seluler biasa.
yg bahaya klo org lg ga fokus ga merhatiin no pemanggil.

kasus ane penipunya atas nama BRI, langsung nanya BRI poin ane mau ditukar di mana...(lah ane kaga punya BRI poin apa yg mau dituker), ane jwb aj ga mau nuker di mana2, eh dianya nyolot klo ga dituker norek ane mau diblokir, ane bilang udh blokir aj, dijawab ok kami blokir trus ditutup...pen ngakak dengernya..

so berhati2 lah sobat...
profile-picture
alifbinbudi memberi reputasi
1 0
1
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 13:16
kok ada ya orang yg masih ketipu model begini...
profile-picture
alifbinbudi memberi reputasi
1 0
1
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 14:08
modus lama ini gan, intinya waspada saja
0 0
0
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 14:16
pertama ganti kartu ditelpon nomor tak dikenal sampe tiga kali. kode nomornya mirip, cuma beda ujung doang.

takut kenapa2 ya langsung tak blok aja. pas nelpon sih mereka ngira aku customernya. gatau cust apaan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 15:40
emoticon-Wakaka

jangan mau ketipu... gak enak banget soalnya....
profile-picture
profile-picture
luluvi dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 16:03
kalo ada yg terima dari nomor yg gak dikenal hati2..tapi jgn lupa kalo memang sedang ada janji dari suatu pihak(bank, provider dll) harap dicatat supaya gak lupa buat janji sebelum nya. karena nomot hotline bank hanya terima nomor masuk, kalo keluar menggunakan nomor random seperti hp krn kerjasama dgn provider. soalnya di tempat ane kerja Bank, banyak nasabah yg tertipu no hotline bank dan memberikan sms otp krn diinfo ccnya dipakai trx dan minta kode pembatalan dari sms, padahal itu kode otorisasi trx.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 16:12
sumpah demi apapun gausah angkat2 nomor gak dikenal deh, udah banyak disekeliling ane yg kena tipu... ikut geregetan!!emoticon-Marah
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 18:47
Hmm.. Hrs hati2 dan waspada nih..emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 19:31
Quote:Original Posted By tafakoer
jadinya dilema kalo ada panggilan masuk emoticon-Hammer (S)


Iya, takut ada apa apa, tapi kok ya bisa jadi penting
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 19:55
ada telpon masuk gk dikenal biasanya gue liatin dl nomornya gak lgsung angkat
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 20:04
Quote:Original Posted By nandaps
ane juga maunya gitu, tapi tetep aja diangkat soalnya takut penting


Iya sih yaaa wkwkkw mending diangkat dulu baru kalo gajelas dimatiin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 20:05
Quote:Original Posted By kakekane.cell
Jgnkan nmr yg nggk dikenal,,, ada tmn yg saya kenal cuma chat "P" aja saya cuekin... emoticon-Embarrassment


Wah kalo itu sama banget si gan, gasuka kalo P gituu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 21:16
Ane pernah nih ditelpon modus kek ginian, ane ditelpon orang bank swasta pdahal ane gak punya rekening disana, wkwkwkw ane kerjain sekalian aja ampe dia kesel dah tuh emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Waspada Penipuan Modus Baru lewat Panggilan Telepon gan sis
09-06-2020 21:18
Inilah tujuan getcaller/truecaller berfungsi emoticon-Big Grin ane kalo ada telfon masuk suka ngga ngangkat dulu buat cari tau nomornya
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia