DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
Bahaya Limbah Plastik dan 8 Daun yang Bisa Dipergunakan Sebagai Pembungkus Makanan

Kaskus DeYudi69 -Membungkus beraneka ragam makanan dengan menggunakan kertas makanan atau pun plastik di saat ini memang sudah merupakan hal yang lumrah, mengingat dengan plastik atau kertas pembungkus makanan akan menjadi lebih cepat dan juga lebih praktis untuk dipergunakan, sekali pakai langsung buang.

Namun, tentu saja dibalik kesimpelan dari penggunaan plastik pembungkus makanan, akan ada banyak kerugian yang terjadi, terutama bagi kebersihan dan kesehatan manusia juga lingkungan di sekitarnya.


sumber

Tak dapat dipungkiri, kesadaran diri masyarakat di negara kita masih sangat kecil, banyak orang yang enggan untuk melangkahkan kaki sedikit lebih jauh untuk membuang sampah pada tempat yang semestinya.

Alhasil, tak hanya percemaran lingkungan yang dapat terjadi, tetapi juga kerusakan ekosistem alam. Banyak hewan darat maupun hewan pada perairan yang mati akibat dari memakan sampah plastik.

Sampah plastik sendiri tak dapat terurai dalam waktu yang cukup lama, para ahli mengatakan setidaknya diperlukan waktu selama 500 sampai dengan 1000 tahun untuk terjadinya penguraian plastik secara alami di alam terbuka.


sumber

Gimana Gan-Sis? Apa kita harus terus memelihara kebiasaan buruk kita yang membuang sampah, terutama sampah plastik secara sembarangan?

Para pendahulu kita mampu memiliki kualatas hidup yang lebih sehat dan panjang umur karena tidak menggunakan berbagai produk plastik sebagai pembungkus dan ssbagai tempat makanannya, mereka, nenek moyang kita orang Indonesia, lebih menggunakan bahan-bahan alami yang sudah disediakan oleh alam, dan berikut ini ane rangkum beberapa daun dari tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan :

1. Daun Pisang


sumber

Sampai sekarang pun sebenarnya daun pisang masih banyak dipergunakan untuk membungkus beraneka ragam makanan tradisional khas Indonesia. Misalnya kue lemper, pepes ikan, bahkan dipergunakan untuk membungkus nasi campur.

Selain ramah lingkungan, karena dapat terurai dengan mudah, ternyata daun pisang juga mampu memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, karena mengandung zat polifenol sebagai sumber antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagi macam penyakit pada tubuh manusia.

Makanan yang dibungkus menggunakan daun pisang juga akan lebih terasa harum dan nikmat.

2. Daun Kelapa


sumber

Daun kelapa memiliki bentuk yang memanjang dan tidak terlalu lebar. Daun kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan, yang paling sering kita jumpai misalnya ketupat, daun kelapa dipergunakan sebagai wadah atau kulit dalam membuat ketupat.

Dan masih banyak lagi penganan tradisional khas Indonesia yang menggunakan daun kelapa sebagai pembungkusnya, misalnya kue clorot dan kue bantal.

3. Daun Kunyit


sumber

Di daerah ane, daun kunyit juga bisanya dipergunakan untuk membungkus makanan, seperti untuk membuat tum daginga ayam (tum = makanan khas daerah Bali), atau pun juga dapat dipergunakan untuk membuat pepes ikan.

4. Daun Sente


sumber

Apabila dilihat secara sekilas, daun sente ini hampir menyerupai daun talas, tapi sebenarnya berbeda sama sekali Gan-Sis, walau pun masih masuk ke dalam keluarga tanaman talas, daun sente lebih tebal dan juga dapat dipergunakan untuk membungkus makanan. Di daerah ane biasanya diperkunakan untuk membungkus adonan untuk membuat tape ketan, yang terdiri dari ragi dan juga nasi ketan.

5. Daun Pandan Harum


sumber

Daun pandan yang ane tahu ada dua jenis, yaitu daun pandan berduri dan daun pandan harum. Sejak lama memang daun pandan harum sudah dimanfaatkan sebagi campuran untuk membuat beraneka ragam makanan, karena aromanya yang khas mampu membangkitkan napsu makan seseorang, misalnya dipergunakan dalam campuran untuk membuat bubur kacang hijau atau pun bubur nasi juga bubut sum-sum. Ibu ane sendiri sering menggunakan daun pandan sebagai cetakan untuk membuat kue apem.

6. Daun Bambu


sumber

Sebelum mempergunakan daun bambu sebagai pembungkus makanan, sebaiknya dicuci bersih telebih dahulu, karena terdapat bulu-bulu halus yang di derah ane biasa di sebut dengan medang. Medang ini merupakan sistem pertahanan dari pohon bambu terhadap pemangsa alaminya.

Daun bambu di daerah ane biasanya dipergunakan untuk membuat makanan khas Bali yaitu entil. Bila dilihat sekilas entil ini memang seperti lontong atau pun ketupat, tapi yang berbeda yaitu bentuknya yang dibuat menyerupai persegi empat panjang.

7. Daun Jati


sumber

Daun jati yang masih muda juga dapat digunakan sebagai pembungkus makanan yang sudah matang, seperti ayam goreng, nasi campur, aneka sayuran dll. Daun jati juga biasanya dipergunakan untuk membungkus daging mentah, karena dipercaya mampu menghilangkan bau amis pada daging tersebut.

8. Daun atau Kulit Pembungkus Jagung


sumber

Pernahkan Gan-Sis memakan kue dodol? Bila pernah, biasanya kulit jagung lah yang dipergunakan sebagai pembungkus dari penganan manis yang satu ini.

Sekian thread ane kali ini, sampai jumpa lagi pada thread ane selanjutnya ya Gan-Sis. Jangan lupa beri cendol, rate, tulis komentar dan juga bagikan ke akun media sosial kalian. Thank You.

Baca Juga : Viral, Video Gadis Cantik yang Mengendarai Sepeda Motor Bersetir Mobil

Penulis : DeYudi69


Sumber referensi : opini pribadi dan 1 , 2

Diubah oleh DeYudi69 13-06-2020 07:12
kadeksatia
artana99
tien212700
tien212700 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
6.3K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green Lifestyle
icon
3KThread3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.