Sleipnir9Avatar border
TS
Sleipnir9
Soal Injil Bahasa Minang di Play Store, Gubernur Sumbar: Ini Bukan Masalah Intoleran


PADANG, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, persoalan Injil berbahasa Minangkabau bukan masalah intoleran dengan agama lain, melainkan masalah adat dan budaya Minangkabau.

Irwan mengatakan, adat Minangkabau memiliki falsafah adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, sehingga adat dan budaya itu melekat pada agama Islam.

"Ini bukan persoalan intoleran, tapi masalah adat dan budaya Minangkabau," kata Irwan kepada Kompas.com, Minggu (7/6/2020) di Kantor Gubernur Sumbar.

Irwan mencontohkan masalah adat dan budaya itu dengan kegiatan Nyepi di Bali ketika semua orang harus menghormatinya dengan berdiam diri di rumah dan tidak menyalakan lampu.

"Siapa pun harus menghormatinya di Bali itu. Begitu juga dengan Minangkabau dengan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Jangan diprovokasi," kata Irwan.

Menurut Irwan, dengan telah hilangnya aplikasi tersebut dari Google Play Store, diharapkan masyarakat Minangkabau tidak terprovokasi dengan menjaga kerukunan umat beragama.

"Kan sudah hilang. Jadi, kita minta masyarakat jangan terprovokasi dan menjaga kerukunan umat beragama," kata Irwan.

Sebelumnya diberitakan, akibat adanya keresahan dari masyarakat Sumatera Barat terhadap adanya aplikasi kitab suci Injil berbahasa Minangkabau, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengirim surat ke Menteri Komunikasi dan Informatika.

Surat dengan Nomor 555/327/Diskominfo/2020 tertanggal 28 Mei 2020 tersebut berisi tentang permintaan penghapusan Aplikasi Kitab Suci Injil Minangkabau.

Surat tersebut ternyata menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat, terutama di media sosial.

sumber
killstarpopper
yuki26
rizaradri
rizaradri dan 36 lainnya memberi reputasi
33
12.5K
284
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.