News
Batal
KATEGORI
link has been copied
115
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed5bf4a68cc9511d43c0dc2/nasa-matahari-meledak-apakah-berbahaya
Dilansir dari detik.com, NASA, lembaga antariksa milik Amerika Serikat akhir-akhir ini memberitakan bahwa kemungkinan akan terjadi klaster baru ledakan suar matahari alias solar flare, walaupun belakangan ini matahari sedang mengalami masa lockdown. Tentu saja, lockdown matahari
Lapor Hansip
02-06-2020 09:54

NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ledakan solar matahari ini adalah yang terbesar sejak 2017 dan mencapai level M-class
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
Solar Flare (sumber: google.com)

Dilansir dari detik.com, NASA, lembaga antariksa milik Amerika Serikat akhir-akhir ini memberitakan bahwa kemungkinan akan terjadi klaster baru ledakan suar matahari alias solar flare, walaupun belakangan ini matahari sedang mengalami masa lockdown. Tentu saja, lockdown matahari tidak ada hubungannya dengan lockdown atau PSBB yang terjadi di bumi akibat Corona emoticon-Hammer2
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya? 
Logo NASA (sumber: google.com)

Suar matahari adalah fenomena alam yang biasa terjadi, dan pada dasarnya tidak berbahaya bagi bumi. Suar matahari sendiri dibagi menjadi tiga kelas agansis, yaitu kelas C, M dan X di mana C adalah yang terlemah dan X adalah yang terkuat. Ledakan suar matahari kali ini masuk ke dalam kategori kelas M, yang bisa dilihat dengan jelas dari bumi (pastinya pakai peralatan antariksa ya, bukan dengan mata telanjang), namun tidak berpengaruh pada bumi. Dampak terbesar dari solar flare kategori M ini yang paling besar kemungkinan hanyalah gangguan pada sinyal radio di daerah kutub dan badai matahari kecil. (Sumber: nationalgeographic.com) 

Suar matahari yang bisa menyebabkan dampak pada kehidupan di bumi hanyalah kategori X-Class yang menyebabkan gangguan pada sistem radio di seluruh bumi dan menyebabkan badai radiasi yang berlangsung lama. Untungnya ledakan suar matahari kali ini tidak mencapai kategori tersebut, walaupun NASA masih perlu mengamati aktivitas matahari hingga beberapa bulan ke depan untuk melihat lebih jauh fenomena suar matahari ini. (spaceweather.com)
 
Yang menyebabkan terjadinya suar matahari ini sedikit unik adalah karena matahari seharusnya masih berada pada masa lockdown. Masa lockdown matahari mengacu pada periode di mana matahari tidak menampakkan bintik apapun selama 100 hari belakangan. Munculnya bintik matahari ini-lah yang menjadi pertanda bahwa ledakan suar matahari akan kemungkinan terjadi.
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
Sunspot (sumber: google.com)
 
Bintik matahari adalah fenomena di mana terdapat “titik kosong” di matahari karena adanya area matahari yang temperaturnya lebih rendah dari sekitarnya (ternyata matahari aja ngecas agansis emoticon-Stick Out Tongue). Sejarah pencatatan bintik matahari pertama kali oleh manusia sejauh ini diperdebatkan antara ditemukan oleh Galileo Galilei dan Christoph Scheiner. Namun sumber NASA menyebutkan bahwa bintik matahari kemungkinan besar pertama kali ditemukan oleh Thomas Harriot melalui teleskopnya di bulan Desember 1610. (www.nasa.gov)
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
Thomas Harriot (sumber: google.com)
 
So, tidak usah khawatir bahwa ledakan suar matahari kali ini akan berbahaya ya agansis. Tapi sepertinya akan seru juga ya mengamati matahari seperti Galileo...
Ada yang mau membuat teleskop ala Galileo untuk mengamati fenomena ini? Tapi ingat ya, mengamati matahari tidak boleh dilakukan langsung oleh mata telanjang. Galileo saja memantulkan matahari ke permukaan melalui teleskopnya dan tidak mengamatinya langsung.
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
Teleskop Galileo (sumber: google.com)
Diubah oleh mrdreofzhongwen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yuki26 dan 46 lainnya memberi reputasi
47
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
07-06-2020 21:43
gak berbahaya breee...
jauh lbh bahaya klo mantan balik ke ane 😱 bisa runyam tuh urusan 🤣
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
07-06-2020 22:00
Dasar ane yg cuma ane tau radiasi cahaya matahari, kecepatannya 8 detik baru sampe ke bumi emoticon-Big Grin
jadi objek mata kita terbatas ya klo lihat bintang emoticon-Malu (S)
yg sbenarnya juga matahari emoticon-Big Grin
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
07-06-2020 22:01
Tanda2 akhir bulan masih sangat jauh dan salary tetep kepotong karena wfh emoticon-Turut Berduka
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
07-06-2020 22:10
{thread_title}
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
07-06-2020 22:19
merinding sih ya, jadi salah satu tanda kalo bumi kita udah tua
emoticon-Frown
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
07-06-2020 22:21
Nunggu matahari terbit dari barat.
Udan bosen timur mulu
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
07-06-2020 22:26
dalam agama islam matahari dan bumi tidak akan hancur saat kiamat, karena pada saat kiamat usai, bumi dihamparkan layaknya sebuah padang, lalu manusia & jin dibangkitkan kemudian matahari sgt dekat layaknya jarak 1 jengkal dengan kepala
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
07-06-2020 22:35
Smga tdak tejdi apa2.tkutnya shu dibumi akan mnjdi pnas
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
07-06-2020 23:22
Sekarang saingannya udah banyak.
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
07-06-2020 23:31
Matahari tidak jadi meledak karena efek PSBB gan

Semoga di tahun depan bisa meledak dengan normal kembali

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lima.kilo dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
08-06-2020 00:34
Ternyata matahari juga mengalami lockdown emoticon-Leh Uga
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
08-06-2020 01:03
Anjlog cuma gini doank threadnya,,dari dulu juga udh tw matahari emang begitu
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
08-06-2020 05:52
Matahari meledak bisa bikin duit tipis:dor
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
08-06-2020 06:07
lebih bahaya org yg amarahnya meledak gegara di tagih utangemoticon-Leh Uga
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
08-06-2020 06:36
ane kebayang klo matahari gk ada, jd malem terus....sluruh bumi beku wkwkwkwkw...bagian kutub aj yg cuma bentar kena matahari bs jd salju abadi...gmn klo matahari gk adaemoticon-Hammer2
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
08-06-2020 06:41
ini yg bikin suhu bumi turun 2° selsius kan?
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
08-06-2020 07:27
Oh baru tahu ternyata ada masa dimana matahari meledak ya gan.. tapi syukurlah kalau ledakan matahari kali ini tidak berbahaya ya gansist..
profile-picture
mrdreofzhongwen memberi reputasi
1 0
1
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
08-06-2020 07:27
Nasa banyak hoaxnya ini teori konspirasi sodara2. Mata hari tidak meledak hanya pakai kacamata aja.
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
08-06-2020 09:33
Selalu excited dengan antariksa walaupun ga gitu ngerti. kalau gasalah hal seperti ini yang juga bikin aurora di kutub.
0 0
0
NASA: Matahari Meledak! Apakah Berbahaya?
08-06-2020 09:42
yang berbahaya kalo Ramayana meledak... makin banyak yang di-PHK
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia