• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Ada yang Nyaranin Ojol, Dari Pake Sekat Mending Pake Helm Full Face

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Ada yang Nyaranin Ojol, Dari Pake Sekat Mending Pake Helm Full Face
Sebagai langkah pencegahan virus Corona dan menuju new normal, Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) mengeluarkan terobosan baru. Terobosan ini adalah penggunaan sekat plastik oleh driver ojol. Sekat ini dipasang di punggung driver untuk mencegah penularan corona lewat droplet, entah itu dari pengendara atau penumpang.


Sekat ini lagi dikembangkan oleh Garda dan rencananya akan dijual ke Grab dan Gojek. Namun, inovasi ini menuai pro kontra di tengah masyarakat. Ada setuju tapi ada juga minta untuk kaji lagi penggunaan sekat ini,  apakah baik untuk kesehatan atau tidak.

Kalau menurut Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, dari sisi keselamatan penggunaan sekat ini terbilang kurang aman. Mungkin dari kesehatan akan mencegah penularan lewat droplet, tapi ini bisa jadi mengabaikan keselamatan berkendara. Menurut Sony, sekat tersebut akan menangkap angin ketika motor bergerak. Alhasil, sekat itu mengganggu aerodinamika pemotor bahkan mempengaruhi keseimbangannya.


Menurut Sony, dengan protokol kesehatan yang diterapkan oleh ojol seperti sekarang, itu udah cukup, yakni dengan penggunaan masker dan menerapkan gaya hidup bersih. Sony juga menambahkan, lebih baik lagi kalau driver menggunakan helm full face.

"Kenapa protokol kesehatan seperti masker, helm wajib full face/berpenutup mika, sarung tangan, tidak dikampanyekan? Itu sudah paling baik. Wajibkan penumpang pakai masker, helm berpenutup,"



Diubah oleh kaskus.infoforum 05-06-2020 11:37
mr.yuhuu007
agusn6778
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.8K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.