News
Batal
KATEGORI
link has been copied
242
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edb66a068cc95595c6c229f/pelajaran-agama-perlukah-dihapus
'Kelak 50 tahun lagi negeri ini akan punya masalah besar,' kata Soekarno.  ketika ia dipaksa memasukkan agama dalam kurikulum pendidikan. Sejarah ini diceritakan seseorang yang sangat mengerti awal mula bagaimana pelajaran agama masuk kurikulum di sekolah negeri. Masuknya pelajaran agama pada waktu itu untuk melawan paham komunis yang berkembang semakin besar. Apa yang dikhawatirkan Soekarno, Pre
Lapor Hansip
06-06-2020 16:49

Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?

'Kelak 50 tahun lagi negeri ini akan punya masalah besar,' kata Soekarno. 
ketika ia dipaksa memasukkan agama dalam kurikulum pendidikan. Sejarah ini diceritakan seseorang yang sangat mengerti awal mula bagaimana pelajaran agama masuk kurikulum di sekolah negeri. Masuknya pelajaran agama pada waktu itu untuk melawan paham komunis yang berkembang semakin besar.

Apa yang dikhawatirkan Soekarno, Presiden pertama Indonesia terbukti. Pada masa sekarang, sekolah-sekolah lebih banyak berbicara agama daripada melahirkan para ilmuwan hebat. Bahkan banyak di sekolah negeri, sudah memaksakan identitas agama sebagai penanda keimanan seseorang.

Singapura sudah mengetahui masalah ini sejak lama.
Tahun 1984, waktu itu sekolah di Singapura memasukkan pelajaran agama di sekolah. Lima tahun kemudian, PM Lee Kuan Yew mencabut kebijakan itu. Ketika ditanya kenapa ia melakukan itu, Lee Kuan Yew menjawab, "Agama merupakan suatu hal yang sebaiknya dibiarkan berada dalam kawasan pribadi."

Meski melarang pelajaran agama di sekolah, nilai-nilai agama seperti budi pekerti, adab dan akhlak dimasukkan dalam pelajaran.
Guru-guru agama pun disertifikasi dan didaftar di lembaga pendidikan guru agama. Mereka terus dites supaya memenuhi kriteria oleh MUI nya Singapura. Kalau gagal, mereka tidak boleh mengajarkan agama di mana pun juga di Singapura.

Dan sekarang, kita melihat Singapura adalah negara hebat yang fokus pada ekonomi.

Malaysia juga sudah mulai khawatir dengan situasi "mabuk agama" di negaranya. Mahathir Mohammad, PM Malaysia, mengumumkan akan mengurangi secara bertahap silabus agama di sekolah negeri.
Lalu, bagaimana Indonesia?

Membahas masalah penghapusan mata pelajaran agama di Indonesia ini bisa jadi sangat sensitif. Bisa habis dituding kafir, anti Islam, PKI dan segala macam tuduhan negatif tanpa mau melihat gambaran besarnya. Dan belum ada satu pun pemimpin yang berani membahas masalah ini secara terbuka apalagi mengambil kebijakan.
Padahal mereka tahu akar masalahnya di mana dan bagaimana cara mengatasinya dengan belajar pada negara tetangga. Tapi untuk melangkah ke arah sana, berat sangat. Takut ini, takut itu dan rasa takut itu semakin besar sehingga kebijakan yang diambil selama ini tidak menyentuh akar masalah.

Seorang tokoh intelijen, AM Hendropriyono, dalam sebuah diskusi mengatakan bahwa permasalahan pendidikan kita selama ini bahwa kebijakannya tidak terpusat. Kebijakan di pusat, belum tentu dipatuhi daerah. Celah inilah yang dimasuki kelompok radikalis sehingga mereka bisa berkembang cepat dan membesar tanpa kita mampu mencegahnya.
Situasi ini sama seperti ketika kita tahu bahwa tubuh kita terkena kanker, tapi takut mengobatinya. Akhirnya kanker itu berkembang dan kelak akan memakan seluruh tubuh kita.
Beranikah kita bertindak seperti Malaysia, atau malah seekstrem Singapura?
https://www.tagar.id/pelajaran-agama...lukah-dihapus

emoticon-Matabelo 






profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 24 lainnya memberi reputasi
23
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 16:50
hapusss ajaaa....


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 14 lainnya memberi reputasi
14 1
13
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 16:55
Lastcar!!!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 16:59
Negara2 maju rata2 gak ada pelajaran agama dlm kurikulum. Apa Indonesia dah siap?emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 14 lainnya memberi reputasi
14 1
13
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:07
Yg ngeri gurunya udah aliran celana cingkrang, rata2 sekolah d negeri badha duhur wajib bngt sholat jamaah. Jaman gw sekolah yg namanya pelajaran agama ya cm 1 jam/minggu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xinq dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:09
Kalo Pelajaran PPKN masih ada ngga yach?

Jadi inget dulu pas Ulangan Kenaikan Kelas, Mata Pelajaran PPKN ada soal kayak gini

Andi yang beragama Kristen merupakan sahabat Budi yang beragama Islam. Saat Hari Raya Natal tiba, sikap Budi sebaiknya?
A. Mengucapkan selamat Hari Raya Natal kepada Andi
B. Tidak Peduli
C. Acuh
D. Ikut merayakan Hari Raya Natal dengan Andi

Kalo sekarang pasti akan menyilang Jawaban yang itu emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:09
negara menuju kadrunistan emoticon-Takut

Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:09
Hapus aja lah
Pembibitan kadrun emoticon-Betty
Golongan adem jadinya gus rommy emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amikurnia dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:13

Sudah terlambat, paham radikal dan intoleran sudah tertanam sejak playgroup, TK hingga Perguruan Tinggi.

Hampir bisa dipastikan Indonesia (bagian Barat) menuju ke arah menjadi seperti Pakistan yaitu kadrunistan.
emoticon-Takut


(*) Kecuali muncul pemimpin yg bisa seperti Mustafa Kemal Attaturk, dan pasti ditentang PKS, FPI, MUI, GNPF, 212 habis2an. Militer dan polisi harus berdiri di belakang pemimpin yg seperti ini. Masalahnya.... emang ada (calon) pemimpin yg kayak gini?
Diubah oleh qavir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:13
Nunggu ada yang teriak PKS, eh PKL, apa PKI? emoticon-Hammer
Diubah oleh Jangan.maling
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:15
pendidikan itu harus mendidik bukan mendoktrin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:18
Hapus saja semua pelajaran agama, tidak berfaedah. Yang diajarkan penuh dengan agenda serta membuat anak kecil jadi tolol dan radikal! tukar ke pendidikan yang mengalakan anak anak untuk berfikir kritis dan kritikal. emoticon-Recommended Seller

baru nantinya kita bisa bersaing dengan negara maju dengan generasi yang mampu berpikir dan tidak mudah ditolol2in.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
parmitu212 dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:19
Hapus, gk penting
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:24
Hapus ajalah gak guna cuma menghasilkan bibit teroris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:24
Kalau ngeliat yang Arab pendidikan Ranking juru kunci ya sepertinya iya
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Abc..Z memberi reputasi
2 0
2
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:27
Sebagian orng ngakunya beragama, tp setan saja kagum dgn perbuatannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:31
Hapus lah, kolom di ktp jg hapus aja gada guna
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 7 lainnya memberi reputasi
6 2
4
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:32
belajar agama di rumah dan tempat ibadah masing masing! sekolah bertema agama juga harusnya dihapus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:37
Agama itu pomdasi, saya pikir tidak patut pelajaran Agama dihapus dengab alasan apapun juga....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan 6 lainnya memberi reputasi
1 6
-5
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:39
Trit penyebar paham ateisme nih... emoticon-Embarrassment

Mostly yg komen dah ketebak banget.. pro sm TS.. emoticon-Embarrassment

Kaskus kaskus... Dari taun jebot kgk berubah2 penghuninya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 6 lainnya memberi reputasi
3 4
-1
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Pelajaran Agama, Perlukah Dihapus?
06-06-2020 17:41
Ane baca dulu gan
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan laurent4869 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia