sriyantogosrekAvatar border
TS
sriyantogosrek
Inilah Pakaian Adat Yang Digunakan Untuk Menikah Orang Papua


Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Halo gansis, jumpa lagi nih ditread saya ini. Kali ini saya akan menbicarakan tentang pakaian adat orang papua yang akan digunakan untuk menikah gansis. Biasanya di daerah kita, orang yang akan menikah pasti memakai busana yang berbeda dengan pakaian sehari harinya kan gansis.


Sumber: Klik

Sama halnya dengan masyarakat papua, mereka pun mempunyai busana tersendiri yang digunakan dalam sebuah pernikahan. Yuk langsung saja disimak ya.

Masyarakat papua memang mempunyai beberapa bentuk pakaian adat yang unik dan menarik. Bahan yang digunakannya pun sangat berbeda dengan masyarakat di daerah yang lain. Bahannya masih alami dan asli.

Orang papua sendiri membuat pakaian adat dengan cara memanfaatkan bahan bahan yang terdapat dialam sekitar mereka. Berbeda dengan daerah lainnya, kita membuat pakaian menggunakan bahan kain atau yang lainnya.

Tapi apabila agan dan sista ingin mencoba membuat pakaian seperti orang papua, ya boleh boleh saja sih. Agan sista bisa memanfaatkan dedaunan maupun lainnya, yang ada disekitar kita.

Memang sih, pakaian adat orang papua sangat unik. Apalagi dengan yang satu ini, yaitu pakaian adat orang papua saat menikah. Wah seperti apa ya keunikannya?, Nih lihat saja gambar ini.


Sumber: Klik

Biasanya saat orang papua mau menikah, mereka akan menggunakan pakaian adat yang sudah ditentukan di daerah sana. Pakaian adat itu berupa busana yang berwarna putih dan merah kecoklatan.


Sumber: pribadi

Putih adalah sebuah warna yang disukai oleh orang papua dalam berbusana. Menurut masyarakat papua, warna putih melambangkan arti kesucian. Tetapi mereka juga tetap menyukai warna warna yang lain dan corak yang khas dipapua, seperti hiasan bulu burung cendrawasih.


Sumber: klik

Burung cendrawasih merupakan hewan khas papua yang melambangkan budaya mereka sendiri. Sehingga kombinasi warna warna yang dipakai oleh orang papua, akan disimbolkan dengan corak warna burung ini.

Sedangkan untuk masyarakat yang akan menjadi pengiring mempelai pria dan wanita, biasanya mereka akan menggunakan pakaian terbaik yang di milikinya gansis. Terus kalau tidak punya bagaimana?, yah pasti punya lah ya hehe.


Sumber: Klik

Selain itu, mereka juga bisa menggunakan sarung tenunan lokal dengan atasan baju yang berwarna putih.

Oke gansis, demikian tread dari saya tentang papua. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa kita harus tetap menghormati dan menghargai budaya yang dimiliki oleh daerah daerah yang lainnya, terutama budaya masyarakat papua.
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Referensi: Klik
Diubah oleh sriyantogosrek 03-06-2020 09:00
bangbud30
amyjk02
tien212700
tien212700 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.2K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.