dodydrogbaAvatar border
TS
dodydrogba
Mungkinkah Time Travel itu Ada? Ini Kata Ahli


Seorang fisikawan bernama Nicolas Gisin dari University of Geneva baru-baru ini menerbitkan serangkaian makalah yang membahas mengenai 'konsep waktu'.

Karya Gisin ini merekonsiliasi teori mekanika kuantum modern dengan teori matematika alternatif yang dikembangkan oleh ahli matematika Belanda Luitzen Egbertus Jan Brouwer pada awal abad ke-20 yang disebut 'intuitionistic mathematics'.

Intuitionistic mathematics mengatakan bahwa matematika tidak dapat memberi tahu kita apa yang akan terjadi selanjutnya karena, seperti halnya kuantum bit, angka berikutnya dalam urutan matematika tidak dapat memprediksi secara akurat apa yang akan terjadi.

Dalam makalah Gisin 'Mathematical languages shape our understanding of time in physics', ia berpendapat perdebatan yang terjadi antara pendukung Brouwer dan pendukung Theory of relativity atau teori relativitas dari Einstein harus ditinjau kembali, sebagaimana dikutip dari The Next Web.



Sederhananya, teori relativitas Einstein menjelaskan bahwa hukum fisika akan selalu sama dan konstan di mana pun. Namun sesuatu yang terjadi pada ruang dan waktulah yang membuatnya berbeda. Mereka yang ada di kubu Einstein pun mengenal tambahan penjelasan konsep infinity atau tak terbatas.



Dalam skenario ini, konsep waktu 'sekarang' mengartikan semua waktu adalah relatif. Secara teoritis, jika seseorang membuat mesin waktu, mereka dapat melakukan perjalanan ke waktu 'sekarang' yang sudah terjadi atau belum terjadi. Tetapi, Gisin mengatakan hal ini tidak mungkin.

"Volume ruang terbatas tidak boleh berisi lebih dari jumlah informasi terbatas dan ... angka yang relevan secara fisik tidak boleh berisi informasi tanpa batas," tegasnya.

Lalu bagaimana dengan masa lalu? Apakah memungkinkan untuk kembali ke masa lampau? Masa lalu, dengan interpretasi ini, tidak memungkinkan karena waktu tidak memiliki koneksi fisik dengan kenyataan. Begitu juga masa depan, karena itu membutuhkan segala sesuatu yang akan terjadi antara waktu 'sekarang' dan 'mendatang' yang belum kita ketahui juga secara pasti.

4 Paradoks tentang Time Traveling yang Mungkin Bisa Masuk Akal

Bisakah kita kembali ke masa lalu untuk menghentikan pandemi virus seperti sekarang ini?

Perdebatan mengenai kemungkinan dilakukannya perjalanan waktu memang menjadi pembahasan sains yang seru sekaligus membingungkan. Secara teori pengetahuan, banyak ilmuwan mengatakan bahwa perjalanan waktu sangat logis dan memungkinkan untuk dilakukan. Time-traveling atau perjalanan waktu merupakan konsep bergerak atau perpindahan suatu materi/entitas ke beberapa titik ruang dan waktu tertentu yang berbeda, bisa di masa lampau atau masa depan.


Namun, ilmuwan juga tak menampik bahwa jika perjalanan waktu dilakukan dapat menimbulkan 'konsep terlarang'  yang dinamakan paradoks. Paradoks perjalanan waktu adalah teori yang menyatakan bahwa dua buah entitas yang sama tidak bisa dipertemukan dalam satu ruang dan waktu yang berbeda.



Misal, kamu melakukan perjalanan waktu ke masa lalu dan bertemu dengan versi remaja orangtuamu yang sedang berpacaran dan tanpa kamu sadari, tindakanmu di masa itu menjadikan mereka tidak menikah di kemudian hari dan tentunya kamu tak akan pernah dilahirkan. Lalu, timbul konsep paradoks, anak dari siapakah kamu?  

Ada beberapa paradoks perjalanan waktu yang cukup terkenal saat ini.


Spoiler for 1. Grandfather Paradox:




Spoiler for 2. Predestination Paradox:


Spoiler for 3. Bootstrap Paradox:




Spoiler for 4. Butterfly Effect Paradox:







Kalau menurut kamu bagaimana? Mungkinkah seseorang bisa melakukan perjalanan waktu?


Sumber:
https://inet.detik.com/science/d-498...ini-kata-ahli
https://www.idntimes.com/science/exp...-nyata-c1c2/4
nona212
keenan09
ryan Limanto
ryan Limanto dan 35 lainnya memberi reputasi
36
6.5K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.