News
Batal
KATEGORI
link has been copied
207
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed9245ea2d195531d4fcfe6/kabar-baik-buat-17-juta-korban-phk-menteri-jokowi-minta-mereka-dipekerjakan-kembali
Pemerintah meminta agar para pengusaha merekrut kembali pekerja yang sebelumnya di PHK akibat pandemi Covid-19. Juga pekerja yang dirumahkan, jelang penerapan New Normal di Indonesia.
Lapor Hansip
04-06-2020 23:42

Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali

Past Hot Thread
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
TRIBUN-TIMUR.COM - Kabar baik bagi ratusan ribu pekerja korban PHK yang terdampak Virus Corona di Indonesia

Pemerintah meminta agar para pengusaha merekrut kembali pekerja yang sebelumnya di PHK akibat pandemi Covid-19

Juga pekerja yang dirumahkan, jelang penerapan New Normal di Indonesia

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menjelaskan langkah ini diminta agar dapat mengurangi angka penggangguran dan memperluas kesempatan kerja baru.

“Kita harapkan penerapan new normal bisa menggerakkan roda perekonomian."

"Sehingga para pekerja yang ter-PHK dan dirumahkan bisa diprioritaskan untuk kembali bekerja,” ujar Ida lewat keterangan tertulis, Selasa (2/6/2020).

Ida juga mengingatkan penerapan kenormalan baru di perusahaan harus mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi pekerja.

Hal tersebut dikarenakan industri sangat terkait dengan hidup banyak orang, sehingga harus dijalankan sesuai protokol kesehatan dan diawasi dengan ketat.

“(Penerapan normal baru) Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja secara ketat,” lanjutnya

Merekrut ulang para pekerja yang ter-PHK dan dirumahkan, menurut Ida, memiliki keuntungan tersendiri bagi pengusaha.

Karena, para pekerja telah memiliki keterampilan yang sesuai kebutuhan perusahaan, memiliki pengalaman kerja, serta mengenal budaya kerja di perusahaan.

“Mereka dapat langsung bekerja sesuai keahliannya, dan tidak perlu mengadakan pelatihan kerja (training) lagi."

"Ini tentu menguntungkan perusahaan untuk meningkatkan produktivitasnya,” jelas Menaker.

Berdasarkan data Kemnaker per 27 Mei 2020, pekerja sektor formal yang dirumahkan sebanyak 1.058.284 pekerja, dan pekerja sektor formal yang ter-PHK 380.221 pekerja.

Sedangkan pekerja sektor informal yang terdampak ada 318.959 pekerja.

Selain itu, terdapat 34.179 calon pekerja migran yang gagal diberangkatkan, serta 465 pemagang yang dipulangkan.

Total pekerja yang terdampak pandemi Covid-19 sebanyak 1.792.108 pekerja.

Ida Fauziyah menjelaskan, jumlah ini berdasarkan data yang dihimpun kementeriannya dan BPJS Ketenagakerjaan, dan telah melalui proses cleansing.

Dari data tersebut sudah jelas nama dan alamat pekerja yang ter-PHK.

“Ini adalah data yang telah melalui proses cleansing antara Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan."

"Data ini sudah diketahui jelas by name by address,” jelas Menaker.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi ) mengatakan pemerintah menginginkan masyarakat tetap produktif dan aman di tengah darurat Covid-19.

Masyarakat tetap dapat beraktivitas namun aman dari penularan Covid-19.

"Ya beraktivitas, ya," ujar Presiden dalam video yang diterima Tribun, Jumat (15/5/2020).

Menurutnya, lambat laun masyarakat harus berkompromi dengan Covid-19.

Masyarakat harus hidup berdampingan dengan Corona.

Karena berdasarkan laporan WHO, virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina itu tidak akan hilang.

"Karena informasi terakhir dari WHO, yang saya terima, bahwa meskipun kurvanya sudah agak melandai, atau nanti menjadi kurang, tapi virus ini tidak akan hilang."

"Artinya, sekali lagi kita harus berdampingan hidup dengan Covid."

"Sekali lagi yang penting masyarakat produktif dan aman dari Covid," tuturnya.

Berdamai dengan Covid-19 menurut Presiden bukan berarti bahwa masyarakat menyerah terhadap penyebaran virus yang hampir menyebar di seluruh negara di dunia itu."

"Melainkan, masyarakat harus menyesuaikan diri dengan penyebaran virus tersebut.

"Kita lawan keberadaan virus Covid tersebut dengan mengedepankan dan mewajibkan protokol kesehatan yang ketat, yang harus kita laksanakan," jelasnya.

Pemerintah, menurut Presiden, akan mengatur kehidupan masyarakat akan kembali normal secara bertahap, menyesuaikan dengan perkembangan kondisi di lapangan.

Keselamatan masyarakat menurutnya harus tetap menjadi prioritas.

"Ini bukan dilema. Kehidupan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah ini."

"Itu keniscayaan, itulah yang oleh banyak orang disebut sebagai new normal, atau tatanan kehidupan baru."

"Tapi kehidupan yang berbeda itu bukan kehidupan yang penuh pesimisme atau ketakutan."

"Kita kembalikan produktivitas kita dengan optimisme, karena kita juga tetap menerapkan berbagai mekanisme pencegahan," paparnya.

Presiden Jokowi juga mengatakan pemerintah belum akan melonggarkan protokol kesehatan PSBB dalam menghadapi penyebaran Covid-19.

Pemerintah akan terlebih dahulu melihat perkembangan penyebaran Covid-19 sebelum mengambil keputusan lebih lanjut.

"Belum ya. tetapi kita ingin terus akan melihat angka-angka."

"Akan melihat fakta-fakta di lapangan," kata Presiden.

Menurutnya, keputusan atau kebijakan dalam menghadapi penyebaran Covid-19 harus dikaji dengan matang.

Sehingga, tidak keliru dalam penerapannya di lapangan.

"Intinya, kita harus sangat hati-hati."

"Jangan sampai kita keliru memutuskan, jangan sampai keliru memutuskan," tegas Presiden.

Jokowi mengatakan bahwa pemerintah ingin masyarakat produktif kembali.

Masyarakat tetap berpenghasilan namun tetap aman dari penularan dengan menjaga protokol kesehatan.

" Tetapi, kita juga harus melihat kondisi masyarakat sekarang ini."

"Kondisi yang terkena PHK, kondisi masyarakat yang tidak berpenghasilan lagi."

"Ini harus dilihat. Kita ingin masyarakat produktif dan tetap aman dari Covid," cetusnya. (Larasati Dyah Utami)
https://makassar.tribunnews.com/2020...mbali?page=all

Mulai benah2 nih....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wongkudus dan 30 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 8
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 13:57
ya tuhan.. gini amat menteri periode tanpa beban
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 13:59
Lagi lagi bikin lawakan
Jok..... Jok...... emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
guru.sipocong dan geforce9800gtx memberi reputasi
2 0
2
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:02
ga masuk akal.. sudah dirumahkan disuruh masuk lagi


dijamin ga 100% berhasil
profile-picture
profile-picture
mr.johnnyoutlaw dan guru.sipocong memberi reputasi
2 0
2
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:04
Minta doang? Kalo ditolak jangan terkaget kaget.... Tunggu aja sampe ekonomi meroket!

Guobloook ke ubun ubun! emoticon-Leh Uga
Diubah oleh davinof
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fadhilpermana5 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:05
iya,tp ap pengusaha mw?gaji pk ap pak?pake kata2 aj kyk bapak presiden terhormat jokowi?
profile-picture
profile-picture
mr.johnnyoutlaw dan guru.sipocong memberi reputasi
2 0
2
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:07
Ah itu sih bukan urusan saya ...
profile-picture
profile-picture
mr.johnnyoutlaw dan guru.sipocong memberi reputasi
2 0
2
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:09
Kalau ini gua gak setuju karena gak semudah itu. Jadi gak masuk akal emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
mr.johnnyoutlaw dan guru.sipocong memberi reputasi
2 0
2
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:09
Tapi apa perusahaannya punya dana buat mempekerjakan kembali? Sekarang aja kas mereka babak belur pasti
profile-picture
profile-picture
guru.sipocong dan mr.johnnyoutlaw memberi reputasi
2 0
2
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:10
waa syukurlah.. semoga berbenah ini menghasilkaan hal hal baru.. lapangan kerja yang baru bagi pihak phk..
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:12
Perusahaan aja masih engap"an untuk kembali berjalan pakde emoticon-Hammer2
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:12
Presiden yang sangat merakyat dan tau kebutuhan rakyat. Begitu kabar covid menyerang dgn cepat mengeluarkan keputusan2 yg menyelamatkan rakyat:

1. Himbauan utk bekerja dr rumah.
2. Kredit2 tidak perlu dibayar sampai masa covid berlalu.
3. Bgmn pun caranya, kurva harus melandai.

Dan skrg...
4. Perusahaan diminta utk mempekerjakan kembali mereka yg di PHK.
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:19
emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:22
Alhamdulillah... emoticon-Smilie

Tempat ane malah baru mau ada yg di rumahkan emoticon-Hammer2
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:36
Nggak jelas,

Dirumah-kan ya karena perusahaan nggak ada duit, bisnis nggak jalan.

Makannya PSBB segera angkat 100%.
profile-picture
profile-picture
guru.sipocong dan mr.johnnyoutlaw memberi reputasi
2 0
2
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:41
Ngemeng doank anak gw yg masih balita jg bisa
profile-picture
profile-picture
guru.sipocong dan mr.johnnyoutlaw memberi reputasi
2 0
2
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:41
yg gajiin siapa? emang enak ya kalau cuma omdo
profile-picture
profile-picture
guru.sipocong dan mr.johnnyoutlaw memberi reputasi
2 0
2
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:44
Et dah,
Kalo ngomong...
emoticon-Cape d...

Proyeksi dampak pandemi aja paling cepet akhir tahun, ekonomi baru mulai pulih.

Pengusaha gak perlu diajari tata cara rekrutmen karyawan, mereka jauh lebih jago dari para pejabat yang cuma di belakang meja.
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
guru.sipocong dan mr.johnnyoutlaw memberi reputasi
2 0
2
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:45
pd balik lg ke jkt
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:49
Semoga terselesaikan masalah virus ini dan segera pergi.
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Kabar Baik Buat 1.7 Juta Korban PHK, Menteri Jokowi Minta Mereka Dipekerjakan Kembali
05-06-2020 14:52
Ga semudah itu bambang
profile-picture
profile-picture
guru.sipocong dan mr.johnnyoutlaw memberi reputasi
2 0
2
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia