News
Batal
KATEGORI
link has been copied
173
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed871bafacb9575a01c6eba/perbedaan-wajib-investasi-tapera-era-jokowi-dengan-soeharto
Kepesertaan Tapera era Jokowi luas, lebih dari 9 jenis. Selain itu, bukan hanya WNI. Sedangkan Tapera era Soeharto, hanya mewajibkan PNS baik pusat maupun daerah.
Lapor Hansip
04-06-2020 10:59

Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto

Past Hot Thread
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto


Quote:Sifat kepesertaan era Soeharto hanya PNS pusat maupun daerah. Sedangkan Tapera Jokowi, menyangkut CPNS, prajurit siswa TNI, hingga WNA.


Presiden Jokowi menerbitkan peraturan pemerintah (PP) 25/2020 terkait Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Aturan tersebut, secara otomatis merevisi keputusan presiden tentang Tabungan Perumahan PNS yang ditandatangani oleh Presiden ke-2 RI Soeharto, pada 15 Februari 1993.

Tapera ini merupakan wajib investasi bagi pekerja yang upahnya minimal serupa dengan upah minimum. Bagi yang di bawah upah minimun, tetap bisa menjadi peserta Tapera namun tak wajib.

Peserta Tapera ialah setiap WNI maupun WNA pemegang visa. Minimal berumur 20 tahun. Rinciannya:

1. Calon Pegawai Negeri Sipil.
2. Pegawai Aparatur Sipil Negara.
3. Anggota TNI.
4. Prajurit siswa TNI.
5. Anggota Polri.
6. Pejabat negara.
7. Buruh BUMN.
8. Buruh BUMND.
9. Buruh swasta.
10. Pekerja lain yang menerima gaji atau upah.

Tujuannya, menyediakan dana efektif jangka panjang untuk pembiayaan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Tabungan ini bisa diambil jika pekerja pensiun, berusia 58 tahun, atau bahkan meninggal dunia. Proses pencairan dana, paling lama selama 3 bulan berupa, simpanan dan hasil pemupukan dana.

Setiap bulan, paling lambat tanggal 10, setiap peserta diwajibkan membayarkan iuran. Besarannya 3 persen dari gaji atau upah. Dari 3 persen itu, hanya 2,5 persen yang diambil dari upah pekerja. Sisanya sebanyak 0,5 persen dibayar pemberi kerja.

Jika tak terlambat membayar, pekerja akan diberikan dua kali sanksi peringatan tertulis, secara bertahap paling lama 10 hari kerja. Sedangkan sanksi bagi pemberi kerja beragam: peringatan tertulis, denda administratif, memublikasikan ketidakpatuhan, pembekuan hingga pencabutan izin usaha.

Dana yang dihimpun dari peserta, akan dipupuk untuk meningkatkan nilanya dengan prinsip konvensional dan syariah. Hal itu akan dilakukan oleh manajer investasi dalam bentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang portofolio investasinya, ditempatkan pada instrumen investasi dalam negeri.

Perbedaan dengan Soeharto
Perbedaan dengan Soeharto PP Jokowi tersebut, berlaku sejak 20 Mei 2020. Aturan itu otomatis mencabut Keputusan Presiden 14/1993 yang dibuat Soeharto. Lantas apa bedanya dua peraturan tersebut?

Kepesertaan Tapera era Jokowi luas, lebih dari 9 jenis. Selain itu, bukan hanya WNI. Sedangkan Tapera era Soeharto, hanya mewajibkan PNS baik pusat maupun daerah.

Besaran pemotongan gaji PNS era Soeharto, per bulan, sejak Februari 1993:
a. Golongan I Rp3.000.
b. Golongan II Rp5.000.
c. Golongan III Rp7.000.
d. Golongan IV Rp10.000.

Gaji PNS yang dikumpulkan, bisa dicairkan untuk membantu uang muka pembelian rumah dengan fasilitas kredit. Selain itu, juga bisa untuk biaya membangun rumah bagi PNS yang telah memiliki tanah.

Namun, Tapera hanya bisa dicairkan 60 persen. Sisanya tetap disimpan dalam bentuk deposito atau jenis investasi lainnya.

Syarat lainnya untuk mencairkan Tapera: 10 tahun masa kepesertaan bagi PNS Golongan I, 12 tahun untuk Golongan II, 15 tahun untuk Golongan III.

Berbeda dengan Jokowi, aturan dari Soeharto, tak menyantumkan sanksi akibat telat pembayaran.


SUMUR:
https://tirto.id/perbedaan-wajib-inv...-soeharto-fEQk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 26 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 17:21
CEBONG KONTHOL
KAYA GINI LO BANGGAIN
Pinokio mau embatin duit masyarakat jing buat dipake yg lain..kan taik
Diubah oleh Tikitakaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 17:22
yg udh punya rumah bisa pnya lagi ga?
profile-picture
meruru memberi reputasi
1 0
1
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 17:29
Kalo jaman pak harto gak ada sanksi karena pesertanya PNS, tinggal potong gajih selesai. Dijaman pak jokowi,emang perlu sanksi karena ada kepesertaan dari swasta dan mandiri

Tapi haruskah disaat sekarang diterapkanny,disaat susah ditambah susah lagi
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan meruru memberi reputasi
2 0
2
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 17:30
Kalo uda punya rumah gimana dong. Masak harus d jual terus kredit lagi
0 0
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 17:38
banyak yg nolak krn ga jelas wujudnya. udah pada tau aturan ini buat ngumpulin dana nutupin ga mampu nya tata kelola. sementara koruptor ber milyar-milyar masih banyak enaknya..
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan meruru memberi reputasi
2 0
2
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 17:42
iuran bpjs dh turun trus dinaekin lagi, BBM gk turun, tarif listrik krna getok ditambah skrg tapera..RAMPAGEEE
profile-picture
meruru memberi reputasi
1 0
1
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 17:46
ini PP berlaku ke semua buruh dan pekerja ya? duwh dipotong maning lagi deh gaji aq emoticon-Cape d...
0 0
0
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 17:48
jauh kaleee bree ama soeharto, beda kelas 👎



0 0
0
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 17:59
hamba baru ngerti.
emoticon-Cool
0 0
0
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 18:00
Yang satu jenderal bintang lima ahli strategi yang gagah, tegas, dan sangat berwibawa. Yang satu lagi? Bwakakakakak....emoticon-Busa
0 0
0
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 18:01
pemerintah pusat harusnya jujur sama rakyat kalo lagi butuh duit banyak buat pemulihan, tinggal bikin seruan ke rakyat "Para rakyat indonesia, kami pemerintah pusat sedang BU banged dana segar untuk bayar utang dan tabungan negara, jadi silahkan setor senilai yang ditentukan oleh kami. Yang gak setor berarti Anti NKRI, Anti Pancasila, Anti Toleransi, Anti Persatuan, antek HTI dan Khilafah, and then kalian bukan rakyat yang open minded". Selesaikan jadi rakyat tau negara ini sedang BU dana segar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 18:11
ini dulu nama nya bapertarum, tabungan perumahan untuk PNS , bisa di cairkan pas ketika pensiun, atau ketika PNS.tsb ngambil perumahan sebagai uang tambahan untuk uang muka.
0 0
0
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 18:20
Ini ide dr siapa lg.. Hadeh...
0 0
0
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 18:22
Gangerti gan
Diubah oleh Giallombardo
0 0
0
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 18:28
BPJS naik lgemoticon-Cape d... pas Corona, skrg tambah biaya ginian, g ad jaminan itu potongan tetap atau fluktuatif.
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan ARShecca memberi reputasi
2 0
2
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 18:44
pemaksaan kyk bpjs
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 18:47
tapera itu untuk pembelian rumah pertama, bukan utk yg udah jalan KPR atau yg sudah punya rumah permanen dan SHM
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
1 0
1
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 18:48
Jaman suharto bikin tapera...negara sedang makmur...
Jaman ini bikin tapera...negara lagi mumet....
Untuk hasilnya..bisa lihat dari awal berdiri tapera....
profile-picture
yakuzha memberi reputasi
1 0
1
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 18:48
Quote:Original Posted By Touristc
Ini ide dr siapa lg.. Hadeh...


4L kali
0 0
0
Perbedaan Wajib Investasi Tapera Era Jokowi dengan Soeharto
04-06-2020 18:57
bisa gak sih periode yg sekarang di percepat aja kelar nye
0 0
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia