• Beranda
  • ...
  • Android
  • Urutan versi android dari versi pertama sampai yang terbaru

kangwafiq
TS
kangwafiq
Urutan versi android dari versi pertama sampai yang terbaru

Urutan Lengkap Versi Android — Hai sobat Kaskus, ketemu lagi dengan saya, pada artikel kali ini saya ingin membahas sejarah perkembangan android sejak pertama rilis sampai sekarang.

Saya yakin kalian Memiliki atau setidaknya pernah memiliki smartphone android kan?

Bahkan berdasarkan survei, Os Android masih menduduki peringkat pertama sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan daripada IOS, Keren kan!? Langsung saja kita simak pembahasannya.

urutan versi android dari pertama rilis sampai saat ini:


1.Android Alpha


Spoiler for logo android alpah:


Android alpha merupakan android yang pertamakali diciptakan oleh google pada bulan november tahun 2007 yang mana aplikasi berasal dari google hanya: Browser, gmail, peta, dan youtube dan nama android adalah android 1.0

2. Android Beta

Spoiler for logo android beta:



Android beta merupakan update dari android Alpha yang ditambahkan beberapa fungsi seperti API (Application Progamming Interface), dan juga mendukung lampiran MMS. Android beta dirilis tepat pada tanggal 5 november 2007 sedangkan Perangkat Lunak pengembangan kit (SDK) dirilis pada tanggal 12 november 2007.

3. Android Cupcake 

Spoiler for logo android cupcake:


Cupcake ini merupakan versi ke-2 dari android yang mana ditambah dengan fitur-fitur baru serta API perubahan UI. Android ini Cupcake dirilis pada tanggal 20 April 2009.

4. Android Donut

Spoiler for logo Android Donut:


Dalam versi android Donut ini google menambahkan fitur baru yaitu dukungan jaringan CDMA / EVDO dan juga mendukung layar WVGA dan juga mendukung fitur suara sintesis yang memungkinkan aplikasi dapat digunakan pada teks.

5. Android Eclair

Spoiler for Logo Android Eclair:


Android  Eclair ini keluar dengan lebih banyak fitur-fitur baru yang sangat menarik perhatian pada masanya seperti bluetooth versi 2.1, wallpaper hidup, dukungan HTML 5, kemampuan mencari sms dan mms, dukungan flash, zoom digital serta fitur-fitur kamera lainnya.

6. Android Froyo

Spoiler for Logo Android Froyo:


Android froyo disuguhkan lagi dengan fitur-fitur baru seperti tethering hotspot, wifi, adobe flash, dan juga peningkatan kecepatan dan kinerja dalam aplikasi aplikasi.

7. Android Gingerbread

Spoiler for Logo Android Gingerbread:


Menambahkan lagi tampilan baru dan juga fitur-fitur baru seperti sensor, kamera depan dan belakang, virtual keyboard, saran teks yang lebih baik, kemampuan input suara serta kemampuan copy paste. Btw ini versi android yang pertama kali pake di hp LG optimus: v oke oke lanjut jangan curhat.

8. Android Honeycomb

Spoiler for Logo Android Honeycomb:


Android honeycomb dirancang untuk pengguna tablet yang berarti perangkat ini memiliki resolusi yang besar dan layar beranda dioptimalkan, tab yang memperkenalkan mode penjelajahan penyamaran dan obrolan video & Gtalk didukung.

9. Android Ice Cream Sandwich

Spoiler for Logo Android Ice Cream Sandwich:


Sandwich es krim hadir di tahun 2011 membawa UI baru, versi terbaru ini memberikan kemudahan bagi si pengguna dengan fitur tutup aplikasi, tata letak galeri serta editor foto.

10. Android Jelly Bean

Spoiler for Logo Android Jelly Bean:


Di versi ini pihak google membuat sistem operasi ini jauh lebih responsif dari versi terdahulunya dan juga di versi ini UI yang lebih halus.

11. Android Kitkat

Spoiler for Logo Android Kitkat:


Kitkat hadir di sekitar tahun 2013 dilengkapi dengan fitur API Level 19 dan memiliki UI, bilah status, navigasi transparan di layar depan, tampilan web berbasis chromium dan peningkatan tampilan pada layar penuh.

12. Android Lolipop

Spoiler for Logo Android Lolipop:


Lolipop android versi 5.0, 5.1.1 hadir dengan peningkatan ram, manajemen baterai, UI yang dinamakan desain material, selain itu versi ini memiliki fitur "factory reset protection" sehingga jika smartphone kamu hilang, hp kamu tidak akan bisa direset ulang tanpa memasukan id google dan passwordnya.

13. Android Marshmallow

Spoiler for Logo Android Marshmallow:


Android ini dirilis pada tahun 2016 dibuka dengan fitur emoji terbaru, 72 tampilan windows ditambahkan, Baterai dengan mode penghemat data, Sekarang di tap, mengatur privasi yang lebih baik, lebih mudah untuk meningkatkan ponsel, sensor sidik jari (sidik jari), dan dibangun di pesan suara visual.

14. Android Nougat

Spoiler for Logo Android Nougat:


Nougat dirilis pada tahun 2016 yang dilengkapi dengan fitur emoji terbaru, 72 tampilan jendela yang ditambahkan selebihnya sama seperti fitur di android marshmallow.

15. Android Oreo

Spoiler for Logo Android Oreo:


Android oreo pertama kali dirilis pada tanggal 21 maret tahun 2017. android ini disuguhkan fitur baru yang membuat ponsel lebih cepat, pintar, dan tangguh dibandingkan versi android sebelumnya. Beberapa fitur unggulannya adalah batas latar belakang, google play protect, emoji terbaru, dan gambar dalam gambar.

16. Android Pai

Spoiler for Logo Android Pai:


Sistem Android Pai ini keluar dengan banyak perubah yang sagat menarik, terutama untuk ponsel dengan desain masa kini, seperti fitur gesture yang berfungsi menggantikan tombol Back , Home, dan Recent Apps.

Seperti halnya sejarah Android dari pertama kali rilis sampai sekarang Google pastinya akan tetap terus mengembangkan Android hingga versi yang jauh lebih bagus dari versi saat ini.

itu tadi artikel tentang sejarah Android yang sayaketahui, jika ada kekurangan dalam bahasan saya di atas atau agan dan sista kaskuser punya tambahan bisa tulis di kolom komentar
Diubah oleh kangwafiq 02-06-2020 15:29
linaarifahkasunpochinkiakenochuan
akenochuan dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.1K
35
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Android
Android
icon
29.4KThread12.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.