News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
171
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed765594601cf3e9473aa24/ptun-jokowi-dan-menkominfo-bersalah-atas-pemblokiran-internet-di-papua
Majelis hakim Pengadilan Negeri Tata Usaha Jakarta ( PTUN) memutuskan Presiden Joko Widodo dan Menteri Komunikasi dan Informatika bersalah atas pemblokiran internet di Papua dan Papua Barat.
Lapor Hansip
03-06-2020 15:54

PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua

Past Hot Thread
icon-verified-thread
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua

PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua

JAKARTA, KOMPAS.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri Tata Usaha Jakarta ( PTUN) memutuskan Presiden Joko Widodo dan Menteri Komunikasi dan Informatika bersalah atas pemblokiran internet di Papua dan Papua Barat.

Pemblokiran internet ini dilakukan pada Agustus 2019 lalu menyusul kerusuhan yang terjadi karena aksi demonstrasi di Papua dan Papua Barat. "Menyatakan tindakan pemerintah yang dilakukan tergugat 1 dan 2 adalah perbuatan melanggar hukum,” kata Hakim Ketua Nelvy Christin dalam sidang pembacaan putusan, Rabu(3/6/2020).

Pihak tergugat 1 adalah Menteri Komunikasi dan Informatika. Sedangkan tergugat 2 adalah Presiden Jokowi. Majelis hakim menghukum tergugat 1 dan 2 membayar biaya perkara sebesar Rp 457.000. Menurut majelis hakim, Internet bersifat netral. Bisa digunakan untuk hal yang positif atau pun negatif. Namun, apabila ada konten yang melanggar hukum, maka yang harusnya dibatasi adalah konten tersebut. Oleh karena itu, majelis hakim menilai pemerintah melanggar hukum atas tindakan throttling bandwith yang dilakukan pada 19-20 Agustus 2019, tindakan pemutusan akses internet sejak 21 Agustus sampai 4 September 2019 dan lanjutan pemutusan akses internet sejak 4 sampai 11 September 2019. Majelis hakim sekaligus menolak eksepsi para tergugat.

Adapun, penggugat dalam perkara ini adalah gabungan organisasi yakni AJI, YLBHI, LBH Pers, ICJR, Elsam dll. Kuasa hukum penggugat, Muhammad Isnur, turut mengunggah video pembacaan putusan di akun twitternya, @madisnur. Ketika dihubungi lewat sambungan telpon, Isnur mengizinkan kompas.com untuk mengutip keterangannya di Twitter. "Selamat kepada rakyat papua, pejuang-pejuang hak asasi manusia, kepada para akademisi yang sudah pasang badan dan maju. Juga kepada PTUN yang sudah menjalankan kewajibannya dengan sangat baik. Mari kawal lebih lanjut jika ada banding," kicau Isnur.
sumber


PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua

Antara Internet, HAM, dan Kepentingan Keutuhan Bangsa

Selama ini, banyak LSM yang bergerak dalam bidang HAM adalah kaki tangan kepentingan asing, terutama Amerika Serikat dan Australia. Mereka berteriak tentang persamaan hak di negara lain, tetapi justru menjalankan praktek diskriminasi. Ini tercermin dari bergolaknya kerusuhan di Amerika Serikat yang selama ini sangat terdepan dalam bersuara mengenai HAM. Juga masalah suku asli Australia yaitu suku Aborigin yang dulu habis dibantai oleh bangsa kulit putih pendatang yang sebenarnya adalah orang-orang buangan dan penjahat yang kini mendiami benua Australia.

Bagi pegiat HAM, terkadang kepentingan negara dan bangsa hanya jadi alas kaki. Mereka terbiasa menggunakan standar ganda. Coba cari bukti, mana ada mereka menyuarakan HAM bagi para prajurit TNI atau anggota Polisi yang dibantai di Papua meskipun mereka tengah menjalankan misi kemanusiaan atau pembangunan bagi masyarakat papua. Ada? tapi ketika ada anggota OPM yang nyata-nyata melakukan penyerangan terhadap aparat yang bertugas disana, lalu anggota OPM tersebut terbunuh, maka yang keluar menjadi berita adalah pembunuhan penduduk. Padahal yang namanya OPM tak bisa dibedakan antara penduduk biasa dengan anggota OPM.

PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua

Tak perlu jauh-jauh bicara soal aparat yang dibantai disana. Kita bicara saja soal kesetaraan, yaitu penduduk sipil. Adakah pegiat HAM berteriak lantang ketika ada guru, dokter, yang diperkosa disana oleh anggota OPM? Apakah mereka menuntut OPM untuk menjunjung tinggi HAM kentut tersebut? Tidak ada. Mereka diam. Mereka bungkam. Dan nampaknya mereka para dokter atau guru yang diperkosa disana hanya dianggap binatang yang tak termasuk dalam pembelaan HAM. HAM hanya untuk manusia, bukan binatang.

Adakah para pegiat HAM menyoroti kasus kematian anggota TNI yang diserang massa saat dia bertugas mengamankan unuk rasa yang berujung kerusuhan? Tidak. Mereka...... diam membisu.

Lalu ketika internet didownkan atau dicekek disana, bahkan dimatikan sementara, mereka berteriak bahu membahu. Berteriak atas nama HAM katanya. Melanggar hukum katanya. Padahal negara punya kuasa untuk mengatur segalanya yang berhubungan dengan kepentingan umum, apalagi yang menyangkut keutuhan bangsa dan negara. Dan Papua, sampai detik ini masih menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apakah pemblokiran internet di Papua merugikan masyarakat? Ya, benar merugikan. Tapi kerugian yang ditimbulkan akibat pemblokiran internet disana tak sebanding andai pemblokiran tidak dilakukan, sebab saat itu segala macam berita hoax sangat masif beredar di masyarakat dan sangat cepat menjalar, yang imbasnya justru akan membuat kerusuhan semakin melebar kemana-mana. Inikah yang diinginkan para pegiat HAM tersebut? Ya, mungkin saja. Sebab mereka tak peduli dengan NKRI. Mereka tak peduli apakah bangsa dan negara ini mau berdiri hingga 1000 tahun lagi atau mau bubar esok hari. Itu tak ada dalam kamus mereka.

Bagi para pegiat HAM, matinya internet kala kerusuhan terjadi artinya memutus mata rantai komunikasi mereka. Tetapi mereka tak peduli dengan beribu-ribu berita yang dishare yang penuh dengan kebencian dan hoax. Di FB, di Twitter, di WA, di Line, bahkan meskipun hanya sebatas sms.

PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua

Dan ketika Pemerintah dipersalahkan dalam hal ini, mereka merasa menang. Mereka merasa telah berjuang demi rakyat Papua. Mereka tak pernah berpikir bahwa Pemerintah juga melakukan hal yang sama dengan klaim para pegiat HAM. Pemerintah pusat mengamankan rakyat Papua demi kepentingan yang lebih luas dan dalam jangka panjang.

Apa jadinya jika internet di papua tidak di take down? Sangat mungkin kerusuhan akan makin menjadi-jadi dan menjalar dengan cepat. Bukankah awal mula kerusuhan tersebut juga karena beredarnya hoax? 1 menjadi 100. 100 menjadi 1000. Dan 1000 menjadi api yang membakar amarah tanpa terkendali lagi.

Ini bukan pembelaan terhadap pemerintah pusat. Bukan terhadap Jokowi atau Kominfo. Sebab siapapun presidennya, pasti akan melakukan hal yang terbaik dan cepat untuk mengatasi kerusuhan yang demikian membara. Entah jika Gus Dur yang jadi presiden. Bukankah bendera Bintang Kejora juga tetap dipertahankan hingga sekarang karena kebijakan Gus Dur kala itu?

Ini bukan soal denda sebesar Rp 457.000 yang dibebankan oleh Majelis Hakim terhadap pemerintah pusat. Ini soal harga diri. Ini soal keutuhan bangsa. Apalah jadinya soal usaha demi keutuhan bangsa dianggap bersalah dengan hukuman nominal uang 457.000 Rupiah.

Sejarah sudah mencatat. Bahkan para pegiat HAM tak pernah peduli dengan para pejuang Seroja. Mereka dianggap penjajah. Mereka tak patut mendapat pembelaan HAM. Mungkin para pegiat HAM tak pernah menganggap para pejuang Seroja adalah manusia.

Dan HAM, adalah lembaran-lembaran uang yang masuk ke kantong mereka.

Diubah oleh i.am.legend.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 52 lainnya memberi reputasi
49
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
03-06-2020 22:12
istimewa
bebas nuntut
president pun jadi pesakitan
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
03-06-2020 22:32
Gpp diputus. Kadang rakyat bandel tuh harus digebrak meja. Kalo perlu harus dengan tangsn besi. Paling nggak mengingatksn siapa yg berkuasa di sini? Pempus atau opm? Apa lo,?! apa lo..?!

Dari pada kasus berlarut2 dan kerusakan lebih parah. Apalagi sampe bakar2 fasilitas prmerintahan. Lebih besar biayanya

Jangan mentang2 bisa akses rinternet lantas bisa berbuat semau2nya, tanpa etika normal.

HAM tuh memang semacam tool nya barat/amrik agar mereka bisa infiltrasi/ikut campur negara lain.

0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
03-06-2020 22:37
setuju neh sama opini TS emoticon-2 Jempol
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
03-06-2020 22:39
emoticon-Jempol
profile-picture
manusabukit memberi reputasi
1 0
1
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
03-06-2020 23:01
semua bersuara atas pesanan.

emang di lembaga itu gak perlu makan, minum, dan kebutuhan lainya ? mau ada penghasilan darimana ? emang ada badan usahanya yang menghasilkan uang untuk operasional dan memberi gaji kepada orang-orang yang terlibat di dalam ?

emoticon-Ngakak
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
03-06-2020 23:09
keren banget opini TS, membuka sudut pandang baru bahwa suatu kejadian pasti ada dampak positif dan negatifnya, lalu tugas kita semua memaksimalkan positifnya dan meminimalkan negatifnya.

cape banget tiap ada berita komennya gitu2 doang, template negatif/hate speech tau lah lu hehe. mungkin "pegiat HAM" yang dimaksud TS ini cuma memandang sebelah mata(?)

apalah daya gue yg cuma menatap layar tanpa tahu kejadian sebenarnya, jadi gue memilih untuk diam, niscaya pada akhirnya kebenaran yg berbicara.
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
03-06-2020 23:15
Ini semua karna masyarakat kita itu gampang banget percaya HOAX ecek2 yg suka disebar lewat WA dan sejenisnya. Yg ecek2 aja percaya, gimana hoax tingkat atas yg berupa artikel yg dibuat mirip dgn berita asli tapi dimodif sedemikian rupa.
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
03-06-2020 23:27
opm itu separatis bukan teroris, jadi akan sulit menumpas selain pakai jalan damai 🧡.
btw kapan telkampret di gugat soalnya harga paket internet nya mehong emoticon-Cape deeehh
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
04-06-2020 00:00
udah.. mati liatrik aja sekalian kayak waktu jawa-bali dulu.

listrik gak ada. inet gak ada. kembali ke jaman batuemoticon-Leh Uga
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
04-06-2020 01:19
dah brp tahun neh opm gak beres beres....
Oia lg WFH....yg ngeberesin lagi PUBG-anemoticon-Leh Uga
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
04-06-2020 02:22
hoak apaan buz.. percuma diblokir di papua doang, cegah hoak ya blokir seindo, lu kate pejuang kemerdekaan papua cuma ada di tanah papua?
yang ada malah bikin susah disini, internet 3 minggu keblokir.
apa ngaruh blokir internet sama meredanya kerusuhan? kaga
mereka demo dan akhirnya rusuh cuma nuntut penjara buat yang pada bacot rasis di surabaya, tapi pemerintah lamban dan nutup2i
pada akhirnya tuntutan melebar, karena merasa selama ini pemerintah kurang perhatian sama oap dan oap sering dapat diskriminasi, lalu akhirnya ada pihak opm yg menunggangi kerusuhan
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
04-06-2020 02:23
gw sebagai warga jayapura yg terdampak kerusuhan
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
04-06-2020 04:34
Kalo make internet gratis dari indonesia terus dipake buat akses jaringan teroris di luar negeri kan bahaya juga ya. Gini aja bisa gak semua warga indonesia bisa akses internet nah buat para aktivis OPM diblokir deh kek orang make wifi gitu hehehe enak aja ngomong2 pen pisah tapi masih nikmatin fasilitas
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
04-06-2020 04:48
Sejak beberapa tahun lalu saya mulai sadar, HAM hanya sekedar taktik licik dan sampah para aktivisnya. Bagaimana mungkin hak asasi 1 orang lebih dipentingkan dari hak asasi banyak orang (masyarakat).

Apalagi sejak keputusan busuk si laoy soal asimilasi saat pandemi, masak napi punya hak lebih penting dari kenyamanan dan keamanan masyarakat umum. Mengorbankan segelintir orang demi kepentingan banyak orang (masyarakat) tidak apa lah. Mungkin benar jika ada yanh bilang HAM itu propaganda penjajah seperti Amerika.
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
04-06-2020 06:28
Saya dari Papua, yg mengalami langsung kejadian di jayapura (agst2019) dan di wamena (sept2019), menurut sy kesalahan terbesar ada pada intelejen, kami warga sipil sdh mendengar isu2 akan terjadi kerusuhan hanya hari Hny yg tidak pasti, kecuali di jayapura yg sdh kami ketahui hari Hny. Dan Selama ini pelanggran HAM hanya berlaku utk OAP, kami org pendatang dibantai/dibutuh itu bukan pelanggran HAM.
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
04-06-2020 07:18
Jangan doyan yang instan instan gan, ini sih sama kayak statement luhut kemarin, kita eksport bibit lobster supaya tidak di selundupkan, ya lu tangkep lah penyebar berita hoaxnya, ya lu tangkep lah penyelundupnya, jangan lu sikat miring gituh aja.
Ntar pingin kaya, korupsi, pesugihan. Doyan instan sih
Diubah oleh harsontol
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
04-06-2020 07:38
Gak boleh lah main blokir2an internet. Informasi harus dibiarkan bebas, yang perlu diawasi yang pembuat informasinya.
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
04-06-2020 08:30
Quote:
Menurut majelis hakim, Internet bersifat netral. Bisa digunakan untuk hal yang positif atau pun negatif. Namun, apabila ada konten yang melanggar hukum, maka yang harusnya dibatasi adalah konten tersebut.

Bukannya udh ciri khas ?? emoticon-Ngakak
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
04-06-2020 08:56
Ngaku-ngaku cinta NKRI, NKRI harga mati tapi di kaskus kalian saling gontok-gontokan saling menjelekan dengan sesama orang Indonesia, udah pada goblok akut kalian semua tapi selalu Denial, dasar bangsaaaattt !!!
0 0
0
PTUN: Jokowi dan Menkominfo Bersalah atas Pemblokiran Internet di Papua
04-06-2020 09:06
kalo pihak orang papua bilang, dulu waktu pengambilan keputusan join indonesia apa enggak, yang bikin keputusan bukan rakyat papua tapi perwakilan indonesia, ya wajar kalo dibilang pro ri.

akhirnya terjadilah protes sampai hari ini, ya wajar sih mereka protes, tanah-tanah mereka.

dimata mereka pihak indonesia terkesan rebutan lahan, udah gitu udah join indonesia. emasnya dikeduk amrik selama berpuluh tahun.

sekarng internet diblokir ya sakit ati mereka.

efek blokir info ya, update berita papua ditutup di indonesia seakan aman, yang ditutup jaringan internet lokal, jaringan luar negeri pemerintah ga bisa blokir akhirnya di luar negeri malah rame dibicarain, orang indonesianya sendiri malah ga tau. emoticon-Leh Uga
Diubah oleh rajin.meremas
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia