News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
335
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed6308b28c99153cc78a57d/haji-2020-ditiadakan-dana-us600-juta-akan-dipakai-perkuat-rupiah
VIVAnews – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memastikan, akan memanfaatkan dana simpanan yang dimiliki untuk membiayai penyelenggaraan ibadah haji 2020 untuk kepentingan stabilisasi nilai tukar rupiah. Sebab, pemerintah Indonesia resmi tidak mengirimkan jemaah haji pada 2020. Kepala BPKH, Anggito Abimanyu mengatakan, saat ini BPKH memiliki simpanan dalam bentuk dolar Amerika Serikat sebanyak
Lapor Hansip
02-06-2020 17:57

Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah

VIVAnews – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memastikan, akan memanfaatkan dana simpanan yang dimiliki untuk membiayai penyelenggaraan ibadah haji 2020 untuk kepentingan stabilisasi nilai tukar rupiah. Sebab, pemerintah Indonesia resmi tidak mengirimkan jemaah haji pada 2020.

Kepala BPKH, Anggito Abimanyu mengatakan, saat ini BPKH memiliki simpanan dalam bentuk dolar Amerika Serikat sebanyak US$600 juta atau setara Rp8,7 triliun kurs Rp14.500 per dolar AS. Dengan begitu, dana itu akan dimanfaatkan untuk membantu Bank Indonesia dalam penguatan kurs rupiah.

Meski begitu, dia melanjutkan, BPKH bersama dengan Bank Indonesia masih mengkaji lebih lanjut mengenai mekanisme pemanfaatan dana tersebut. Itu ditujukan supaya pemanfaatan dana bisa tetap sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan dalan peraturan yang ada.

"InsyaAllah (akan digunakan karena pengiriman haji batal tahun ini). (Mekanismenya) sedang dalam pengkajian," kata dia saat dikonfirmasi VIVAnews, Selasa, 2 Juni 2020.

Anggito sebelumnya juga menyampaikan, total dana haji yang dikelola BPKH saat ini telah mencapai Rp135 triliun. Sebagian besar dana itu digunakan untuk mendukung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) karena sebagian besar dana itu diinvestasikan dalam Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

"Termasuk diantaranya untuk mendukung APBN kita yang membutuhkan dana guna mendukung penanganan covid-19," ungkap dia pada akhir bulan lalu.

Sebagai informasi, Kementerian Agama Republik Indonesia menyatakan tidak mengirimkan jemaah haji pada 1441 Hijriah atau 2020 Masehi. Hal ini ditegaskan Menteri Agama Fachrul Razi dalam siaran pers via Zoom hari ini, Selasa 2 Juni 2020.

Fachrul Razi menyatakan, keputusan tersebut diambil berdasarkan beberapa hal, diantaranya, Pemerintah Arab Saudi hingga kini belum juga membuka akses penyelenggaraan ibadah haji kepada negara manapun, termasuk Indonesia.

"Akibatnya, pemerintah tidak cukup waktu dalam mempersiapkan pelayanan dan perlindungan jemaah. Berdasarkan hal itu, pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji pada tahun 1441 Hijriyah atau 2020 Masehi," ungkap dia.


https://www.google.com/url?sa=t&sour...Pa_us_&cf=1


Penjelasannya realistis dan untuk kepentingan lebih luas, sampai pemberangkatan ke makah bisa dilakukan. Mekanismenya disesuaikn dgn hukum yang berlaku. No problem. Dlm hukum Islam, kemaslahatan orang banyak hrs lebih utama dri ibadah pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 19 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 09:08
Lah emang duit haji yg udah masuk kaga diputerin dr dulu? Bedanya ini diperuntukannya dibeberkan.

btw, haji itu ad sistem kuota makanya pada nunggu puluhan tahun.

Mumpung reservasi, inflasi makin tinggi. Ya diinvestasikan lah.

20 tahun lalu, dollar berapaan coba? simpen dalam dollar? masih kena inflasi kan? Banyak generasi skrg (bule) ngeluh krn selalu dibandingkan generasi sebelumnya krn nilai dolar sudah tergerus.

Solusi biar duit ente aman ga dimanfaatkan ya, tambah kuota haji.
profile-picture
profile-picture
slider88 dan galuhsuda memberi reputasi
1 1
0
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 09:16
Dana haji numpuk sampe 135K. Itu kemtrian agama bener2 mandi duit yah.

Pantes mentri agama sering amat ketangkep KPK 😁
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan jeffm12 memberi reputasi
2 0
2
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 09:26
heran gw sama domba dan cebong kaskus bully islam terus .... menggiring opini uang pajak kafir di pake muslim buat guru ngaji,marbot,dll waktu debat kemaren ..pas gue balikin guru katolik,protestan,hindu dan budha dapet intensif milyaran juga dari kemenang malah ngeles beda guru sama marbot emoticon-Leh Uga ....bong cebong sama aja bong berarti duit pajek itu ga di nikmati satu agama saja bong....jadi stop lah mem fitnah nya bong....gini amet ya kelakuan dan akhlak yg kata nya agama kasih emoticon-Malu
0 0
0
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 09:46
Di kaskus mah cebong belagak pintar ....coba debat di ilc nunjuk muka ganteng mu yg kaya sekuteng itu bilang haji di subsidi pajak kafir ....di bully kayak abu jannda ente semua karena kelihatan bego nya

Di kaskus cebong mah bebas untuk g tau malu...kalo salah kan ga malu ....wong anonim emoticon-Leh Uga

Maka nya gue mau banget nih cebong berani ngomong di tv haji dari pajak kafir,pajak kafir hanya di pake guru ngaji dan marbot dst....padahal guru sekolah minggu juga dapet intensif milyaran dari kemenang emoticon-Ngakak

Bong cebong mending mati aja lu daripada hidup merasa teraniyaya terus emoticon-Leh Uga

kalo mau hidup tenang tampa mayoritas muslim sana pindah ke timor leste...di sana kan penuh domba kasih satu server..pasti tenang hidup kalian emoticon-Malu
0 0
0
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 09:54
@mblong88Apaa? 10 persen dari 1 m 10 jut? emoticon-Leh Uga

Memang gitu cebong kaskus bre....tolol belagak pinter....apa masih punya muka dia reply2 ente terus y?cebong kaskus walo cuma dagang kwiteau aja debat sama profesor di kaskus profesor nya bakal di goblok2 kin kok bre..di kaskus hampir semua mendadak jenius bre padahal g ada isi emoticon-Malu
profile-picture
mblong88 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 09:57
@dimashardi ga apa2 sekali kali bre...kali2 domba cebong islamphobia di gebuk biar otak nya yg menyon lurus dikit emoticon-Ngakak

profile-picture
mblong88 memberi reputasi
1 0
1
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 09:59
@mblong88 cuma kurang enol kata nya bre ...ngeles kaya bajay....shame on you emoticon-Leh Uga
Diubah oleh tuandorna
0 0
0
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 10:00
Buzzer nya kaing kaing teriak kadrun kesegala penjuru, eh duit kadrun nya di pake juga emoticon-Wakaka. Gak malu lu emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan katronguik memberi reputasi
2 0
2
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 10:38
Kaskuser anti kadrun mana suaranyaaaaa ??, kayanya bakal seru nih baca koment2nya
0 0
0
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 10:44
bagus lah...lagian buat apa banyak haji...kagak guna....yg ke sorga duluan itu orang arap onta ori....mereka duluan yang nyicip 72 meqiy bidadari....ente ente onta kw ...jangan ngarep bisa masuk ke sono....ngabisin duit ajee
profile-picture
clyope memberi reputasi
0 1
-1
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 11:39
Ditiadakan atw ditunda? Yg haji thn 2020 mundur jd 2021, yg haji thn 2021 jd 2022

Kalo uang sdh disetor tp ditiadakan = dzalim
0 0
0
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 12:22
Apa dana agama agama lain juga digunakan negara untuk penguatan rupiah & penaganan COVID-19?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 12:55
Pake buat beli rapid tes saja, nanti semua diwajibkan buat rapid tes. Jadinya balik lebih banyak duitnya. Usaha dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat duitnya wakakka. Hasilnya buat pemerintah
0 0
0
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 14:15
nyang penting dana nya masyarakat berhaji ga diKORUFSI yah, digunakan sebaik2nya emoticon-Recommended Seller
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 15:15
Ajegileee...kasian juga yak yg punya dana ga dipintain ijin dulu,,,belum lagi keuntungan hasil deposito ngga pernah dijabarin...wew...ngeri
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 18:48
Quote:Original Posted By slider88
@dmcarthur lucu sangat segitu bangganya bisa ngasih upeti ke saudi dan pakai riba. Daftar haji reguler daftar tunggu tuh 18 tahun haji khusus jauh lebih cepat dongok

Hukum deposito itu bukan riba. Udah gue bilang dari awal, lu bukan islam ga usah urusin riba karena lu ga paham
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 19:02
Quote:Original Posted By slider88
Hei dongok dimana mana juga sepakat bunga bank konvensional itu riba. Dia pakai bunga tertinggi yaitu bank bca mana ada bank syariah ngasih bunga segitu.

Udah berkali2 dibilang lu ga paham karena lu bukan Islam. Deposito itu bagi hasil yg ditetapkan sekian persen diawal perjanjian, hukum nya tidak haram. Namanya doang yg bunga deposito tapi akad nya udah beda sama nabung biasa.
https://islam.nu.or.id/post/read/850...-deposito-bank

Udahlah males gue ladenin debat agama sama orang yg bukan islam
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
03-06-2020 22:07
Tidak setuju, dana haji pemanfaatan jg utk kepentingan haji. Tdk bs dipake taon ini, ya bukan brarti dana haji dioper utk pemanfaatan yg laen. Semua sdh ada pos anggaran, tdk bs dicampur aduk. Tolong dikaji lagi jika benar berita ini.
0 0
0
Haji 2020 Ditiadakan, Dana US$600 Juta Akan Dipakai Perkuat Rupiah
04-06-2020 08:26
Jiah Itu Dana umat, harusnya minta ijin sama umat dulu, terus ngapain pake dana umat bukannya ada uang yg 11 ribu triliun datanya kan sdh dikantong 🤭
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia