iskrimAvatar border
TS
iskrim
PSBB Berlalu? Orangtua Wajib Lakukan Ini Jika Anak Mulai Sekolah

Kabar yang sebetulnya menjadi suatu kebahagiaan bagi masyarakat karena masa PSBB akan segera berakhir menjadi hal yang seperti biasa-biasa saja, bahkan masyarakat menyikapi tidak ada bedanya selama urusan hajat, perut belum juga terpenuhi.

[ HT# 597 HT# 598 ]



Berakhirnya situasi PSSB yang mungkin berubah dalam format New normal atau Herd immunity; artinya kedewasaan dan kecerdasan masyarakat harus di buktikan sendiri agar pandemi Corona cepat berlalu.


Otomatis aktifitas masyarakat sehari-hari akan kembali berjalan normal, pun tetap ada ketentuan yang harus dipatuhi masyarakat. Termasuk jika anak-anak kembali berangkat ke sekolah harus benar-benar di perhatikan oleh orangtua mereka.

Mengedukasi dan sosialisasi ke anak-anak tentang bahaya vitus Corona dan pencegahannya memang tidak semudah orang yang lebih dewasa, padahal mereka yang katanya telah dewasa-tua pun sulit diberi pengertian akan hal ini.

Faktor pendidikan memang harus di prioritaskan bagi anak sekolah, namun pentingnya menjaga agar anak tetap sehat menjadi tanggung jawab bersama, orang tua, guru, dan lingkungan.

Jadi jika anak-anak sudah siap berangkat sekolah, berikut hal-hal yang sebaiknya perlu disiapkan, diperhatikan oleh para orang tua selama pandemi belum berakhir.


PERTAMA

Profesor Russell Viner, dari UCL Great Ormond Street Institute of Child Health, mengatakan "Penelitian kami menunjukkan jika anak-anak dan remaja tampak 56 % lebih kecil resiko tertular Covid-19 dari orang lain yang terinfeksi. Meski terkadang imunitas seseorang tidak selalu stabil, resiko tertular tetap ada. Dengan mendisiplinkan mereka untuk selalu menjaga kebersihan, menjaga jarak, dan menjaga kesehatan anak, akan membuat orangtua tenang ketika mereka berada di sekolah.

Sebaiknya membawa bekal dari rumah, menghindari jajanan tidak sehat, membawa tissue, mengurangi sentuhan sesama teman dan benda di sekitar dan sering mencuci tangan adalah himbauan yang wajib bagi orang tua kepada anak selama pandemi ini belum berakhir.


KEDUA


antara

Ada pesan dari pemerintah Inggris yang mengingatkan kepada warganya, terutama bagi anak-anak pra sekolah dan yang mengalami masalah dengan pernafasan tidak di wajibkan mengenakan masker. Selain anak-anak merasa tidak nyaman ini juga akan mengganggu kosentrasi belajar di kelas.

Solusi dari saya sebaiknya untuk anak TK di awasi oleh orangtua masing-masing, sedang untuk anak sekolah tingkat SD dan seterusnya cukup di ingatkan untuk mengenakan masker. Pilihlah masker dari bahan yang benar-benar nyaman agar anak menyukai dan betah memakainya.


KETIGA


beritasatu

Virus Corona membuat kehidupan normal dan aktifitas anak dan keluarga berubah banyak. Ada yang merasa nyaman tinggal di rumah tapi lebih banyak yang tidak ingin kehidupannya di batasi. Terutama bagi dunianya anak-anak, sebelum ke sekolah berilah pengertian dan masukan mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan menjaga jarak sesuai dengan usia mereka. Guru pun demikian, sebelum memulai dan mengakhiri pelajaran harus selalu mengingatkan kepada anak muridnya untuk selalu menjaga kebersihan, kesehatan dan menjaga jarak.


KEEMPAT

Dalam hal ini sebelum anak-anak kembali belajar ke sekolah orang tua harus benar-benar yakin lingkunhan sekolah benar-benar sehat dan aman dari virus Corona. Tentu saja pihak sekolahpun harus kooperatif dan mendukung penuh memutus rantai vorus Corona dengan menyediakan fasilitas dan himbauan langsung lewat pengeras suara di jam tertentu, poster-poster agar anak didik selalu ingat, waspada dan selalu menjaga pergaulannya selama di sekolah.


KELIMA


cnbcindonesia

Orang tua murid sebaiknya mengusulkan kepada pengelola sekolah untuk mengurangi jam pelajaran, membatasi ruang gerak siswa terutama di lingkungan yang tidak terjangkau oleh guru di sekolah, meminta pihak sekolah untuk mendata keluarga yang di curigai memiliki riwayat virus Corona, dan membatasi bergerombolnya anak-anak.


KEENAM

Ingatkan kepada anak jika sudah jam pulang sekolah agar langsung pulang, tidak bergerombol, jika ada tugas kelompok pastikan lokasinya aman dan terpantau oleh guru dan orang tua, dan sebaiknya pihak keluarga atau orangtua sendiri yang menjemput anaknya.




Nah, itulah ke enam hal yamg menurut saya penting dan harus di persiapkan orang tua agar anak-anaknya tetap sehat dan nyaman selama sekolah. Semoga Corona lekas berlalu, aamiin



Sebuah opini
Img.header. bbc



Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Diubah oleh iskrim 04-06-2020 09:31
nona212
bangbud30
tien212700
tien212700 dan 32 lainnya memberi reputasi
31
4.5K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.