News
Batal
KATEGORI
link has been copied
275
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed71c21349d0f78a90ac498/luhut-tantang-pengkritik-utang-negara-tatap-muka
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menantang pengkritik utang negara untuk bertatap muka dengannya. Luhut mengaku ingin berbincang terkait penambahan utang negara selama pandemi virus corona  atau Covid-19.
Lapor Hansip
03-06-2020 10:42

Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka

Past Hot Thread
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menantang pengkritik utang negara untuk bertatap muka dengannya.

Luhut mengaku ingin berbincang terkait penambahan utang negara selama pandemi virus corona  atau Covid-19.

"Jadi kalau ada yang mengkritik kami, sini saya juga pengen ketemu. Jadi jangan di media sosial saja. Nanti ketemu kami, ngomong," ujarnya melalui diskusi virtual, Jakarta, Selasa (2/6/2020).

"Enggak usah ngomong di TV lah, ketemu saya sini. Nanti dia kasih angkanya, saya tentara walaupun bukan lulusan ekonomi, saya bisalah jawab itu. Tapi jangan rakyat dibohongin," sambungnya.

Mantan Komandan Khusus Satgas Tempur Kopassus itu menjelaskan, utang pemerintah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) masih rendah ketimbang negara-negara lainnya seperti Singapura, Amerika Serikat dan Jepang, apalagi disaat pandemi ini banyak negara berutang untuk stimulus ekonomi demi perbaikan ekonomi negaranya.

"Singapura itu lebih dari 100 persen dari debt to GDP-nya. Begitu juga dengan Amerika, malah kita enggak tahu lagi berapa besar," kata dia.

Luhut mengatakan utang pemerintah Indonesia terhadap PDB akan mencapai 32 persen hingga akhir 2020.

Baca juga: Tak Bisa Layani Penerbangan Haji, Berapa Kerugian yang Diderita Garuda?

Luhut bilang, utang pemerintah merupakan utang produktif yang akan memperbaiki negara Indonesia yang dulu tertinggal dari negara lain. Ia meminta kepada para ekonom yang mengkritik utang negara untuk memberikan informasi tepat kepada masyarakat.

"Saya ini tentara, jadi belajar juga dari anak-anak muda yang ngerti. Jadi kita jangan enggak ngerti juga, bodoh-bodohin rakyat kita ngutang enggak benar. Utang kita itu produktif," ucapnya.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat total utang pemerintah hingga April 2020 mencapai Rp 5.172,48 triliun.

Baca juga: Haji Dibatalkan, Pengusaha Travel Berharap Calon Jemaah Tak Lakukan Refund

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, total utang tersebut meningkat Rp 644,03 triliun atau 14,22 persen.

Total utang tersebut setara dengan 31,78 persen terhadap PDB. Angka tersebut masih dalam batas aman dalam Undang-undang (UU) Keuangan Negara Nomor 17 tahun 2003 yang menetapkan batas maksimal rasio utang pemerintah sebesar 60 persen dari PDB.

https://money.kompas.com/read/2020/0...page=all#page2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 30 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 9
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:51
paling tidak ngutang masih lebih baik daripada ide cetak uang sebanyak-banyaknya
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:52
siapa pun presiden nya jg bakal kaya gini.
indonesia kebanyakan orang gan
Dan suka gratisan 😂😂😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tangguhdyoichi dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:53
Si @buron.warteg malah doyan ngutang di warteg, mana mampu tuku pasta emoticon-Ngakak

Lihat pizza pun hanya di youtube lewat layar hape Mito ram 256 emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:56
Kabooor berjamaah
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:58
Quote:Original Posted By diperkosa.tuyul
Si @buron.warteg malah doyan ngutang di warteg, mana mampu tuku pasta emoticon-Ngakak

Lihat pizza pun hanya di youtube lewat layar hape Mito ram 256 emoticon-Ngakak (S)


Anjal culun mana nyambung diajak diskusi emoticon-Ngakak (S)

Mau kasbon di pizzahut dipikir warteg Kali emoticon-Ngakak

Cuma bisa nangis di trotoar berharap punya quota nonton yutub emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 13:59
utang negara byarlah di pikir negara, jangan nyinyir adja..
karena nyiyir tdk ada efek bwt bantuin bayar utang negara..

jadilah wirausahawan yang bisa bayar pajak ke negara..
baru bisa komeng..😅
profile-picture
profile-picture
andriyez dan guru.sipocong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:00
kalau didunia usaha hutang sih perlu selama bisa produktif dan rasio nya terjaga

kalau urus negara mngkn kurang lbh sama,produktif dalam artian bisa menggenjot pertumbuhan ekonomi..yaitu infrastruktur

yg masalah adalah negara berhutang krn presidennya ingin pencitraan ,misalnya hutang dipakr utk nambal bpjs,utk kebijakan2 populis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tantintuuun dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:04
mana ada yg berani, dalil anti-hutang negara aja udah ga kuat, belom lg berhadapan sama mentri sangar yg bekas tentara perang, kadrun oposan kan cuma beraninya main status medsos yg pakai tanda tanya...
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:07
bisa aja lord
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:08
Kalean mau dibuldozer semua sama lord?


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
partonesia dan guru.sipocong memberi reputasi
2 0
2
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:10
jaga jarak pake masker ya opung emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
partonesia dan guru.sipocong memberi reputasi
2 0
2
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:11
Iye iyee
Semua juga tau ente tentara
Mesti diulang2 berapa kali sih?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:13
Iya sih singapur rasio 100% di atas pdb, tapi pemegang kuponnya sebagian besar warga negara singapura atau luar? Lha Indonesia?
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:18
Yang teriak-teriak hutang ini pasti jongos semua. Gak paham fungsinya hutang produktif emoticon-Wakaka
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:18
bandingin kok sama Singapura, Jepang, Amerika. kita mah ampas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tantintuuun dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:19
Quote:
Total utang tersebut setara dengan 31,78 persen terhadap PDB. Angka tersebut masih dalam batas aman dalam Undang-undang (UU) Keuangan Negara Nomor 17 tahun 2003 yang menetapkan batas maksimal rasio utang pemerintah sebesar 60 persen dari PDB.


Ubah UU biar tak bisa ngutang lagiemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:20
tampol pung tampol
emoticon-Leh Uga
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:20
Hayo jumpai buldozer sanaemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:21
suruh tatap muka mw di apain
mw tangkepin lagi kya yg maren²
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka
03-06-2020 14:21
ayo yg kmrn banyak komentar, perlu diadu ma Jerinx SID nih...
profile-picture
guru.sipocong memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia